Sukses

Robot Mungil Ini Bisa Musnahkan Bakteri di Kasur Kamu

Robot bernama CleanseBot ini adalah robot yang bisa berjalan untuk membersihkan dan melakukan disinfektan kasur dan ruangan hotel.

Liputan6.com, Jakarta - Meski tampak bersih, kasur hotel bisa saja masih menyimpan bakteri.

Menurut studi sanitasi fasilitas umum yang dimuat pada 2012, ilmuwan menemukan 81 persen kasur di hotel 'mengantongi' bakteri tinja.

Melihat hal tersebut, startup Ventur Studio mengembangkan sebuah robot mini yang dapat membersihkan tempat tidur, tak cuma kasur hotel, tetapi juga kasur rumahan.

Dilansir Geek pada Senin (11/2/2019), robot bernama CleanseBot ini adalah robot yang bisa berjalan untuk membersihkan dan melakukan disinfektan kasur dan ruangan hotel. Robot ini diklaim tidak memiliki kandungan kimia sama sekali.

CleanseBot dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence), lampu UV-C yang dengan teknologi penyinaran ultraviolet penghapus kuman, dan 18 jenis sensor.

Ia mampu melakukan pembersihan dari segala arah dan diklaim bisa memusnahkan 99 persen bakteri dan kuman dari segala permukaan, khususnya kasur.

"Lampu UV-C yang terpasang di robot ini juga mampu memusnahkan virus yang beredar di udara," kata Ventur Studios.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bekerja 30-60 Menit

Untuk memusnahkan semua bakteri di kasur, cukup nyalakan robot dan ia akan bekerja 30-60 menit.

Menariknya, salah satu sensor robot mampu mendeteksi rintangan, sehingga bisa membuatnya bergerak fleksibel seperti menaiki bantal dan selimut.

Tak cuma kasur, CleanseBot juga bisa membersihkan perangkat elektronik lain, permukaan kasar, mainan anak-anak, hingga mainan hewan.

Ditopang baterai berkapasitas 3.700mAh, robot juga bisa berfungsi sebagai 'power bank' yang mampu mengisi ulang daya perangkat.

3 dari 3 halaman

Berapa Harganya?

Untuk saat ini, CleanseBot masih ada dalam tahap fundraising via KickStarter.

Rencananya, ia akan dijual pada April 2019 dengan harga sekitar US$ 99 atau setara dengan Rp 1,3 jutaan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.