Berkat AI, Pengguna Microsoft Excel Kini Bisa Masukkan Tabel dari Gambar

Oleh Jeko I. R. pada 06 Mar 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Mar 2019, 20:13 WIB
[Bintang] Microsoft Excel

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar baik bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Excel untuk pekerjaan sehari-hari. Kini, pengguna Microsoft Excel bakal bisa memasukkan data dari gambar.

Dilansir Ubergizmo pada Rabu (6/3/2019), kemampuan terbaru aplikasi spreadsheet ini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) dari Microsoft.

Dengan demikian, fitur terbaru ini memungkinkan pengguna melakukan scan kertas berisikan tabel dan memasukkannya ke Excel dalam bentuk data.

Caranya sangat mudah. Pengguna hanya perlu memanfaatkan aplikasi Excel di smartphone.

Setelahnya, beranjak ke opsi "Insert data from picture". Di sini, pengguna harus mengambil foto kertas manual berisikan tabel. Mereka harus bisa mengukur tabel dengan porsi yang sesuai, setelah itu menge-crop-nya untuk bisa memasukkan data ke Excel.

AI Excel pun akan memproses foto tersebut dan mengkonversinya secara manual. Setelah proses konversi rampung, Excel akan menampilkan data yang sudah tertabulasi secara rapi di spreadsheet.

2 dari 3 halaman

Remaja 17 Tahun Ini Juara Dunia Microsoft Excel

Juara pertama Microsoft Officer Specialist World Championship kategori Excel, John Dumoulin
Juara pertama Microsoft Officer Specialist World Championship kategori Excel, John Dumoulin (Foto: Ist)

Bagi sebagian orang, spreadsheet (tabel data) seperti Microsoft Excel, tidak begitu menarik.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi John Dumoulin, yang berhasil menyabet juara pertama untuk kategori Excel 2016 dalam kompetisi Microsoft Office Specialist World Championship.

Microsoft Office Specialist World Championship adalah kompetisi tahunan dengan peserta terdiri dari anak-anak yang pandai menggunakan Microsoft Office di seluruh dunia.

Untuk tahun ini, Dumoulin berhasil membawa pulang piala juara pertama untuk kategori Excel setelah mengalahkan 150 peserta dari 49 negara dalam babak final.

Kemenangannya sekaligus membuat remaja 17 tahun ini sebagai peserta pertama dari Amerika Serikat (AS) yang meraih juara pertama untuk kategori Excel. Ia mengaku, sejak awal tidak menyangka akan memenangkan kompetisi tersebut.

3 dari 3 halaman

Tak Menyangka

Cara Menghitung Persen di Excel
Cara Menghitung Persen di Excel (sumber : support.office.com)

"Saya awalnya benar-benar tidak menyangka akan menang karena saya tahu kompetisinya cukup sengit. Kompetisi ini diikuti oleh yang terbaik di dunia dari setiap negara," ujar pria asal Woodbridge, Virginia itu seperti dikutip dari CNN, Selasa (15/8/2017).

Para peserta selama kompetisi diberikan waktu selama 50 menit untuk menunjukkan kemampuan mereka dengan Microsoft Word, Excel atau PowerPoint.

Ada enam kategori dan para peserta bisa memilih versi program yang diinginkan, 2013 atau 2016. Untuk kategori Microsoft Excel, Dumoulin mengatakan mereka diberikan spreadsheet lengkap untuk dibuat kembali.

Dumoulin sendiri sudah cukup lama menggunakan Excel. Ia mulai membuat spreadsheet saat SMP untuk melacak statistik dari tim baseball favoritnya, Los Angeles Dodger. Lalu saat SMA, ia mengikuti ujian untuk mendapatkan sejumlah sertifikat aplikasi Microsoft termasuk Excel, dari program Teknologi Informasi (TI) sekolahnya.

Saat itu ia tidak tahu tentang kompetisi Microsoft dan tak menyangka ujian sertifikasi akan membawanya sebagai salah satu peserta. Kompetisi tersebut diadakan oleh Certiport yaitu sebuah perusahaan yang bekerja untuk mensertifikasi para karyawan dan pelajar dalam berbagai program seperti Microsoft Office. Siapa pun yang mengikuti ujian sertifikasi dianggap memenuhi syarat untuk mengikuti kompetisi.

Kerja keras Dumoulin berbuah manis. Total hadiah yang diterimanya sebesar US$ 10 ribu atau sekitar Rp 133 juta dan mendapatkan sebuah Xbox.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Beirkut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓