Sukses

5 Cara Agar WhatsApp Kamu Tak Mudah Dibobol, Mudah dan Simpel

Terlindung dari kasus penipuan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, pengguna WhatsApp diperingatkan dengan adanya aktivitas penipuan berbahaya yang mengatasnamakan sebagai teman di WhatsApp. Modusnya, si penipu membajak akun salah satu pengguna dan dipakai untuk mendapatkan banyak uang dari pembobobal akun WtatsApp. 

Hal ini kemudian menjadi fokus masalah utama, terutama di Inggris di mana penipuan itu terjadi.  Pasalnya, menurut data keamanan siber dari firma keamanan siber McAfee, 46 persen orang Inggris telah jadi korban peretasan. Imbasnya, uang pun ikut melayang.

Adanya kejadian ini membuat pengguna WhatsApp semakin mawas diri dan semakin berhati-hati untuk menggunakan aplikasi chatting WhatsApp ini. Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir. Berikut Liputan6.com, Senin (11/2/2019) merangkum beberapa cara melindungi akun WhatsApp kamu. Kali ini telah dirangkum dari berbagai sumber beberapa cara agar WhatsApp kamu tak mudah dibobol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah 

Keamanan pada WhatsApp yang perlu kamu lakukan dan merupakan fitur keamanan yang terbaik. Fungsi mengaktifkan ini untuk memastikan data kamu tidak diakses oleh orang lain. Untuk mengaktifkannya, caranya seperti berikut: Menu > Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk membuat kode PIN enam digit. 

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menambahkan alamat emailmu. Jikalau nanti kamu lupa kode PIN, kamu bisa mendapatkannya kembali melalui email. Fitur ini juga bisa kamu coba di WhatsApp Web.

3 dari 6 halaman

2. Periksa Enkripsi untuk Percakapan Sensitif

Untuk memeriksa enkripsi, kamu bisa coba memulai percakapan dengan kontak tersebut. Di room chat atau ruang obrolan, dengan cara ketuk nomor tersebut, lalu ketuk enkripsi. Kamu akan menemukan 40 digit angka yang merupakan kode keamanan kamu.

Kamu dapat memverifikasi kode ini secara manual dengan membandingkan angka, dengan cara meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut atau memindai kode kontakmu dengan tombol ‘Scan Code’.

4 dari 6 halaman

3. Aktifkan Pemberitahuan Keamanan

Kamu perlu mengaktifkan pemberitahuan keamanan pada aplikasi WhatsApp. Dengan cara ini, kamu dapat memeriksa enkripsi dengan teman kamu melalui pesan yang berbeda, dan memastikan itu aman.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan tersebut, kamu bisa lakukannya seperti ini: buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan aktifkan tombol hijaunya.

5 dari 6 halaman

4. Lindungi Privasi

Kamu bisa mengontrol privasimu di WhatsApp dengan memilih apa saja yang perlu diketahui dan tidak perlu diketahui oleh kontak lainnya tentang akunmu. 

Buka Pengaturan > Akun > Privasi. Kamu bisa memilih mana saja yang bisa kamu aktifkan untuk ke sesama kontak, semua jenis kontak, atau tidak ada yang bisa melihat status mu di WhatsApp.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Root Folder WhatsApp

Jangan memberi akses root pada folder WhatsApp mu. Hal ini akan memungkinkan aplikasi-aplikasi jahat akan mencuri data dari WhatsApp mu. Jangan berikan akses roor pada folder WhatsApp agar tidak bisa disadap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini