Sukses

Belia, Becak Listrik Asal Yogyakarta yang Ditopang OS Android

Becak terobosan baru ini dinamakan Belia, kependekan dari Becak Listrik Android.

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma Malioboro dan Tugu Yogyakarta, salah satu ikon pariwisata yang dimiliki Jogja adalah becak.

Kendaraan roda tiga yang dikayuh ini punya daya tarik tersendiri. Becak menjadi kendaraan tradisional yang masih eksis hingga kini berdampingan dengan delman.

Jika kamu berkunjung ke Malioboro, dijamin sejauh mata memandang akan banyak melihat dua kendaraan tradisional itu.

Namun, karena menggowes becak dengan penumpang di atasnya tidaklah mudah, hadirlah modifikasi teknologi dari kendaraan kayuh ini, yakni becak motor yang juga akrab disingkat menjadi bentor.

Ya, kendaraan modifikasi tersebut melanggar pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang mengubah tipe kendaraan bermotor.

Untuk menanggulangi dilema masalah bentor di Yogyakarta, Rudi Winarso kemudian datang dengan menawarkan karya berupa becak listrik yang dilengkapi dengan sistem operasi (OS) Android. Becak terobosan baru ini dinamakan Belia, kependekan dari Becak Listrik Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Diciptakan Belia

Ditemui Brilio di workshop-nya, Rudi mengungkapkan kalau ide ini berawal dari masalah dilarangnya bentor beroperasi di Jogja.

Sebab menurut data yang ia peroleh, di Jogja ada setidaknya 2700 becak motor yang bernaung di Paguyuban Becak Motor Yogyakarta.

"Mereka merasa resah karena hampir tiap minggu ada razia dari kepolisian. Itu kan harus ada solusi, makanya kita menciptakan becak dengan tenaga bantu tenaga dinamo listrik," tuturnya.

Konsep dari becak listrik ini sebenarnya hanya modifikasi dari becak kayuh tradisional.

Becak tradisional itu kemudian dipasangi sistem kelistrikan berupa tenaga dari aki dan dinamo listrik jenis Brushless Direct Current (BLDC), sebagai mesin penggerak kapasitas 350 watt.

Rudi juga mengatakan kalau becak buatannya ini sesuai dengan Perda DIY Nomor 5 Tahun 2016 tentang Moda Transportasi Becak dan Andong. Belia juga tidak melanggar UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk masalah keamanan penumpang maupun pebecak nantinya tak perlu khawatir, karena becak digerakkan tenaga aki dan dinamo,

Belia juga dilengkapi dengan keamanan gas, rem dan lampu sesuai standar. Untuk gas becak ini punya kontroler yang akan mengatur kecepatan. Kecepatan yang diatur maksimal hanya 25 kilometer per jam.

"Kalau pihak kepolisian mengizinkan sampai 25 kilometer per jam. 20 kilometer per jam itu sangat bagus karena di zona wisata pasti macet. Untuk prototype ini kita batasi 25 kilometer per jam. Ada stopper di gasnya," jelas Rudi.

Untuk urusan rem, becak modifikasi ini punya dua sistem pengereman. Satu memakai rem kampas tradisional, satu lagi pakai kampas sepeda motor cakram di roda belakang. Becak buatan Rudi dan tim ini juga punya kelengkapan keamanan lain seperti lampu utama dan lampu sein.

Selain menerapkan inovasi pada tenaga penggerak, Rudi Winarso juga membuat teknologi informasi pada becak ini.

Belia akan dilengkapi dengan OS Android. Nantinya, becak ini bisa dimanfaatkan penumpang untuk mengakses informasi wisata Jogja lewat aplikasi 'Jogja Istimewa'.

3 dari 4 halaman

Sistem ala Ojek Online

Teknologi tersebut tak cuma diterapkan ke penumpangnya saja. Pengayuhnya pun juga.

Ke depannya, Budi mengatakan kalau sistem Belia akan digunakan mirip ojek online.

Jadi, penumpang bisa memesan becak lewat aplikasi. Penumpang juga akan tahu lebih dulu berapa tarif yang dikenakan jika ingin menggunakan jasa becak ini.

Lalu, apa keuntungan yang bakal didapatkan pengayuh becak dengan adanya Belia ini?

Rudi secara gamblang menjelaskan kalau pebecak akan mendapatkan banyak keuntungan.

Pengayuh setidaknya akan teredukasi dengan teknologi pesanan berbasis aplikasi ini. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan edukasi perbankan.

Sebab, Belia nantinya akan bekerja sama dengan bank dan menerapkan pembayaran non-tunai.

"Karena dalam amatan kita, teman-teman pengayuh becak sehari mendapat Rp 800 ribu-Rp 1 juta itu bukan hal yang luar biasa buat mereka. Dapatnya segitu ya habisnya hari itu juga. Nah, nanti kalau kita edukasi sistem perbankan dia ngambilnya harus pakai ATM, harus pakai bank kan mengurangi angka keborosan," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Sudah Mulai Uji Coba

Setelah melalui perjalanan panjang, Belia mulai diuji coba di jalanan Kota Yogyakarta pada November 2018.

Pada Desember 2018, satu prototype Belia juga sudah dikirimkan ke Dirjen Perhubungan Darat di Jakarta untuk meminta semacam rekomendasi kepada Gubernur DIY.

"Jadi skemanya Dirjen Perhubungan Darat itu buat surat kepada Gubernur DIY yang nanti monggo diatur di daerah, semacam rekomendasi. Nanti yang mengatur skemanya tetap daerah. Terus perkara nanti sistem peremajaannya bagaimana, ya, kita bahas bareng-bareng lagi," pungkas Rudi.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.