Sukses

Ada Bug, Fitur Pencarian Facebook Malah Sarankan Hal Menyeramkan

Bug aneh di fitur pencarian Facebook yang membuat pengguna bisa mencari foto, tapi hanya foto perempuan dan bukan foto laki-laki.

Liputan6.com, Jakarta - Dari hari ke hari, ada-ada saja hal di Facebook yang bikin takut penggunanya.

Terakhir adalah bug aneh di fitur pencarian Facebook yang membuat pengguna bisa mencari foto, tapi hanya foto perempuan dan bukan foto laki-laki.

Masalah ini pertama kali dilaporkan oleh peneliti keamanan Belgia Inti De Ceukelaire yang mengunggah hasil temuannya ke Twitter.

Mengutip Mashable, Jumat (15/2/2019), Ceukelaire mencatat, hasil temuannya adalah saran pencarian "photos of my female friends" di kotak pencarian utama di Facebook.

Hasil pencarian memang memperlihatkan foto teman perempuan di Facebook. Namun, ketika pengguna mencari "photos of my male friends", mereka mendapatkan banyak gambar acak yang tak ada di daftar teman.

Pencarian serupa yang dilakukan oleh Mashable dengan hasil yang sama. Di mana, pencarian dengan kata "female" berhasil, tetapi pencarian dengan kata "male" tidak berhasil.

Tidak hanya itu, pencarian ini juga kian meresahkan dengan saran keyword "photos of my female friends in bikinis" yang juga memberikan hasil foto wanita dalam balutan bikin, bahkan gambar wanita bertelanjang dada yang kemungkinan besar melanggar aturan Facebook terkait ketelanjangan.

Tidak hanya itu, keyword "photos of my female friends at the beach" juga disarankan oleh algoritma Facebook.

Hasil pencarian di Facebook (Foto: Mashable)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gara-Gara Bug

Pihak Facebook menyebut, saran pencarian foto bikini ini merupakan sebuah bug yang akan diperbaiki. Berikut ini adalah sejumlah saran pencarian di Facebook akibat bug ini.

Hasil pencarian di Facebook untuk female friends (Foto: Mashable)

(Perbandingan pencarian "male friends")

Hasil pencarian di Facebook untuk male friends (Foto: Mashable)

Menurut halaman dukungan Facebook, bidang pencarian ini direkomendasikan berdasarkan pencarian populer di Facebook.

"Daftar yang muncul ketika Anda memasukkan sesuatu di bidang pencarian bukanlah riwayat pencarian Anda. Melainkan daftar hasil prediksi yang relevan untuk pencarian Anda berdasarkan pencarian populer di Facebook, umumnya dikenal sebagai prediksi pencarian," kata Facebook.

Artinya, saran pencarian yang menyeramkan ini merupakan hasil dari pencarian banyak orang.

Perlu dicatat, Facebook tidak melakukan apapun untuk mencegah jenis perilaku dan mendorong pencarian ini.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.