Sukses

Cara Mengembalikan Akun CoC yang Hilang, Tanpa Ribet

Cara mengembalikan akun CoC yang hilang tidak sesulit yang kamu pikir.

Liputan6.com, Jakarta Clash of Clans (CoC) merupakan salah satu game online yang banyak diminati penggemar game di seluruh dunia. Game ini masih masuk dalam kategori popular apps baik di toko aplikasi online Google Playstore maupun App Store.

Sejak pertama kali dirilis pada 2 Agustus 2012, game bergenre strategi ini sudah memiliki total jutaan gamer dari seluruh dunia dari berbagai kalangan dan umur. Meskipun kini banyak hadir game baru yang menawarkan permainan yang lebih asyik, nyatanya Clash of Clans (CoC) masih tersimpan dalam banyak smartphone pecinta game.

Pamor Clash of Clans (CoC) di kancah game internasional tentu bukan tanpa usaha. Adalah Supercell, developer asal Finlandia yang memulai penggarapan CoC dari 0 hingga sukses seperti sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kehilangan Akun COC Karena Lupa atau Dibajak

Namun, banyak penggunanya yang kehilangan akun mereka, entah karena lupa atau dibajak. Akhirnya, aplikasi Clash of Clans (CoC) menganggur seharian karena tidak bisa digunakan.

Biasanya, hal ini terjadi karena penggunanya lupa menghubungkan akun yang telah didaftarkan dengan akun Google atau Facebook. Padahal, langkah ini penting untuk menyimpan data permainan.

Selain itu, dapat juga terjadi karena akun yang dibajak oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Nah, bagi kamu yang mengalami kejadian nahas ini, jangan khawatir! Kamu tidak perlu takut kehilangan data permainan yang sudah kamu perjuangkan selama ini.

Liputan6.com punya langkah jitu yang dijamin bisa kembalikan akun CoC kamu yang berharga itu. Yuk simak cara mengembalikan akun CoC yang hilang, seperti yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/2/2019).

3 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Akun CoC yang Hilang Melalui Aplikasi

Pertama, pastikan kamu masih punya aplikasi CoC di smartphone. Jika tidak, download kembali aplikasi CoC melalui Playstore atau App Store, agar kamu dapat menjalankan cara mengembalikan akun CoC yang hilang berikut ini.

Langkah kedua cara mengembalikan akun CoC yang hilang adalah dengan membuka menu Settings, lalu klik ‘Help and Support’ yang berada di pojok kiri bawah. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi yang ditawarkan.

Karena kamu kehilangan akun CoC, pilih ‘Lost Village’. Selanjutnya akan muncul opsi lain. Di situ, kamu klik tulisan‘I lost my village! How do I get it back?’.

Ketiga, kamu akan mendapat perintah untuk mengisi kolom pesan sesuai masalah yang kamu alami. Kamu bisa mengisi kolom dengan keluhan ‘I lost my account. Please take it back to me’.

Jangan lupa untuk mengisi nama dan email kamu, yang diperlukan untuk mengirim informasi dari pihak Supercell perihal langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kembali akunmu.

Langkah keempat dari cara mengembalikan akun CoC yang hilang adalah menunggu hingga kamu mendapat balasan. Balasan yang masuk tidak tentu waktunya, bergantung pada kesibukan pihak Supercell. Jika ada balasan, kamu akan mendapat notifikasi di aplikasi CoC kamu.

Kelima, ketika balasan sudah masuk, kamu harus perhatikan dengan cermat mengenai pernyataan yang dikirimkan oleh pihak Supercell. Pertanyaan yang tersedia biasanya seputar informasi waktu pembuatan akun.

Jadi, pastikan kamu masih mengingat pertama kali kamu membuat akun. Selain itu, isi semua data dengan benar sesuai apa yang pernah kamu tulis.

Yang terakhir dari cara mengembalikan akun CoC yang hilang, tunggu hingga pihak Supercell menghubungimu kembali. Sembari menunggu, kamu bisa melakukan hal lain yang bermanfaat. Kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan akun CoC yang hilang, asalkan kamu telah menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang ada.

4 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Akun CoC yang Hilang Melalui Email

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengirim email langsung mengenai masalah yang terjadi ke Supercell. Alamat email yang bisa kamu gunakan adalah clashofclans.android@supercell.net, jika ponselmu Android. Apabila kamu pengguna iPhone, kamu bisa email ke alamat clashofclans.feedback@supercell.net.

Jika kamu menggunakan cara ini, kamu harus menyediakan rincian informasi yang kamu gunakan saat bermain CoC.

5 dari 5 halaman

Lahirnya Clash of Clans

Supercell tidak langsung terkenal begitu saja saat didirikan. Clash of Clans bahkan bukan game pertama yang mereka garap.

Pada tahun 2011, mereka merilis game multiplayer "Gunshine" di Facebook. Namun sayang, Gunshine dinilai terlalu sulit untuk dimainkan dan kurang menarik minat.

Gunshine akhirnya gugur dan saat itu Paananen hampir hilang harapan. Padahal, ia memiliki tim dengan anggota berpengalaman menciptakan game bagus.

Setelah memutar otak, akhirnya pada 2012 Paananen dan tim menggarap lima game. Setelah diuji coba, tiga game dinilai kurang memuaskan. Nah, dua diantaranya berpotensi untuk dirilis ke perangkat iOS dan Android. Keduanya adalah Clash of Clans (CoC) dan Hay Day.

Kedua game tersebut mendulang sukses yang amat besar, terutama Clash of Clans. Meski gratis, Supercell menghadirkan konten In-App Purchases agar tetap mendapatkan revenue.

Sampai-sampai, ada gamer yang rela menghabiskan uang 1.600 Poundsterling atau setara dengan Rp 29 juta tiap bulannya demi membeli In-App Purchases di game ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini