Sukses

Ini Daftar Perusahaan yang Bakal Luncurkan Smartphone Layar Lipat

Kira-kira perusahaan mana yang sedang mengembangkan, atau baru mengajukan paten smartphone layar lipat?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, notch pada layar di iPhone X mengawali sebuah tren yang hingga saat ini menjadi salah satu fitur yang harus hadir di sebuah smartphone.

Bagaimana di 2019 ini? Meski banyak vendor masih mengadopsi desain notch di layar, beberapa pabrikan smartphone sudah melirik bentuk desain yang bakal menjadi tren pada tahun ini, yakni perangkat layar lipat.

Tak dapat dimungkiri, tren smartphone layar lipat memang semakin meningkat dan menjadi perhatian. Semua pabrikan teknologi dari Samsung, LG, Xiaomi, Huawei, Oppo, hingga startup yang tidak dikenal seperti Royole pun bersiap untuk mencuri perhatian dunia.

Selain vendor yang semakin pede menghadirkan smartphone layar lipat, Google, selaku pengembang software Android pun berkomitmen untuk menyediakan pengalaman OS terbaiknya ke dalam perangkat.

Nah, kira-kira perusahaan mana yang sedang mengembangkan, atau baru mengajukan paten? Dikutip dari laman CNET, Senin (4/2/2019), berikut ini daftar lengkapnya.

1. Royole FlexPai

Penampakan FlexPai, smartphone layar lipat pertama di dunia, saat sedang dilipat. (Foto: GSM Arena)

Dikembangkan oleh startup berkantor pusat di Fremont, California, Amerika Serikat (AS), Royole FlexPai memulai debutnya pada Oktober 2018.

Smartphone layar lipat ini memiliki layar AMOLED plastik 7,8 inci dan sudah dijual. Perangkat ini hadir dalam dua varian, yakni RAM 6GB+128GB, dan 8GB+256GB.

FlexPai tampak seperti buku ketika ditutup, dengan layar di luar. Smartphone ini sudah menggunakan OS yang disebut Air, dan dilapisi Android 9.0.

Bagaimana pun cara kamu memegang atau menekuk perangkat, layar perangkat bakal menyesuaikan dengan berbagai orientasi dan opsi tampilan yang berbeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Samsung Galaxy X atau Galaxy F

Penampakan smartphone layar lipat Samsung di dalam video. (Doc: Samsung Vietnam)

Samsung merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar yang juga ikut memperkenalkan smartphone layar lipatnya.

Meski belum ada nama yang pasti, smartphone yang disebut-sebut sebagai Galaxy X atau F ini diperkirakan akan dipamerkan pada 20 Februari 2019 dalam acara Unpacked di San Francisco, AS.

Kita sempat melihat penampakan smartphone layar lipat Samsung pertama kali saat konferensi pengembang di November 2018.

Walau tidak detail, perangkat ini memiliki layar 4,5 inci yang bisa dibuka hingga menampakkan layar berukuran 7,3 inci, dan akan menggunakan antar muka One UI baru Samsung.

3. Huawei

Selama Mobile World Congress Shanghai pada Juni 2018, Huawei sudah mengonfirmasi smartphone 5G pertamanya bakal diumumkan pada Februari dan meluncur di pasaran pada akhir Juni 2019.

Tak hanya itu, smartphone 5G pertamanya itu juga memiliki kemampuan layar yang dapat dilipat.

Seakan memperkuat kabar tersebut, Huawei juga berkali-kali mengungkap bakal mengumumkan sebuah perangkat baru pada ajang MWC 2019 di akhir bulan ini.

 

3 dari 4 halaman

4. Xiaomi Dual Flex atau Mix Flex

Smartphone layar lipat Xiaomi (Foto: Gizmochina)

Baru-baru ini, Xiaomi, pabrikan smartphone asal Tiongkok memperkenalkan smartphone layar lipatnya di platform media sosial Weibo.

Beda dari smartphone layar lipat yang sudah pernah kita lihat, yang hanya memiliki lipatan di tengah layar, kedua sisi perangkat Xiaomi justru dapat dilipat.

Salah satu pendiri dan presiden Xiaomi, Bin Lin mengatakan, bentuk desain ini lebih "praktis dan indah" dan memberikan pengalaman lebih baik saat digunakan dalam bentuk tablet atau telepon.

5. Apple - Rumor

Pada November 2017, Apple mengajukan paten untuk sebuah ponsel dengan layar dan bodi yang dapat dilipat. Menurut surat pengajuan tersebut, perangkat itu memiliki bagian yang fleksibel sehingga memungkinkan untuk dilipat.

Namun seperti biasa, perusahaan besutan Steve Jobs itupun tetap bungkam. Sejauh ini tidak ada informasi yang mengonfirmasi apakah Apple bakal mengembangkan smartphone layar lipat dalam waktu dekat ini atau di masa mendatang.

 

4 dari 4 halaman

6. Lenovo - Rumor

Dinamis, berenergi, dan lebih `playful`, demikian karakteristik dari logo teranyar Lenovo ini

Pada 2016, Lenovo memperkenalkan CPlus, smartphone yang dapat ditekuk hingga membungkus pergelangan tangan pengguna.

Walau saat ini hanya sebatas perangkat konsep, Lenovo telah membuat terobosan dengan merilis smartphone layar lipat.

Juli 2018, Lenovo mengajukan aplikasi paten untuk sebuah perangkat informasi portabel dengan kemampuan yang dapat dilipat.

7. LG - Rumor

Pada 2014 LG meluncukan G Flex, smartphone dengan layar melengkung. Baru-baru ini, perusahaan asal Korea Selatan itu memamerkan sebuah TV rollabel (digulung) pada ajang CES 2019.

Dengan teknologi tersebut, kita bisa mengetahui LG memiliki teknologi layar lipat, dan perusahaan dikabarkan sedang mengembangkannya.

Masih belum ada informasi kapan smartphone tersebut akan tiba, tetapi desas-desus LG akan mengungkap sebuah perangkat pada bulan ini.

Kita tunggu dengan sabar informasi apa yang bakal LG ungkap kali ini.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.