Aplikasi Ini Bisa Bantu Deteksi Dini Kanker Payudara, Mudah Digunakan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 04 Feb 2019, 14:19 WIB
Diperbarui 04 Feb 2019, 14:19 WIB
Aplikasi Bantu Deteksi Dini Kanker Payudara
Perbesar
Aplikasi Bantu Deteksi Dini Kanker Payudara (Sumber: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Mendapat predikat dengan penderita kanker tertinggi dalam urutan 8 di Asia Tenggara dan urutan ke 23 di Asia, Indonesia selalu berusaha untuk melakukan pencegahan dan pengendalian. Khususnya kanker payudara dan leher rahim, yang merupakan kanker terbanyak di Indonesia.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim pada perempuan usia 30 – 50 tahun. Diantaranya dengan menggunakan metode Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) untuk payudara dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) untuk leher rahim.

“Selain upaya di atas, Kementerian Kesehatan juga mengembangkan program penemuan dini kanker pada anak, pelayanan paliatif kanker, deteksi dini faktor risiko kanker paru, dan sistem registrasi kanker nasional,” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono, pada acara temu media di kantor Kemenkes Jakarta (31/1/2019) mengutip dari kanal resmi Kementerian Kesehatan.

2 dari 3 halaman

Deteksi dini kanker payudara dengan mudah

Dalam rangka mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Indonesia, perlu adanya upaya masif yang dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kanker.

Nah, karena kanker payudara merupakan salah satu kasus kanker terbanyak di Indonesia, kamu sebagai perempuan juga harus update terhadap penyakit satu ini. 

Kini kamu bisa mencoba deteksi dini kanker payudara sendiri dengan mudah lho. Kamu bisa mencoba deteksi dini kanker payudara melalui aplikasi di smartphone. Di Indonesia sendiri kamu bisa menggunakan aplikasi Pita Pink. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk Periksa Payudara Sendiri (SADARI).

3 dari 3 halaman

Pita Pink

Pada aplikasi Pita Pink ini, terdapat tiga menu utama yang ditawarkan. Aplikasi milik Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ini menawarkan tes diri, tes klinik, serata mammogram. Pada menu tes diri, kamu akan dipandu untuk memeriksa payudara dan mengenali gejala-gejala kanker payudara.

Sedangkan untuk tes klinik dan mammogram, kamu difasilitasi untuk membuat jadwal periksa di klinik rekomendasi terdekat dengan posisi kamu. Selain itu, juga terdapat informasi kanker payudara, seperti gejala, faktor pemicu, dan mitos-fakta.

Jadi, mulai sekarang kamu bisa cegah kanker payudara dengan melakukan deteksi sedini mungkin, ya. Mulailah dengan SADARI dan peduli dengan kesehatan payudara dengan bantuan aplikasi ini.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by