Sukses

Fenomena Super Snow Moon Terjadi Malam Ini, Apa Itu?

Fenomena Super Snow Moon ini terjadi saat bulan berada di orbit paling dekatnya dengan Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena bulan purnama pada Februari ini bakal menerangi Bumi, malam ini. Pasalnya, di langit akan terlihat Supermoon paling besar di tahun 2019 ini.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNN, Selasa (19/2/2019), fenomena Super Snow Moon ini terjadi saat bulan berada di orbit paling dekatnya dengan Bumi.

NASA menyebut, jarak antara bulan dengan Bumi saat Super Snow Moon sekitar 583 kilometer.

Dengan jaraknya yang begitu dekat dengan Bumi, sinar bulan pun akan makin terang jika dilihat dari Bumi.

NASA menyebutkan, Bulan akan tampak 14 persen lebih besar ketimbang biasanya. Sinar bulan juga bakal 30 persen lebih terang ketimbang hari-hari biasa.

Mereka yang senang memotret di malam hari pun akan bisa mengabadikan malam yang lebih terang ketimbang biasanya.

Sekadar informasi, orang Amerika dan Eropa menyebut fenomena Super Snow Moon karena pada saat peristiwa ini terjadi, wilayahnya tengah mengalami musim salju yang lebat. Demikian menurut The Old Farmer Almanac.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Dilihat dari Bumi

Selain disebut Super Snow Moon, fenomena Supermoon yang terjadi pada bulan Februari juga disebut sebagai Hungermoon. Pasalnya, di sebagian wilayah yang mengalami musim dingin, mereka kesulitan mendapatkan bahan makanan.

Menariknya, fenomena Super Snow Moon bisa dilihat dari Bumi. Asalkan cuaca dalam keadaan cerah dan bulan terlihat di langit.

Dibandingkan dengan 2018, Supermoon kali ini sungguh berbeda. Pasalnya tahun lalu tidak ada fenomena bulan purnama pada Februari (disebut Black Moon).

Sebelumnya pada Januari 2019, terdapat bulan purnama yang disebut Super Blood Wolf Moon.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.