Sukses

Fitur Biometrik WhatsApp di iOS Ternyata Bermasalah

Seorang pengguna Reddit mengungkap bahwa fitur keamanan biometrik WhatsApp di iOS ternyata masih dapat dibobol.

Liputan6.com, Jakarta - Awal bulan ini, WhatsApp menerapkan fitur keamanan biometrik Face ID atau Touch ID untuk pengguna perangkat iOS. Dengan cara ini, aplikasi WhatsApp hanya dapat dibuka dengan sistem Face ID atau Touch ID dari pemilik perangkat.

Namun laporan terbaru dari forum Reddit mengungkap, fitur ini menyimpan masalah. Salah satu akun Reddit menyebutkan, ada celah keamanan di fitur ini yang memungkinkan orang lain masih dapat membuka WhatsApp, meski fitur otentikasi Face ID atau Touch ID aktif.

Jadi seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (24/2/2019), masalah ini timbul saat pengguna tidak menyetel fitur keamanan biometrik dalam posisi 'immediately'. Maksudnya, fitur keamanan biometrik ini harus aktif begitu aplikasi WhatsApp ditutup.

Sekadar informasi, fitur otentikasi biometrik di WhatsApp ini memang menyediakan opsi pengaturan bagi penggunanya.

Dengan cara ini, pengguna dapat mengatur kapan fitur ini aktif, mulai dari satu menit, satu jam, hingga sesegara mungkin (immediately) setelah aplikasi ditutup. 

Akan tetapi, saat opsi yang dipilih bukan 'immediately', aplikasi WhatsApp ternyata masih leluasa dibuka. Kendati demikian, kondisi ini berlaku dengan memanfaatkan fitur Share Sheet yang ada di iOS.

Pengguna cukup membuka Share Sheet di iOS dan pilih WhatsApp, setelah diminta untuk memasukkan Face ID atau Touch ID, keluar dari opsi tersebut. Lalu, keluar ke laman depan iOS dan buka WhatsApp tanpa perlu memasukkan verifikasi kembali.

Pihak WhatsApp sendiri menyadari adanya masalah ini dan berjanji untuk segera mengatasinya. Karenanya, sambil menunggu masalah ini diselesaikan, aplikasi chatting milik Facebook itu meminta agar pengguna menyetel opsi keamanan biometrik menjadi 'immediately'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Pemindai Wajah dan Sidik Jari di WhatsApp

Untuk diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci dan membuka aplikasinya dengan sidik jari dan pengenalan wajah.

Fitur keamanan dari WhatsApp ini guna untuk membantu mencegah orang lain mengambil telepon kamu dan membaca pesan pribadi.

Namun, fitur keamanan ini hanya berlaku untuk smartphone yang memiliki fitur Face ID atau Touch ID yang tersedia pada perangkat iOS saja.

Adapun cara agar bisa menggunakan fitur ini, kamu perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi yang terbaru yaitu WhatsApp 2.19.20.19 melalui App Store.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.