Sukses

Nokia 5.1 Plus, Smartphone Jago Gaming Seharga Rp 2,6 Jutaan

HMD Indonesia resmi menjual smartphone kelas menengahnya Nokia 5.1 Plus.

Liputan6.com, Jakarta - Nokia melalui HMD Indonesia resmi menjual smartphone kelas menengahnya Nokia 5.1 Plus di pasar Indonesia.

Perangkat ini hadir menyasar kaum milenial yang suka gaming serta mereka yang aktif melakukan berbagai kegiatan sehari-hari di smartphone.

Dibanderol Rp 2,599 juta, Nokia 5.1 Plus hadir mengedepankan desain, kinerja dengan prosesor MediaTek Helio P60, dan fitur pencitraan Artificial Intelligence (AI) untuk membuat hasil foto lebih baik.

Head of Marketing Indonesia for HMD Global, Miranda Warokka mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar industri gim mobile global.

"Dengan menghadirkan berkembangnya multiplayer online battle arenas (MOBA), sesuai dengan pasar kami. Kami ingin menghadirkan sebuah smartphone yang tidak hanya berkinerja hebat dan AI cerdas, tetapi juga memungkinkan pengguna bisa menikmati pengalaman bermain gim yang canggih," kata Miranda di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Untuk itulah Nokia 5.1 Plus dihadirkan bagi pengguna di Indonesia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Nokia 5.1 Plus

Tampak depan Nokia 5.1 Plus. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Miranda mengatakan, Nokia 5.1 Plus memiliki sejumlah keunggulan, baik dari sisi desain hingga performanya.

Sekadar informasi, perangkat ini hadir degan layar HD+ berukuran 5,8 inci dan rasio layar 79 persen. Bodi belakangnya terbuat dari material logam kaku yang ditutup dengan material kaca bercampur polikarbonat sehingga membuatnya tetap kokoh.

Desain Nokia 5.1 Plus memiliki lengkungan-lengkungan 2,5D di tiap sisinya sehingga membuatnya nyaman digenggam.

Sementara menyoal otak, perangkat ini ditenagai dengan chipset Helio P60 dari MediaTek. Tak kalah dari prosesor merek lain di kelasnya, berdasarkan pengujian benchmark, Helio P60 memiliki performa yang tanggung saat dipakai untuk main gim.

"Bisa dibilang, Nokia 5.1 Plus ini merupakan smartphone rasa premium tetapi dengan harga yang tidak premium. Kompetitor yang menggunakan prosesor Helio P60 itu harganya di atas Nokia 5.1 Plus," tutur Product Trainer HMD Indonesia, Hafidz Faridhon.

Spesifikasi lain Nokia 5.1 Plus adalah kamera utama ganda 13MP dan 5MP serta kamera selfie 8MP. Kamera Nokia 5.1 Plus ini sudah didukung fitur stabilisasi vodeo elektronik untuk memastikan perekaman video stabil.

Tidak hanya itu, dukungan AI pada pencitraan memugkinkan Nokia 5.1 Plus untuk menghasilkan foto live bokeh yang baik. Apalagi, tingkat blur gambar pun bisa diatur setelah foto selesai dijepret.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Aman dengan RAM 3GB

Jajaran smartphone Nokia (Foto: screenshot)

Bicara performa, tak terlepas dari besaran memori yang diusungnya. Sekadar informasi, Nokia 5.1 Plus dibekali RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Namun demikian, pemerhati Gadget Lucky Sebastian yang turut hadir di acara mengatakan, RAM 3GB yang diusung Nokia 5.1 Plus ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Pasalnya, Nokia 5.1 Plus berjalan di sistem operasi Android One (versi Android Pie). Dengan Android One, antarmuka yang dipergunakan adalah antarmuka Pure Android atau Android murni seperti yang diterapkan pada Google Pixel.

Berbagai fitur yang hadir pada Android Pie hadir di Nokia 5.1 Plus. Di antaranya yang sangat berguna adalah adaptive battery.

"Fitur ini mempelajari habit pengguna saat memakai smartphone. Jadi ketika yang dibuka aplikasi gim, aplikasi lain selain gim akan dikunci sehingga tidak memenuhi RAM," tutur Lucky.

Tidak hanya itu, dengan Android One ini, perangkat Nokia 5.1 Plus akan tetap mendapatkan update hingga tiga tahun ke depan karena adanya patch keamanan bulanan dan dua tahun pembaruan OS terbaru.

Sementara, untuk kapasitas baterai Nokia 5.1 Plus adalah 3.060mAh. Perangkat ini sudah bisa dibeli dengan opsi warna Gloss Black, Gloss White, dan Gloss Midnight Blue.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.