Sukses

Apa Itu Earpiece? Ini Fakta dan Cara Kerjanya

Earpiece bisa juga digunakan untuk mendengarkan musik.

Liputan6.com, Jakarta Setelah perhelatan debat kedua calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang dilaksanakan pada Minggu (17/2/2019), di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Joko Widodo (Jokowi), earpiece ramai dibicarakan. Gara-garanya, sejumlah netizen ada yang menduga Capres Joko Widodo menggunakan alat bantu dengar atau earpiece. 

Kabar tersebut sudah dibantah oleh tim Joko Widodo, namun kabar earpiece terus menyebar. Dia menilai hal tersebut adalah fitnah yang tidak bermutu. Dia juga menjelaskan saat debat membawa pulpen adalah alat tulis biasa. "Ini Pulpen. Cek aja," kata Jokowi sambil menujuk pulpen yang dibawa, mengutip dari Liputan6.com, Senin (18/2/2019).

Sebenarnya, apa earpiece itu? Bagaimana cara kerja earpiece? Berikut Liputan6.com, Selasa (19/2/2019) rangkum tentang fakta-fakta earpiece dan bagaimana cara kerjanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ini Pengertian Earpiece

Earpiece awalnya adalah alat untuk menerima panggilan telepon. Earpiece identik sebagai alat komunikasi rahasia yang digunakan oleh anggota pasukan pengawal khusus. Seperti yang biasa dilakukan oleh agen Secret Service yang merupakan Pasukan Pengawal Presiden Amerika Serikat.

Pasukan pengawal ini biasa mengangkat satu tangan dan menyentuh telinga mereka. Gerakan ini memang identik bagi mereka yang menggunakan alat earpiece ini.

Gerakan mendorong earpiece tersebut dilakukan agar mereka bisa mendengar dengan jelas suara yang diberikan dari perangkat lain, yang terhubung dengan earpiece ini.

Mengutip dari Slate, gerak tersebut dilakukan agar mereka bisa mendengar dengan jelas. Mendorong lubang suara agar mendapatkan suara yang jelas. Hal ini untuk mengetahui posisi presiden saat berada di ruangan yang bising.

Earpiece juga memiliki berbagai warna, dan beberapa agen memilih perangkat yang cocok dengan kulit atau rambut mereka. Hal ini berfungsi agar benda tersebut tidak tampak jelas.

Ternyata earpiece tak hanya digunakan untuk menerima panggilan telepon saja. Tak hanya untuk mendengar suara yang menelpon Anda, earpiece juga bisa dijadikan untuk mendengarkan musik saat Anda lupa membawa earphone.

3 dari 4 halaman

Begini cara menggunakan earpiece

1. Dowload dan install aplikasi Stealth Audio Player di smartphone Android Anda.

2. Setelah terinstal, segera buka aplikasi tersebut dan berikan permission jika diminta.

3. Selama ada file audio di smartphoene Anda, Anda bisa memutarnya melalui Stealth Audio Player. Uniknya, suara yang keluar bukan lewat speaker smartphone, tapi dari earpiece ini.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa memutar musik kapan pun di mana pun walau tidak membawa earphone. Cukup tempelkan earpiece ke telinga Anda seperti saat sedang menerima telepon.

4 dari 4 halaman

Ini Bedanya Earpiece, Earphone, dan Headset

Merupakan alat bantu untuk mendengarkan objek lain, ini bedanya earpiece, earphone, dan headphone:

1. Earpiece: orang yang menggunakan alat ini tidak ingin terlihat sedang menggunakan apa-apa di kupingnya. Mungkin saja alasannya sedang menjalankan misi rahasia.

2. Earphone: penggunaan earphone menandakan orang tersebut suka banget mendengarkan music, dan juga memiliki banyak urusan yang lumayan sering dengn telepon.

3. Headphone: ini juga identik dengan orang yang suka mendengarkan musik. Dipilih karena suaranya lebih maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.