Sukses

Celah Keamanan di Aplikasi ES File Explorer Ancam Data Pengguna Android

Berfungsi untuk mengatur data di dalam media penyimpanan di smartphone atau tablet Android, nyatanya ES File Explorer memiliki celah keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu pengguna Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama ES File Explorer.

Aplikasi berfungsi untuk mengatur data di dalam media penyimpanan smartphone atau tablet Android. Namun, ternyata aplikasi tersebut memiliki celah keamanan.

Kabar ini terungkap setelah seorang peneliti keamanan, Baptiste Robert, menemukan kerentanan di dalam aplikasi yang memungkinkan peretas mengakses informasi sensitif di perangkat pengguna. Demikian dilansir TechCrunch, Kamis (17/1/2019).

Menurut Baptiste (aka Elliot Alderson di forum online), ES File Explorer menyertakan akses web server tersembunyi (port 59777) di dalam aplikasi.

Meskipun Robert tidak sepenuhnya yakin mengapa ada web server di dalam ES File Explorer, ia menyimpulkan peretas dapat mengakses ke perangkat dengan menggunakan jaringan port itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peretas Bisa Akses Segalanya

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Secara teori, peretas dapat mengambil hampir semua file yang ada di dalam perangkat Android, termasuk foto, video, teks, dan lain-lainnya. Mereka juga dapat mentransfer file curian tersebut ke server lain--milik mereka.

Yang pasti, celah keamanan ini hanya menjadi masalah jika kamu berada di jaraingan yang sama dengan peretas.

Dengan kata lain, bahaya kerentanan ini semakin kecil terjadi di rumah, ketimbang saat kamu berada di jaringan publik seperti di coffee shop, bandara, atau tempat umum lainnya yang menyediakan jaringan Wifi gratis.

ES Global, selaku pengembang aplikasi tersebut hingga saat ini belum memberikan pernyataan resmi terkait kerentanan di dalam aplikasi buatan mereka.

 

3 dari 3 halaman

Apa Itu ES File Explorer

Ilustrasi Hacker

ES File Explorer--yang sudah diinstal lebih dari 100 juta kali--adalah aplikasi pengelola file yang sangat sederhana dan efektif untuk pengguna Android.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat di download secara gratis dengan pilihan untuk meningkatkan layanan ke ES File Manager Pro, untuk menghapus iklan dan menawarkan pilihan fitur baru.

Jadi, apakah kamu masih akan tetap menggunakan aplikasi ES File Explorer?

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.