Sukses

Bukan iPhone, Ini 5 Produk Apple yang Paling Mahal

Selain iPhone, Apple juga punya beberapa produk yang memang dari dulu dibanderol mahal, mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga perangkat wearable seperti jam pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Produk-produk Apple dikenal memiliki harga yang mahal, makanya tak semua orang bisa membeli perangkat dengan logo apel yang digigit ini.

Contohnya saja smartphone besutan Apple, iPhone XS Max yang dijual paling murah Rp 22,499 juta di Indonesia atau iPhone XS yang paling murah dibanderol Rp 20,499 juta.

Selain iPhone, Apple juga punya beberapa produk yang memang dari dulu dibanderol mahal, mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga perangkat wearable seperti jam pintar.

Lantas, produk Apple apa saja yang harganya paling mahal? Berikut adalah lima di antaranya, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Senin (4/3/2019).

1. Komputer Macintosh IIx

Macintosh IIx, sebuah komputer milik Apple yang dibanderol dengan sangat mahal di tahun 1988 (Foto: Cult of Mac)

Macintosh IIx diperkenalkan pada 1988 sebagai update dari komputer Macintosh II. Dibandingkan pendahulunya yang layarnya masih hitam putih, komputer ini telah menampilkan warna.

Saat diperkenalkan, Apple memuji produk ini sebagai komputer yang akan memperkuat posisi perusahaan di bisnis utama dan pasar pendidikan tinggi.

Macintosh yang dibekali hard drive berkapasitas 8MB ini dibanderol USD 9.369 atau setara Rp 132,8 juta kurs dolar saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apple Lisa

Apple Lisa pernah masuk dalam film biografi Steve Jobs karya Aaron Sorkin pada 2015. Dalam film tersebut, Jobs yang diperankan oleh Michael Fassbender menghabiskan sebagian besar film dengan menyebut, komputer itu tak dinamai seperti nama putrinya. Kemudian, Jobs pun mengakui bahwa dia memang menamai Apple Lisa dari nama putrinya.

Sayangnya tidak terlalu banyak disebutkan bahwa Apple Lisa dibanderol USD 9.995 saaat dirilis tahun 1985. Jika nilai tersebut dikonversikan ke Rupiah saat ini, hasilnya setara Rp 141,7 juta.

Malahan disebutkan, siapa saja yang masih memiliki Apple Lisa, dengan berbagai inflasi, mungkin harganya sekarang bisa mencapai USD 24.000 atau setara Rp 340,2 juta.

Di tahun 1985, Apple Lisa merupakan pionir di dunia teknologi, Lisa merupakan komputer pertama yang dengan mouse yang memiliki sistem antarmuka pengguna grafis.

3 dari 5 halaman

Macintosh IIfx

Macintosh IIfx dirilis pada tahun 1990, dan tahun itu sudah tahun ke-14 Apple sebagai pembesut komputer. Perusahaan telah menjual 15 model komputer sebelumnya.

Apple memasarkan komputernya sebagai sistem ultra-cepat yang dapat membuat dampak di tempat terja. Namun, IIfx tertinggal di belakang PC lain saat itu.

Karena tujuannya menjadi komputer yang andal di tempat kerja, Apple menjual Macintosh IIfx dengan harga USD 9780, bahkan menaikkannya ke USD 12.000 (setara Rp 170,1 juta kurs saat ini).

4 dari 5 halaman

iMac Pro

Komputer Apple yang dibanderol paling mahal ditujukan untuk pengguna yang butuh kekuatan komputasi dalam jumlah besar. Misalnya saja editor audio atau video ataupun pengembang perangkat lunak.

Nah, iMac Pro dengan konfigurasi default-nya sangat mengesankan dibanderol USD 4.999. Namun demikian, untuk memaksimalkan fiturnya, kemampuan dan spesifikasi perangkat ini ditingkatkan.

Versi paling mahal dari iMac Pro tahun 2017 dijual USD 13.199 atau setara Rp 187,1 juta kurs saat ini.

5 dari 5 halaman

Apple Watch Edition 2015

Apple Watch dijual pada 2015 dengan harga yang masih bisa terjangkau yakni USD 349 untuk model yang paling biasa.

Namun, para kolektor jam tangan biasanya membayar sangat mahal untuk sebuah jam. Makanya, Apple merilis versi khusus dari Apple Watch dengan nama Edition.

Banderol harga yang disematkan pada Apple Watch Edition pun tidak main-main, misalnya mulai dari USD 10.000 (setara Rp 141,7 juta) untuk arloji dengan casing emas.

Bahkan, ada juga Apple Watch Edition yang dijual USD 17.000 (setara Rp 241 jutaan) untuk jam yang hadir dengan casing emas atau rose gold 18 karat.

Namun demikian, Apple menghentikan penjualan Apple Watch Edition pada musim gugur tahun lalu.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.