Diunduh 125 Juta Kali, Ini Data-Data Mencengangkan Soal Gojek

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Mar 2019, 07:30 WIB
Logo Go-Jek di Kantor Go-Jek di Kawasan Kemang

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 125 juta kali oleh pengguna per Desember 2018.

Padahal, 18 bulan sejak aplikasi diluncurkan pada 2015, aplikasi Gojek diunduh sebanyak 70 juta kali.

Informasi ini didasarkan pada data dari Gojek yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (5/3/2019).

Selain jumlah unduhan aplikasi yang mencapai ratusan juta kali ini, aplikasi Gojek kini telah memproses lebih dari 100 juta transaksi per bulannya.

Data Gojek juga menyebut, platform ini memproses lebih dari USD 9 miliar gross transaction value pada tahun 2018 di semua negara, tempat beroperasinya.

Lebih lanjut, kini Gojek telah beroperasi di 200 kota dan kabupaten di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, Gojek juga melakukan ekspansi layanan ojek ataupun taksi online di Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Startup yang menyandang status unicorn di Indonesia ini memiliki 19 ragam layanan mulai dari transaksi, pesan-antar makanan, belanja keperluan harian, pijat, membersihkan rumah, hingga logistik, dan e-money, serta program loyalitas pelanggan.

Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI tahun 2017, Gojek memberikan kontribusi sekitar Rp 9,9 triliun setiap tahun ke perekonomian Indonesia.

Dalam hal ini Rp 8,2 triliun berasal dari penghasilan mitra pengemudi dan Rp 1,7 triliun berasal dari penghasilan mitra UMKM.

 

2 of 2

Gopay Sumbang 30 Persen Transaksi Elektronik di Indonesia

Logo Go-Jek di Markas Go-Jek di Kemang, Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Logo Go-Jek di Markas Go-Jek di Kemang, Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Gojek juga memaparkan bahwa 30 persen transaksi Gopay memberikan kontribusi terhadap total transaksi uang elektronik se-Indonesia.

Tidak hanya itu, Gojek menyebut, sejak Januari 2018, total jarak yang ditempuh mitra pesan-antar GoFood telah menembus lebih dari 610 juta kilometer. Angka ini setara dengan 15 ribu kali keliling Bumi.

Lewat layanan GoFood pula, Gojek telah mengantarkan lebih dari 4,5 juta gelas kopi, 120 juta ayam goreng, dan 7,5 juta bungkus martabak di Indonesia sejak 2017.

Lain lagi dengan layanan logistik Go Send dan Go Box telah mengirimkan lebih dari 100 juta paket.

Sementara, armada Gojek telah mengantarkan lebih dari 8 juta kilometer dan mengantar lebih dari 2 juta orang per harinya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓