Sukses

Mengenal Macam-Macam Sistem Operasi Komputer, Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi sistem operasi adalah untuk menjalankan operasi dasar, mengatur hardware, serta mengatur berbagai macam aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan teknologi seperti laptop atau komputer untuk membantu menyelesaikan tugas pekerjaan, tugas sekolah atau hal lainnya. Di dalam komputer terdapat macam-macam sistem operasi komputer untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat dan mudah. Sebelum membahas macam-macam sistem operasi komputer ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu sistem operasi.

Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengatur semua sumber daya yang terdapat pada komputer. Sistem operasi atau operating system (OS) menjadi penghubung antara software – hardware – brainware (pengguna). Ia mengatur agar kesemuanya dapat berkomunikasi dengan baik dan membuat nyaman pengguna komputer.

Nah, fungsi sistem operasi adalah untuk menjalankan operasi dasar, mengatur hardware, mengatur berbagai macam aplikasi, untuk menyajikan sebuah tampilan, untuk koordinasi perangkat komputer dan untuk fungsi komputer yang optimal. Setelah mengetahui fungsi sistem operasi, sekarang mari membahas macam-macam sistem operasi komputer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat kita pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut, tetapi kita dapat mengubahnya dengan sistem operasi yang lain.

MS DOS

Untuk macam-macam sistem operasi komputer yang pertama adalah sistem operasi DOS. Sistem ini merupakan nenek moyang serta menjadi awal dari sistem operasi yang ada pada perusahaan Microsoft. DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System.

Kelebihan dari sistem DOS:

1. Memiliki ukurannya yang kecil.

2. Penggunaan memori juga cukup ringan

3. Dengan berbagai perangkat pun sangat kompatibel.

Kekurangan sistem DOS adalah hanya berupa tulisan serta tidak ada grafiknya, karena memang generasi pertama.

3 dari 6 halaman

Microsoft windows

Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis atau GUI yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna. Sistem operasi ini telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah system operasi yang berbasis text dengan penggunaan baris perintah.

Windows versi 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983 tetapi baru dipasarkan di November tahun 1985. Sampai saat ini windows telah mengeluarkan berbagai macam sistem operasi dan yang terakhir adalah windows 10 yang diperkenalkan pada 29 Juli 2015. Berikut ini adalah perkembangan windows dari tahun ke tahun:

  • Windows 1.0 pada tahun 1983.
  • Windows 2.0 pada tahun 1987.
  • Windows 3.0 pada tahun 1990.
  • Windows 3.1 pada tahun 1992.
  • Windows 95 pada tahun 1995.
  • Windows 98 pada tahun 1998.
  • Windows milenium edition pada tahun 2000.
  • Windows NT 3.1 yang ada di tahun 1993.
  • Windows NT 3.5 yang ada di tahun 1994.
  • Windows 2000 atau Windows NT 5.0 pada tahun 2000.
  • Windows XP yang ada pada tahun 2001.
  • Windows Vista pada tahun 2006.
  • Windows 7 pada tahun 2009.
  • Windows 8 yang ada di tahun 2012.
  • Windows 8.1 ada pada tahun 2013.
  • Windows 10 pada tahun 2015.

Kelebihan dari windows:

  • Windows juga sudah user friendly sebab telah memiliki tampilan anta muka.
  • Dalam proses instalasinya jauh lebih mudah.
  • Windows juga sangat support driver.
  • Banyak sekali perusahaan yang membuat software maupun aplikasi yang mana kompatibel dengan windows, karena memang hampir semua orang memakai sistem operasi windows.
  • Selain itu, windows memiliki perkembangan yang sangat cepat, kita bisa melihat hampir pada setiap tahunnya akan selalu ada sebuah perubahan dari windows tersebut.

Kekurangan dari sistem windows:

  • Windows tidak memiliki open source.
  • Perlu untuk membeli sebab memang close source.
  • Sangat mudah untuk di retas karena sistem keamanannya masih cukup lemah.
  • Perlu membeli aplikasi rentan terkena virus terlebih dahulu, apabila tidak mempunyai software bawaan.
4 dari 6 halaman

Linux

Macam-macam sistem operasi komputer selanjutnya adalah Linux. Sistem operasi linux ini adalah sistem operasi open source yang sangat populer di tengah masyarakat yang ada di dunia dengan tingkat kepopulerannya juga ada di bawah windows dan juga mac OS. Hal ini dikarenakan sifatnya yang open source maka pengguna dapat bebas mengembangkan sistem operasinya.Beberapa keuntungan Linux adalah gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Kelebihan pada Linux:

Karena memang open source, tidak akan ada biaya lisensi untuk pembelian dan menggunakannya.

Jika dahulu penggunaan linux sangat susah, tapi setelah dilakukan pengembangan menjadi jauh lebih mudah.

Sebagian aplikasi yang ada di windows juga ada di linux.

Perkembangannya jauh lebih cepat sebab dikembangkan oleh orang banyak.

Kekurangan pada Linux:

Perlunya diadakan sebuah pelatihan untuk pengguna awal sehingga dapat terbiasa dengan linux.

Tidak semua support hardware yang cocok dengan linux.

Proses instalasinya cukup susah apalagi untuk softwarenya.

Mac OS X

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru. Banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows walaupun harga komputer Apple cenderung lebih mahal.

5 dari 6 halaman

Unix

Unix merupakan sistem operasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan AT&T, general electric dan juga MIT pada tahun 1965 untuk DARPRA. Unix ini juga adalah sebuah sistem operasi baku yang dapat dipakai dari segala komputer dan termasuk juga untuk komputer mini.

Kelebihan unix:

Terdapat portabilitas.

Multiuser, sebab ialah sistem dari operasi jaringan.

Multitasking, kita dapat mengerjakan serta menjalankan tugas bersamaan.

Sulit terkena virus.

Termasuk kedalam sistem operasi gratis.

Kekurangan unix:

Tampilannya kurang menarik.

Penyimpanan memori yang cukup besar.

Driver tidak banyak di unix.

Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk unix sendiri.

Cukup sulit serta membingungkan.

Amiga

Amiga merupakan salah satu sistem operasi terdahulu dan sampai sekarang masih ada yang khusus digunakan untuk laptop Amiga. Sistem operasi ini juga sudah menggunakan tampilan antar muka bagi penggunanya. 

Selain macam-macam sistem operasi komputer diatas, ternyata ada lho system operasi komputer hasil dari karya anak bangsa. Sistem opreasi komputer tersebut adalah Garuda OS dan BlankOn.

6 dari 6 halaman

Macam-macam sistem operasi komputer karya anak bangsa

Garuda OS

Garuda OS dikembangkan untuk digunakan masyarakat supaya mereka bisa mendapatkan sistem operasi yang open source, freeware dan tetap sesuai dengan SNI atau standar nasional Indonesia. Namun, Garuda OS kurang mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia sendiri sehingga operasi sistem ini belum terkenal.

BlankOn

Para pembuat OS ini adalah YPLI dengan tujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Kekurangan dari BlankOn adalah  masih kurang stabil dan terbilang lambat, dan masih kalah terkenal dan pamor dengan sistem operasi terkenal lainnya.

Demikianlah beberapa info tentang macam-macam sistem operasi komputer dan penjelasan singkatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini