Sukses

Nokia 5 Cicipi Android Pie

HMD Global merilis sistem operasi (OS) Android 9 Pie untuk smartphone Nokia 5.

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global (HMD) akan merilis OS Android 9 Pie untuk jajaran smartphone Nokia. Salah satu yang sudah mendapatkan OS terbaru itu adalah Nokia 5.

Dilansir GSM Arena, Senin (28/1/2019), peluncuran OS tersebut diumumkan oleh Chief Product Officer HMD, Juho Sarvikas, melalui akun Twitter miliknya.

"Saya senang sekali mengumumkan bahwa Nokia 5 (2017) telah mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie! Ponsel Nokia semakin menjadi lebih baik," tulis Sarvikas.

Peluncuran OS ini dinilai membuat HMD sebagai yang tercepat merilis pembaruan OS untuk perangkat non flasghsip.

Nokia 5 merupakan smartphone kelas menengah HMD yang dirilis pada 2017. Saat dijual pertama kali, smartphone ini hadir dengan OS Android 7.1.1 Nougat, kemudian menerima pembaruan ke Androi d8.0 Oreo pada tahun lalu.

Sama seperti pembaruan software lain, semua Nokia 5 akan dapat mencicipi Android Pie. Namun peluncuran OS ini biasanya akan dilakukan secara bertahap untuk semua pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HMD Pernah Garap Tablet dan Smartwatch Nokia

Lebih lanjut, HMD dilaporkan pernah memiliki produk di luar smartphone, yakni tablet dan smartwatch, dengan label Nokia. Namun, kedua varian tersebut tidak sampai meluncur di pasar.

Menurut seorang sumber, HMD pernah mengembangkan smartwatch, tapi kemudian memutuskan menghentikannya. Rincian tetang produk tersebut tidak diketahui. Namun, kemungkinan OS yang digunakan adalah Wear OS.

Tablet HMD pun mengalami nasib serupa. HMD disebut menggunakan merek Nokia pada tablet tersebut.

Pihak HMD sendiri tidak pernah menyinggung kedua varian produk tersebut. Sebaliknya, perusahaan beberapa waktu lalu menegaskan saat ini tidak punya rencana mengeksplorasi kategori produk lain karena tengah fokus pada bisnis smartphone.

Salah satu yang tengah dilakukan perusahaan asal Finlandia tersebut yaitu meningkatkan bisnisnya di Amerika Serikat (AS). Selain itu, juga lebih fokus pada flagship terbarunya.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.