Siap-Siap, Windows 10 Bakal Dukung Gim dari Xbox One

Oleh Agustinus Mario Damar pada 02 Mar 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2019, 16:00 WIB
Windows 10
Perbesar
Pembaruan Creators Update dari Windows 10 kini sudah dapat diunduh secara langsung

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dikabarkan berencana membawa perubahan untuk platform gaming yang ada di Windows 10.

Alasannya, berdasarkan laporan Thurrot, Microsoft ingin menghadirkan dukungan gim Xbox One ke sistem operasi tersebut.

Dikutip dari Digital Trends, Sabtu (2/3/2019), rencana ini memang belum diumumkan secara resmi, tapi diketahui dari kode yang ada di Windows Insider build 18334, versi beta dari pembaruan Windows 10 April 2019.

Menurut laporan tersebut, Microsoft sudah menyertakan gim State of Decay gratis di pembaruan ini. Jadi, pengguna Windows yang terdaftar untuk mengakses versi beta dapat mencoba dan menjajal fitur anyar ini.

Thurrot juga menemukan file gim ini nantinya tidak diunduh dari Microsoft Store. Nantinya, files yang diunduh akan diekstrak menjadi XCV, format yang biasanya digunakan di Xbox One.

Tidak hanya itu, saat file dibuka, laman DirectX akan muncul yang menandakan adanya software atau gim baru dipasang. Dengan kata lain, versi State of Decay yang dibuka bukan lagi port dari PC, melainkan versi Xbox One.

Sekadar informasi, Microsoft sendiri sudah menghadirkan sejumlah gim Xbox One di PC melalui program Xbox Play Anywhere.

Namun, cara ini harus diakui membawa perusahaan besar bagi pengembang secara keseluruhan.

Alasannya, para pengembang tidak perlu menulis kode untuk sebuah gim dua kali. Dengan cara ini, Microsoft disebut-sebut ingin memberikan pengalaman bermain yang lebih mulus di PC sama seperti di Xbox One.

2 dari 2 halaman

Windows 10 Hadir dengan Game Mode

Windows 10
Perbesar
Windows 10, (gettyimages)

Sekadar informasi, dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft memang mulai membuat Windows 10 makin siap untuk kebutuhan gamer.

Salah satunya ditunjukkan dengan menghadirkan Game Mode dalam pembaruan Windows 10 setahun lalu. Sesuai namanya, fitur Game Mode ini ditujukan untuk mendukung gamer yang memainkan gim dari PC.

Dikutip dari Forbes, Microsoft mengklaim kehadiran fitur ini dapat mendorong frame rates dari tampilan gim. Sebagai informasi, PC biasanya menggunakan Graphic Processing Unit (GPU) untuk menampilkan gim.

Tampilan itu dimunculkan sebagai frame tunggal, sehingga memerlukan GPU mumpuni untuk mampuĀ memperlihatkan kualitas grafis terbaik dari sebuah gim.

Melalui Games Mode, Microsoft menargetkan fitur itu dapat menampilkan frame rates maksimal dan rata-rata untuk memberikan pengalaman lebih baik.

Fitur tersebut akan memprioritaskan sumber dari GPU dan CPU untuk gim yang sedang dijalankan.

Secara grafis, tampilan dari gim yang dimainkan bersamaan dengan Game Mode memang tak memperlihatkan perbedaan drastis.

Namun untuk pengguna yang kerap menjalankan beberapa aplikasi di background, fitur ini dapat membantu gim berjalan tak lemot.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓