Cara Membatalkan Pesanan di Lazada, Mudah Banget Cukup 5 Menit

Oleh Nisa Mutia Sari pada 01 Mar 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2019, 17:17 WIB
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Liputan6.com, Jakarta Lazada merupakan aplikasi digital e-commerce untuk berbelanja dan berjualan online. Saat ini Lazada sudah hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Lazada dinilai sebagai pelopor ekosistem e-commerce di Asia Tenggara. Ya, tentu saja melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain.

Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga barang keperluan rumah tangga, mainan, fashion, perlengkapan olahraga dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Untuk mengedepankan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan, Lazada turut menghadirkan berbagai layanan yang sangat memudahkan konsumen. Selain layanan untuk melakukan pembayaran pesanan, ternyata Lazada juga memiliki layanan untuk membatalkan pesanan.

Dikutip dari laman website Lazada, untuk melakukan pembatalan pesanan hanya diberlakukan untuk pesanan yang belum masuk proses pengiriman. Kalau pesanan kamu sudah masuk proses pengiriman, maka pihak Lazada belum bisa melakukan permintaan pembatalan.

Namun bagaimana cara membatalkan pesanan di Lazada? Nah, ternyata ada beberapa kebijakan pembatalan pesanan dari pihak Lazada. Berikut Liputan6.com rangkum dari laman Lazada terkait cara membatalkan pesanan di Lazada, Jumat (1/3/2019).

2 of 4

Kebijakan Pembatalan Pesanan di Lazada

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pembatalan pemesanan. Ini ketentuang kebijakan pembatalan pesanan yang dilakukan oleh pihak Lazada.

1. Dapat membatalkan pesanan maksimum 1 jam setelah dibuat.

2. Pembatalan tidak dapat dilakukan apabila:

- Produk yang kamu pesan adalah Koleksi Taobao,

- Sudah diproses di gudang,

- Sudah diproses oleh pihak supplier,

- Sudah dalam proses pengiriman,

3. Nilai total pesanan setelah satu atau beberapa item dibatalkan harus tetap memenuhi ketentuan penggunaan voucher, diskon atau promosi lainnya. Kalau tidak memenuhi, maka keseluruhan pesanan akan dibatalkan.

4. Voucher, diskon atau promosi lainnya yang kamu gunakan pada pesanan yang dibatalkan tidak dapat diaktifkan atau digunakan kembali.

5. Untuk pesanan yang dibatalkan menggunakan Store Credit, silakan hubungi layanan konsumen untuk meminta kode voucher Store Credit yang baru.

6. Kalau kamu menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit, klikpay, atau cicilan, dana/limit, kamu akan kembali dalam jangka waktu 7 – 14 hari kerja. Sedangkan untuk metode Bank Transfer, estimasi refund 3 – 7 hari kerja terhitung setelah Lazada memproses ke pihak bank.

7. Pesanan yang telah dibatalkan tidak dapat diaktifkan.

8. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Harga yang berlaku adalah harga yang tertera saat pemesanan baru dilakukan.

3 of 4

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Nah, untuk melakukan pembatalan pesanan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui Formulir Pembatalan Online. Berikut langkah-langkah cara membatalkan pesanan di Lazada dengan online.

1. Lakukan Log in pada akun.

2. Klik Akun, kemudian klik Lihat Semua pada menu Pesanan Saya.

3. Pilih nomor pesanan yang dituju, kemudian klik Batal pada nomor pesanan yang ingin dibatalkan.

4. Isi datanya seperti ini:

- Pilih produk yang akan dibatalkan,

- Pilih alasan pembatalan,

- Ketik detail alasan pembatalan pada kolom Informasi Tambahan,

- Pastikan kamu sudah membaca dan setuju mengenai Kebijakan Pembatalan Pesanan di Lazada, ya,

- Klik Daftar / Submit,

- Pilih jenis pengembalian yang kamu inginkan (kecuali untuk metode bayar di tempat).

Apabila ketentuan pembatalan tidak berlaku, maka tombol Batal tidak dapat kamu klik.

Cara membatalkan pesanan di Lazada di atas juga dapat kamu lakukan pada saat tidak sengaja memesan produk yang sama. Kamu bisa membatalkan salah satu produk pesanannya.

4 of 4

Cara Cek Status Pesanan

Nah setelah mencoba cara membatalkan pesanan di Lazada dengan cara di atas, kamu bisa coba cek status pemesanan setelahnya. Berikut cara mengecek status pesanan di Lazada.

Menggunakan Aplikasi

1. Buka aplikasi Lazada

2. Klik Akun, lalu pilih Dalam proses atau Dalam Pengirimam. Kamu juga dapat menekan Lihat Semua untuk cek semua status pemesanan.

3. Tekanan pada status pesanan untuk cek detail pesanan atau pengiriman di nomor pesanan yang kamu tuju.

4. Kamu dapt cek nama jasa pengiriman, nomor resi pengiriman, serta tanggal estimasi pengiriman pada halaman Detail Pengiriman jika status telah masuk dalam proses pengiriman.

5. Tekan Selengkapnya untuk melacak status pengiriman.

6. Ini arti dari masing-masing sub menu pesanan:

- Semua: semua status pesanan termasuk jika pesanan sudah diterima.

- Bayar Pesanan: pesanan yang belum dibayar. Jika kamu belum memilih metode bayar, maka pesanan akan dibatalkan setelah 1 jam. Namun, kalau kamu sudah memilih bayar, namun belum melakikan pembayaran, maka pembayaran akan ditunggu dalam 24 jam, lebih dari dari itu pesanan akan otomatis terbatalkan.

- Dalam Proses: pesanan yang telah dibayar, namun belum masuk proses pengiriman. Pesanan tersebut masih dalam proses.

- Dalam Pengiriman: pesanan yang telah masuk proses pengiriman.

Menggunakan PC atau Web

1. Login pada akun Lazada.

2. Klik pada nama akun kamu.

3. Kemudian pilih Pesanan Saya.

4. Tekan pada nomor pesanan yang kamu tuju.

5. Klik Lihat Lebih Banyak untuk cek detail status pesanan.

Jika pesanan kamu telah masuk proses pengiriman, maka akan muncul nomor resi dan nama jasa pengiriman. Klik pada link pengiriman untuk cek rincian status pengiriman.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by