Sukses

Microsoft Siapkan OS Windows Khusus untuk Perangkat Layar Lipat

Menurut laporan, Microsoft tengah mengembangkan Windows Lite, sistem operasi khusus yang ditujukan untuk perangkat layar lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Microsoft untuk mendukung kehadiran perangkat layar lipat sudah diketahui sejak awal tahun ini.

Terbaru, perusahaan dilaporkan sudah menyiapkan sistem operasi anyar sebagai bagian dari rencana tersebut.

Laporan dari sumber anonim menyebut Microsoft tengah menyiapkan sistem operasi bernama Windows Lite. Dikutip dari The Verge, Selasa (5/3/2019), sistem operasi ini merupakan versi ringan dari Windows yang ditujukan untuk perangkat layar ganda.

Keputusan Microsoft menyiapkan Windows Lite memang bukannya tanpa alasan. Perusahaan yang berbasis di Redmond itu dilaporkan memang tengah menyesuaikan diri dengan tren perangkat layar lipat yang diprediksi kian masif di masa depan.

Salah satu perusahaan di bidang PC yang tengah mendorong hal tersebut adalah Intel. Perusahaan chip kenamaan itu dilaporkan sudah mendorong sejumlah vendor untuk menciptakan kategori perangkat baru yang memiliki dua layar.

Kembali ke Windows Lite, sejumlah laporan menyebut bahwa sistem operasi ini akan memiliki tampilan serupa Windows yang ada saat ini. Namun, ada sejumlah perubahan yang dilakukan perusahaan, seperti navigasi mirip Surface Hub dan desain Continuum.

Sayang, Microsoft hingga saat ini belum memberikan pengumuman resmi, sehingga tidak tertutup masih ada perubahan yang dilakukan. Terlebih, ada laporan yang menyebut Windows Lite dapat saja hadir sebagai opsi di perangkat layar ganda nantinya.

Perlu diketahui, kehadiran Windows Lite sendiri memang sudah terdengar sejak beberapa bulan belakangan. Bahkan, sejumlah laporan menyebut sistem operasi ini tidak semata-mata ditujukan untuk mengantisipasi tren perangkat layar lipat, melainkan menjadi salah satu strategi Microsoft membendung adopsi Chromebook yang makin besar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Operasi Windows Siap Dukung Perangkat Layar Lipat

Sebelumnya, Microsoft memang telah melihat perangkat layar lipat dan ganda sebagai investasi besar untuk Windows dan Surface. Oleh sebab itu, Microsoft mulai mengadaptasi sistem operasi khusus untuk perangkat layar lipat.

Menurut sumber yang mengetahui rencana itu, Microsoft kini sedang mengembangkan Windows termasuk aplikasi bawaannya agar dapat berjalan untuk perangkat layar lipat atau layar ganda.

Rencana Microsoft ini juga diketahui dari build Windows 10 yang dilabeli dukungan untuk perangkat layar lipat. Dengan informasi tersebut, besar kemungkinan Microsoft memiliki tim khusus untuk pengembangan Windows yang mendukung perangkat berlayar lipat.

Nantinya, Windows ini disebut-sebut tidak akan terbatas pada perangkat yang dipersenjatai chip Intel, tapi perangkat berbasis ARM.

Microsoft sendiri memang dilaporkan telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan lain untuk menyambut tren perangkat lipat ini.

Sekadar informasi, Microsoft disebut akan menghadapi kompetisi yang cukup ketat di pasar perangkat lipat. Alasannya, Google sudah lebih dulu memastikan dukungan Android untuk perangkat lipat.

Selain itu, Android memiliki keuntungan karena kebanyakan platform perangkat lipat yang ditawarkan berasal dari bentuk ponsel ke tablet. Oleh sebab itu, tahun ini akan menjadi permulaan untuk perangkat layar lipat dengan beragam model.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.