Cara Membuat BBM Baru untuk Kamu yang Ingin Nikmati Fitur Terbaru

Oleh Liputan6.com pada 23 Jan 2019, 12:01 WIB
Diperbarui 23 Jan 2019, 12:17 WIB
Blackberry

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu pengguna perangkat BlackBerry, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan BBM alias BlackBerry Messenger. Selain pada BlackBerry, BBM juga dapat digunakan pada perangkat Android, iOS, atau Windows Phone.

BBM adalah salah satu aplikasi pesan instan untuk perangkat mobile yang paling banyak digunakan saat baru rilis pada Agustus 2005. Dahulu BBM hanya terbatas bagi pengguna perangkat BlackBerry. Namun pada tahun 2013, BBM dapat dinikmati pada perangkat Android, iOS, dan Windows.

Sayang, BBM sendiri sempat seperti ditinggalkan karena persaingan dari aplikasi serupa. Namun kini BBM rupanya bangkit kembali dengan menawarkan beragam fitur terbaru yang tak kalah menarik.

Terhitung Juni 2016, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) telah resmi membeli BlackBerry Messenger, satu produk dari BlackBerry Limited, dengan nilai mencapai Rp 2,9 triliun. Kesepakatan senilai $207,5 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun ini bakal berlangsung selama 6 tahun, dan akan memungkinkan Emtek untuk menggabungkan layanan mereka dengan BBM. Satu hal yang perlu dicatat adalah kesepakatan ini berlaku untuk BBM saja, tanpa menyertakan layanan BlackBerry Enterprise.

2 dari 4 halaman

Fitur Menarik pada BBM

Ilustrasi BlackBerry
Ilustrasi BlackBerry (Liputan6.com/Sangaji)

BBM pun kini terus berkembang dari aplikasi pesan yang terbatas pada fungsi komunikasi (teks dan video), menjadi suatu ekosistem sosial yang menyatukan fungsi chatting, sosial, bisnis dan jasa, termasuk juga game. Hingga saat ini BBM terus mengembangkan fitur-fiturnya. Berikut fitur-fitur pada BBM:

1. Pesan Berwaktu

Fitur ini memungkinkan kamu mengatur pengiriman pesan sesuai waktu yang diinginkan. Pesan-pesan tersebut hanya akan muncul dalam kurun waktu yang diinginkan, setelah itu pesan tersebut akan hilang. Fitur ini merupakan fitur yang cocok untuk merencanakan kejutan ulang tahun atau pesta peringatan hari jadi.

2. Glympse

Dengan fitur ini, kamu dapat mengirim lokasi secara real time di mana sedang berada. Kamu tak perlu lagi mengirim pesan on the way karena kamu telah memberi akses pada teman-teman untuk melihat perjalananmu secara real time.

3. Tarik Pesan

Jika kamu melakukan kesalahan dalam pengetikan pesan, atau salah mengirim pesan pada orang lain, BBM memberi kamu kesempatan kedua. Kamu dapat menarik kembali pesan yang telah dikirim dengan fitur Tarik Pesan ini.

4. Groups

Fitur ini memungkinkan kamu membentuk sebuah group chat. Kamu dapat terhubung secara intens dengan orang-orang terdekat melalui group chat ini. Pada fitur ini kamu dapat berbagi pesan, foto, video, dan masih banyak lagi.

5. PING!

Fitur ini merupakan fitur yang paling terkenal sejak awal munculnya BBM. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui temanmu sedang membuka BBM atau tidak. PING! juga biasa digunakan untuk memberi kode agar temanmu segera membaca pesan.

6. Stiker/BBMoji

Saat ini BBM telah dilengkapi dengan fitur stiker. Dengan ribuan stiker yang ada, pasti ada yang bisa kamu pilih untuk mengungkapkan apa yang ingin dikatakan.

7. Panggilan Suara dan Panggilan Video Gratis

BBM juga memiliki fitur panggilan suara dan video. Kamu tidak perlu khawatir kehilangan banyak pulsa untuk menghubungi teman. Cukup dengan BBM yang terkoneksi internet, kamu dapat melakukan panggilan suara maupun video secara gratis.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat BBMoji

BBM
Tampilan BBMoji di BBM (sumber: google play store)

Kamu juga dapat membuat stiker sendiri dengan wajahmu atau teman menggunakan BBMoji. Dengan BBMoji pengguna dapat membuat kartun lucu dan emoticon animasi dengan beragam pilihan ekspresi.

Bagi kamu yang tertarik membuat BBMoji, cukup memasang BBM versi terbaru yang tersedia di App Store dan Google Play. Setelah mengunduh versi terbaru, kamu tinggal membuka BBM dan simak langkah lengkapnya berikut ini:

1. Pilih kolom perbincangan yang ingin diakses

2. Klik ikon stiker yang berada di bagian bawah

3. Pilih tab BBMoji dan klik 'Create Your Avatar' dan kamu akan diminta memberikan izin akses pada BBMoji

4. Klik 'Allow' di halaman pengesahan untuk menautkan BBMoji ke akun BBM milikmu

5. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke aplikasi BBMoji untuk membuat stiker pribadi

6. Selanjutnya, ambil foto selfie atau unggah foto yang sudah tersedia

7. Pilih jenis kelamin dan usia

8. Sesuaikan avatar dengan dirimu, baik mata, bentuk wajah, hingga gaya rambut. Tak lupa, tambahkan aksesoris yang sudah tersedia

9. Klik 'Save' setelah semuanya selesai, dan kamu akan diarahkan ke laman depan BBMoji

10. Terakhir, pilih 'Start using in BBM' untuk mulai berbagi emoji tersebut dan mengunakannya dengan orang lain.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat BBM Baru

Ilustrasi Blackberry
Ilustrasi Blackberry (Liputan6.com/Sangaji)

Setelah mengetahui fitur-fitur di atas, kamu mungkin tertarik untuk mempunyai akun BBM. Cara membuat BBM baru sangatlah mudah. Kamu cukup mengunduh aplikasinya dan mendaftarkan diri menggunakan email atau nomor handphone.

Berikut Liputan6.com rangkum cara membuat BBM baru bagi kamu yang ingin memiliki akun BBM, Rabu (23/1/2019).

1. Cara membuat BBM yang pertama adalah terlebih dahulu kamu harus menginstal aplikasi BBM di HP. Kamu dapat mengunduh aplikasi BBM di Play Store untuk Android atau AppStore untuk iPhone.

2. Setelah BBM terinstal, kamu dapat langsung membuat akun BBM menggunakan nomor HP atau email.

3. Jika kamu memilih cara membuat BBM dengan menggunakan nomor HP, maka kamu diminta untuk memasukkan nomor HP yang aktif. Masukkan nomor HP-mu lalu piih next. Namun jika kamu memilih cara membuat BBM menggunakan email, kamu dapat memasukkan alamat email dan akan dikirimkan kode verifikasi melalui email.

4. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS/email. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang diminta.

5. Setelah memasukkan kode verifikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan nama atau username. Masukkan nama sesuai keinginanmu. Nama ini akan muncul pada profil dan kamu dapat mengubahnya semaumu.

6. BBM akan meminta persetujuanmu untuk mengakses kontak pada perangkat agar kamu dapat dengan mudah terhubung dengan teman dan keluarga yang menggunakan BBM.

7. BBM baru telah selesai dibuat. Kamu sudah dapat menggunakan fitur-fitur yang ada pada BBM.

 

 

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Lanjutkan Membaca ↓
Intip Vivo V19, Smartphone Kekinian dengan Lubang di Layar