Nintendo Tunda Rilis Mario Kart Tour untuk Smartphone

Oleh Liputan6.com pada 02 Feb 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 02 Feb 2019, 08:00 WIB
Sebulan Dirilis, Game Mario Kart 8 Tejual 2 Juta Kopi
Perbesar
Foto: ubergizmo.com

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo menunda jadwal rilis gim Mario Kart Tour. Gim balap pertama dari Nintendo yang akan muncul di smartphone ini, merupakan seri spin-off dari Mario Kart yang sudah lama rilis.

Dilansir dari Gamespot pada Sabtu (2/2/2019), Mario Kart Tour dijadwalkan akan rilis pada akhir Maret.

Namun, melalui akun Twitter resminya, Nintendo menunda perilisan gim mobile tersebut hingga musim panas untuk memperluas konten layanan dan meningkatkan kualitas.

Gim balap dengan menggunakan berbagai kekuatan untuk menjadi juara ini, memang selalu hadir di setiap generasi konsol milik Nintendo.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Nintendo memutuskan untuk merilis spin-off Mario Kart ini untuk platform mobile.

Nintendo memang telah merilis sejumlah gim untuk platform mobile, seperti Dragalia Lost (2018), Animal Crossing: Pocket Camp (2017), Fire Emblem Heroes (2017), Miitomo (2016), dan Super Mario Run (2016). Namun, hanya gim Super Mario Run saja yang tersedia di Indonesia.

Sementara untuk gim balap terbaru pada platform Nintendo Switch, Mario Kart 8 Deluxe, kini mencapai penjualan lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia.

2 dari 3 halaman

Direncanakan Sejak 2015

Nintendo
Perbesar
Mario Kart 8 Deluxe untuk Nintendo Switch. (Sumber: Gamespot)

Sekadar informasi, rencana Nintendo untuk memboyong gim balapan ini memang sudah terdengar sejak 2015.

Rencana itu sempat diungkap oleh Presiden Nintendo, Satoru Iwata, pada presentasi laporan finansial perusahaan untuk 2015.

Ketika itu, Iwata menjelaskan soal rencana Nintendo untuk merilis gim mobile dengan menempatkan Konno dalam tim. Konno merupakan sosok yang dikenal selalu menggarap Mario Kart sejak Mario Kart DS.

Hal itu yang membuat banyak pihak memperkirakan Mario Kart sudah menjadi bagian rencana perusahaan. Karena itu, tak heran jika akhirnya Nintendo mengumumkan kehadiran gim ini untuk perangkat mobile

3 dari 3 halaman

Nintendo Resmi Tutup Layanan Miitomo

Kepastian Super Mario Tour hadir di smartphone ini dilakukan tak lama setelah Nintendo mengumumkan akan menutup layanan Miitomo, gim mobile perdananya. 

Dikutip dari CNET, kelangsungan gim akan resmi berakhir pada 9 Mei 2018.

Nintendo juga sudah mengumumkan sejumlah hal penting terkait berakhirnya layanan dari Miitomo. Pengembang asal Jepang itu memastikan setelah 9 Mei 2018, seluruh fitur di dalam aplikasi tak akan berfungsi.

Selain itu, item yang sudah didapatkan dalam permain, seperti pakaian, wallpaper, atau poster tak dapat digunakan. Pemain dapat memindahkan karakter Mii-nya ke akun Nintendo yang terhubung dengan Miitomo, tapi hal itu tak berlaku untuk informasi lain. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Nintendo memang sudah menunjukkan keseriusannya menggarap bisnis gim mobile

Perusahaan video gim asal Jepang itu pun sudah memiliki rencana meluncurkan dua atau tiga gim mobile setiap tahun. 

Hal itu diungkapkan langsung oleh Presiden Nintendo, Tatsumi Kimishima. Ia memastikan rencana Nintendo meluncurkan gim mobile setiap tahun.

Menurut Kimishima, Nintendo kini melihat area mobile sebagai pilar ketiga di bisnis perusahaan. Padahal sebelumnya, perusahaan hanya fokus pada area home dan konsol genggam.

(Surya Handika R/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓