Jelang Rilis, Xiaomi Umbar Wujud Xiaomi Mi 9

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 16 Feb 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 18 Feb 2019, 09:13 WIB
Logo Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Februari ini, sejumlah merek smartphone bakal menghadirkan perangkat jagoannya, ada Samsung dengan Galaxy S10 dan Xiaomi dengan produk Mi 9-nya.

Keduanya dipastikan hadir di waktu yang hampir bersamaan. Bahkan, Xiaomi telah memamerkan sebagian penampakan Mi 9.

Gambar Xiaomi Mi 9 diunggah oleh Senior Vice President Xiaomi Wang Xiang melalui akun Twitter dan Weibo-nya, belum lama ini.

Dalam keterangan foto, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari 9to5Google, Sabtu (16/2/2019), dia menuliskan Mi 9 menggunakan ukiran laser tingkat nano dan lapisan nano dua lapis untuk menciptakan pekerjaan cat "holografik" yang unik.

Xiaomi Mi 9 (Foto:9to5Google)

Dalam gambar render resmi dari Xiaomi itu, terlihat Mi 9 hadir dalam bautan warna biru. Namun kemungkinan berubah saat perangkat terkena cahaya dari sisi berbeda.

Dalam penampakan yang lebih jelas, laman XDA memperlihatkan gambar Mi 9, termasuk versi warna hitamnya.

2 of 3

Tiga Kamera di Bodi Belakang Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 bodi depan dan bodi belakang dalam balutan warna hitam (Foto: 9to5Google)

Perangkat ini bakal hadir dengan tiga kamera utama dan sebuah flash di bawah ketiga sensor kamera itu.

Terdapat pula semacam cincin di sekitar sensor utama yang belum jelas penggunaannya.

Ada pula bocoran penampakan depan MI 9 yang hadir dengan sebuah notch di bagian atas layar. Dalam hal ini, Xiaomi menerapkan notch berbentuk mirip huruf U kecil.

3 of 3

Bocoran Spesifikasi Mi 9

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Sisi kanan terdapat tombol volume dan power. Di sisi kirinya terdapat sebuah tombol fisik, yang kemungkinan berfungsi untuk asisten pintar Xiaoai.

Jun sebelumnya menyiratkan flagship ini akan bisa mengisi daya baterai lebih cepat daripada Redmi Note 7. Xiaomi Mi 9 pun diprediksi akan memiliki chipset Snapdragon 855 dengan modem X24, RAM dan memori internal 6/128GB, serta harga jualnya berkisar US$ 436.

Lebih lanjut, Xiaomi menjanjikan kejutan dari kemampuan kamera yang akan ada di smartphone besutannya untuk 2019. Hal itu diungkapkan langsung oleh Jun beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Gizmochina, Jun menuturkan bahwa departemen kamera Xiaomi akan melakukan langkah besar di 2019. Menurutnya, dengan investasi besar dari perusahaan, kemampuan kamera smartphone Xiaomi akan lebih mengagumkan pada tahun ini. Meski tidak diungkap lebih lanjut, ada kemungkinan perubahan itu dapat dilihat di Mi 9.

Jun juga menuturkan sejumlah perubahan dari kemampuan kamera smartphone Xiaomi dalam beberapa bulan terakhir. Misalnya, Mi Mix 3 yang masuk dalam tiga besar kamera terbaik berdasarkan DxOMark.

Selain itu, ada Redmi Note 7 sebagai smartphone pertama di industri yang hadir dengan kamera beresolusi 48MP. Xiaomi juga menghadirkan fitur kamera premium, yakni Super Night Scene, di Redmi Note 7 dan Mi 8 Lite.

Sekadar informasi, Xiaomi memang diketahui memiliki divisi khusus yang didekasikan untuk pengembangan kamera. Kehadiran divisi ini merupakan langkah perusahaan untuk meningkatkan kualitas kamera smartphone besutannya.

Adapun permintaan pembentukan divisi kamera itu berasal langsung dari Lei Jun sebagai CEO. Dia mengatakan langkah ini diambil karena fotografi merupakan fitur penting dari smartphone modern.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by