Sukses

Smartphone 5 Kamera Nokia Bakal Terungkap di MWC 2019

Kabar mengenai smartphone lima kamera Nokia ini kembali muncul lewat teaser yang disebar perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah vendor besar memastikan diri besar akan mengumumkan smartphone andalannnya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019. Beberapa di antaranya adalah LG, Sony, termasuk Nokia dari HMD Global

Nokia sendiri sudah mengonfirmasi akan menggelar acara pada 24 Februari 2019. Kini, informasi seputar acara itu kian jelas karena HMD Global telah merilis teaser resmi.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (28/1/2019), dalam acara itu HMD Global kemungkinan besar akan memperkenalkan Nokia 9 Pureview. Smartphone ini begitu menarik perhatian karena disebut-sebut akan memiliki lima kamera atau disebut penta kamera.

Terlebih dalam teaser yang muncul, HMD Global seakan sudah membenarkan rumor yang beredar sebelumnya. Sebab, dalam teaser itu ditampilkan gambar siluet kamera belakang yang memiliki lima lensa.

Melalui teaser itu pula, HMD Global diprediksi kembali mengusung aroma nostalgia di smartphone ini sebab menampilkan tagline throwback. Kata-kata itu disebut merujuk pada penggunaan teknologi Pureview yang kembali dipakai di Nokia 9.

Selain Nokia 9 Pureview, HMD Global dilaporkan setidaknya akan merilis dua model smartphone lain, yakni Nokia 8.1 Plus dan Nokia 1 Plus. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi yang akan dilakukan bulan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HMD Global Geber Peluncuran Android Pie ke Smartphone Nokia

HMD Global sudah merilis pembaruan Android 9.0 Pie untuk smartphone Nokia sejak tahun lalu. Namun, tak semua model bisa merasakan pengalaman memakai sistem operasi Android paling anyar tersebut.

Oleh sebab itu, HMD Global berencana untuk menggeber pembaruan Android Pie untuk seluruh smartphone Nokia.

Perusahaan asal Finlandia ini juga sudah menyiapkan jadwal rilis sistem operasi tersebut.

Dikutip dari Android Authority, Kamis (24/1/2019), Nokia 5 dan Nokia 3.1 Plus dapat merasakan manisnya Android Pie dalam beberapa hari ke depan.

Menurut perkiraan, pembaruan akan menyambangi dua smartphone itu pada akhir pekan ini.

Sementara Nokia 6, menurut CPO HMD Global Juho Sarvikas, dijadwalkan akan mendapatkan Android Pie dalam satu hingga dua minggu mendatang.

Menurut Sarvikas, perusahaan masih memoles fitur Dolby Atmos sebelum rilis. 

Menyusul tiga smartphone itu, ada Nokia 1 dan Nokia 3 sebagai model terakhir yang mendapat pembaruan ke Android Pie.

Berdasarkan jadwal yang disiapkan, keduanya akan mendapatkan pembaruan pada awal kuartal kedua 2019.

Sayang, HMD Global tidak mengungkap lebih lanjut mengenai rencana peluncuran untuk model lain. Namun dengan pola saat ini, besar kemungkinan seluruh smartphone Nokia dapat merasakan pembaruan pada pertengahan 2019.

Sekadar informasi, komitmen HMD Global untuk melakukan pembaruan Android terkini ke seluruh perangkatnya harus diakui menjadi nilai lebih. Terlebih, perusahaan menjanjikan pembaruan hingga dua tahun.

3 dari 3 halaman

Nokia 8.1 Punya Lubang untuk Kamera Depan?

Informasi baru tentang smartphone HMD Global (HMD) kembali muncul. Kali ini, beredar bocoran tentang desain Nokia 8.1 Plus.

Dilansir GSM Arena, berdasarkan gambar yang beredar tersebut, Nokia 8.1 Plus memiliki lubang di sisi kiri atas yang merupakan letak kamera depan. Namun, tidak ada keterangan soal spesifikasi kamera ini.

Kemudian di bagian belakang, terdapat dua kamera dengan optik Zeiss. Tidak ada lima kamera belakang seperti yang disebut akan dimiliki oleh Nokia 9.

Nokia 8.1 Plus juga memiliki sensor sidik jari di bodi bagian belakang. Letak sensor sidik jari ini berada di bawah flash kamera belakang.

Lebih lanjut, kendati mengusung nama "Plus", tetapi ukuran layarnya tidak jauh berbeda dibandingkan Nokia 8.1.

Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,22 inci, sedangkan Nokia 8.1 berukuran 6,18 inci.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.