FB Messenger, Instagram dan WhatsApp Akan Digabung, Ini 8 Faktanya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 15 Feb 2019, 17:45 WIB
Dilarang main facebook

Liputan6.com, Jakarta Facebook baru-baru ini mengonfirmasi tentang upayanya mengintegrasikan tiga platform perpesanannya seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi komunikasi antar platform bagi pengguna.

Ini merupakan pengembangan besar dari tiga aplikasi berbeda. Sementara secara bersamaan memungkinkan pengguna masing-masing platform untuk berkomunikasi satu sama lain, terlepas dari mana mereka log in.

Proyek ini sedang dalam pengembangan, dan masih memiliki cara untuk pergi. CEO Facebook, Mark Zuckerberg baru-baru ini mencatat bahwa kamu tidak akan melihat apa pun di bagian ini sampai setidaknya tahun 2020.

Namun, meski begitu, ada baiknya untuk mempertimbangkan peluang yang bisa dibawanya. Berikut Liputan6.com, Jumat (15/2/2019) telah merangkum dari Social Media Today tentang 8 fakta yang perlu kamu ketahui tentang perpesanan Facebook yang direncanakan. Hal ini akan berguna untuk para pelaku bisnis, orang biasa, dan lain sebaginya.

2 of 3

8 Fakta rencana integrasi Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram

1. Kenyamanan

Facebook akan terus melakukan pengembangan untuk kenyamanan para penggunanya. Melalui media messenger ini, proses komunikasi menjadi sangat mudah.

Setelah mengumumkan konsep messenger terbarunya, Facebook mengatakan kepada The New York Times bahwa untuk membangun pengalaman olah pesan terbaik, Facebook akan melakukan segala upayanya seperti berkirim pesan dengan cepat, sederhana, andal, dan pribadi.

Facebook akan selalu berupaya untuk lebih banyak memberikan cara-cara agar lebih mudah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah menjangkau teman dan keluarga.

2. Membuka peluang untuk para pebisnis

Melalui ketiga platform gabungan ini, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih besar di seluruh dunia dan memiliki banyak kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan baru. Kamu juga akan bertemu dengan pelanggan yang lebih luas lagi baik dari Instagram dan WhatsApp. Namun kamu juga bisa melakukan pengembangannya di Facebook.

3. Pemasukan yang besar

Pembaharuan ini akan membuka lebih banyak peluang untuk Facebook sendiri. Dengan menciptakan lebih banyak ruang untuk inovasi, Facebook dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

 4. Chatbots yang akan meledak pada pemasaran

Pesan pemasaran tampaknya akan menjadi salah satu peluang terbesar bagi pemasar untuk beberapa tahun ke depan.

Percakapan antarmuka dapat membantu mengatasi hambatan proses bisnis dan memungkinkan layanan pelanggan yang lebih responsif.

Oleh karena itu, kamu perlu bersiap untuk mengaktifkan saluran pemasaran chatbots sejenis melalui WhatsApp dan Instagram.

3 of 3

Akan Menguntungkan Pebisnis

5. Bisnis mendapatkan alternatif yang efektif

Pembaharuan ini juga akan memberi saluran bisnis global untuk komunikasi langsung yang lebih menarik dan ramah pengguna dibandingkan menggunakan email.

Pembaharuan baru ini akan memberi bisnis satu platform untuk menjangkau pelanggan lebih efektif daripada melakukan pemasaran lewat email.

6. Facebook berdiri untuk menyaingi WeChat

Saat melihat kompetisi aplikasi perpesanan Facebook, ada satu aplikasi yang berdiri di atasnya, yaitu WeChat. WeChat digunakan di hampir seluruh masyarakat China sebagai platform multifungsi. Dengan memperbaharui ketiga aplikasi perpesanan ini, Facebook dapat menyaingi WeChat di Cina dan 1,08 miliar pengguna aktif bulanannya.

7. Restrukturisasi internal di Facebook sedang berlangsung

Bukan rahasia lagi bahwa perubahan besar mengarah pada restrukturisasi internal, pendiri WhatsApp dan Instagram pergi setelah Facebook mulai mengambil kendali lebih besar atas apa yang sebelumnya merupakan bisnis mereka sendiri.

8. Pebisnis mendapatkan hasil cepat dengan maksimal

Jika kamu sedang membangun bisnis, dan mengembangkan strategi online. Kamu mungkin bisa maju dari kurva dengan masuk ke olah pesan sekarang, dengan memasukkan pesan ke dalam pendekatan. Kamu akan siap untuk tahap berikutnya, membantu kamu memperluas peluang yang lebih cepat.

Lanjutkan Membaca ↓