Sukses

Terkuak, Begini Cara Hacker Bobol Data Kita Lewat WiFi Gratisan

Ternyata, begini cara hacker membobol data dan mengintai kita lewat WiFi gratis yang tersedia di fasilitas publik.

Liputan6.com, Jakarta - Tentunya kamu sering menggunakan koneksi internet dari WiFi gratisan yang ada di tempat publik, seperti bandara, kedai kopi, mal, dan juga restoran.

Mulai sekarang, kamu harus waspada karena ada bahaya yang mengintai. Hacker bisa dengan mudah membobol data dan mengetahui apa saja yang sedang kamu akses di smartphone atau perangkat lainnya secara realtime.

Hal tersebut dibuktikan oleh pakar keamanan siber di Check Point Software Technologies bernama Dan Tan.

Mengutip laman Channel News Asia, Minggu (27/1/2019), Tan mempraktikkan betapa mudahnya seorang hacker mencuri data pengguna melalui jaringan WiFi gratis.

Tak hanya itu, hacker juga bisa mengetahui apa yang dilakukan oleh pengguna ketika menghubungkan perangkatnya ke jaringan WiFi tersebut.

Ditemani host tayangan 'Why It Matters', Joshua Lim, Tan dapat mengetahui apa yang sudah Joshua lakukan dengan smartphone-nya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Password Juga Bisa Diketahui Hacker

Tan bahkan mampu mengetahui kalau Joshua sedang berselancar di internet dan mencari berita tentang meninggalnya Stan Lee.

Dijelaskan Tan, hacker yang sudah mendapatkan akses ke smartphone korban juga mampu mengetahui password, melihat email, dan juga mengakses berbagai dokumen.

"Saat men-download aplikasi WiFi gratis buatan hacker, mereka sudah langsung mendapatkan akses ke semua fitur smartphone korban," ucap Tan.

Diperlihatkan, Tan dapat mengirim file dan mencuri dan mendengar percakapan korban tanpa sepengetahuan.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mencegahnya

"Dengan data-data yang dicuri, hacker dapat menirukan kamu, mengetahui pernah bertemu dengan siapa saja, dan dapat tahu informasi tentang teman-teman kamu," kata Tan.

Lalu bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi terhadap kamu? Tan mengatakan, hal pertama yang tidak boleh dilakukan ketika memakai jaringan WiFi gratis adalah memasukkan informasi pribadi ke layanan apapun.

Selain itu, kamu harus mempertimbangkan untuk menginstal solusi keamanan terpercaya di perangkat mobile yang digunakan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.