Preview IGTV Akan Ramaikan Feed Instagram

Oleh Agustinus Mario Damar pada 11 Feb 2019, 10:30 WIB
IGTV

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja mengumumkan akan mengubah sedikit tampilan feed pengguna. Perubahan yang dimaksud adalah hadirnya preview IGTV di tengah-tengah feed pengguna.

Dikutip dari Variety, Senin (11/2/2019), preview IGTV yang ditampilkan merupakan video dari akun yang pengguna ikuti atau follow. Jadi, konten IGTV ini hanya akan menampilkan kilasan video baru berdurasi satu menit dari akun yang di follow oleh pengguna.

Apabila tertarik, pengguna tinggal mengklik video tersebut untuk dialihkan ke layanan IGTV dan menontonnya secara utuh. Setelah selesai, pengguna akan otomatis kembali ke feed atau dapat mencari video lain yang ingin ditonton.

"Dengan preview IGTV di Feed, kani ingin memudahkan pengguna menemukan dan menonton konten terbaru dari akun favorit," tulis perwakilan Instagram menanggap kehadiran fitur ini.

Perubahan ini disebut menjadi cara Instagram untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan IGTV. Alasannya, sejak meluncur tahun lalu, IGTV kurang mendapatkan feedback yang memuaskan.

Oleh sebab itu, Instagram berupaya untuk lebih menonjolkan layanan IGTV dalam beberapa kesempatan. Sebelumnya, fitur itu juga tampil di laman Explore, lalu pengguna juga dapat berbagi video IGTV di Stories, termasuk menyimpan videonya langsung.

Berbanding terbalik dengan IGTV, layanan Stories Instagram ternyata malah kian moncer. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menyebut pengguna aktif harian Instagram Stories pada tahun lalu mencapai 500 juta.

Sekadar informasi, IGTV sebenarnya menawarkan layanan unik karena memungkinkan pengguna mengunggah video panjang dalam format vertikal. Pengguna dapat menggunggah video berdurasi hingga 10 menit di layanan ini.

2 of 3

Pengguna Instagram Kini Bisa Unggah Foto Sekaligus ke Beberapa Akun

Tampilan feed Instagram
Tampilan feed Instagram (Foto: Ist)

Sebelumnya, Instagram juga merilis fitur baru untuk para penggunanya.

Kali ini, layanan milik Facebook tersebut merilis fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengunggah konten ke beberapa akun sekaligus.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (12/1/2018), fitur baru itu untuk sekarang baru tersedia untuk para pengguna iOS. Namun, kemungkinan belum semuanya bisa menjajal fitur tersebut.

Kehadiran fitur baru ini akan mempermudah pengguna yang memiliki lebih dari satu akun Instagram.

Berkat fitur tersebut, pengguna bisa mengunggah konten termasuk foto dan video, di semua akun mereka sekaligus.

Sebelum mengunggah konten di Instagram, pengguna kini akan melihat opsi baru "Post to Other Accounts".

Di bawah opsi tersebut, terdapat deretan akun yang dimiliki pengguna, dan hanya dengan memilih yang diinginkan, maka konten tersebut akan diunggah ke beberapa akun tersebut sekaligus.

Fitur baru ini dinilai akan sangat berguna bagi pengguna yang menggunakan Instagram untuk berbisnis. Proses unggah konten di Instagram pun menjadi lebih sederhana.

Adapun sejauh ini, belum ada informasi tentang kehadiran fitur tersebut untuk perangkat Android.

3 of 3

Instagram Uji Coba Feed Horizontal, Pengguna Protes

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Instagram cukup rajin merilis berbagai fitur baru untuk para penggunanya. Namun tidak semuanya mendapatkan respons baik.

Pada akhir tahun lalu, sejumlah pengguna memprotes Instagram karena tidak menyukai tampilan feed horizontal di tab explore yang tengah diuji coba.

Jika sebelumnya pengguna mengeksplor feed dengan sistem scroll layar ke bawah dan atas, kini harus menggeser atau swipe ke kanan untuk mengeksplor posting di feed tersebut. Cara kerjanya mirip seperti dengan menggeser Instagram Stories.

Instagram sendiri akhirnya merespons penyebab feed horizontal tersebut muncul di sejumlah akun pengguna.

Head of Product Instagram, Adam Mosseri, melalui akun Twitter menjelaskan, feed horizontal tersebut masih dalam proses "uji coba kecil" ke sejumlah pengguna secara acak.

Selain itu, Instagram juga mengungkap proses uji coba tersebut mengakibatkan bug, yang pada akhirnya membuat pengguna mengalami hal tersebut.

"Karena bug, sejumlah pengguna mengalami perubahan pada feed mereka. Kami dengan segera memperbaiki isu ini dan keadaan sudah kembali normal. Kami minta maaf untuk kebingungan ini," ujar Instagram dalam akun resmi Twitter-nya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓