Sukses

Samsung Galaxy S8 Siap Cicipi Android Pie

Samsung tengah menyiapkan peluncuran OS Android Pie untuk Galaxy S8, S8+, dan Note 8.

Liputan6.com, Jakarta - Para vendor smartphone tengah menyiapkan update OS ke Android Pie untuk sejumlah produknya, termasuk Samsung.

Menurut laporan, Samsung tengah menyiapkan peluncuran OS tersebut untuk Galaxy S8, S8+, dan Note 8.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (19/1/2019), tiga smartphone tersebut dilaporkan sudah menjalani sejumlah pengujian serupa dengan Galaxy S9, S9+, dan Note 9, untuk bisa mendapatkan pembaruan ke Android Pie.

Selain itu, pendaftaran untuk bisa mencicipi OS tersebut (program beta) juga sudah dibuka.

Di India, program Android Pie beta itu telah dibuka untuk Galaxy Note 8 pada Selasa (15/1/2019). Setelahnya, S8 dan S8+ telah menyusul.

Selain itu, para pengguna Galaxy Note 8 di sejumlah pasar seperti Inggris dan Korea Selatan, juga bisa mengikuti program beta tersebut. Galaxy S8 dan S8+ pun akan segera menyusul.

Sebelum menjajal versi beta tersebut, para pengguna sebaiknya mengamankan atau membuat cadangan data yang ada di dalam smartphone terlebih dahulu. Hal ini disebabkan software tersebut belum sepenuhnya sempurna, mengingat ini bukan versi stabil.

Untuk bisa mengikuti program pengujian ini, para pengguna ketiga smartphone Samsung tersebut harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi Samsung Members.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Jadwal Peluncuran Android Pie untuk Smartphone Samsung

Samsung sebelumnya mengungkapkan jadwal peluncuran Android Pie untuk produknya di Samsung Members.

Namun, tidak ada keterangan tentang negara yang akan mendapatkan pembaruan tersebut.

Berdasarkan laporan yang beredar pada akhir tahun lalu, Galaxy S8 dan S8+ disebut akan mendapatkan pembaruan ke Android Pie pada Maret 2019, bersamaan dengan Note 8.

Sementara Galaxy A8, A8+, A7 2018, A9 2018, dan Galaxy Tab S4 10,5 akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut pada April 2019. Kemudian, Samsung pada Mei 2019 berencana merilis Android Pie untuk Galaxy J4,J4+, J6, J6+ dan A8 Star.

Galaxy J7 2017 dan J7 Duo bakal mencicipi OS terbaru itu pada Juli dan Agustus 2019. Ada tiga varian perangkat Samsung yang akan mendapatkan Androi Pie pada September 2019, yaitu Galaxy Xcover4, J3 2017, dan Tab S3 9,1 inci.

Galaxy Tab A 2017, Tab Active2, dan Tab A 10,5 inci menjadi yang terakhir mendapatkan pembaruan pada Oktober 2019.

Kendati ini adalah jadwal resmi, masih ada kemungkinan perubahan jika Samsung merasa pembaruan OS tersebut belum siap dirilis untuk produknya.

3 dari 3 halaman

Samsung Punya Harapan Besar pada Galaxy S10 dan Ponsel Lipat

Terlepas dari Android Pie, CEO bisnis smartphone Samsung Electronics, Koh Dong-jin, tengah berupaya keras melakukan terobosan untuk memperkuat bisnisnya.

Ia menyoroti dua produk baru yang akan membantu perusahaan mewujudkannya, yakni Galaxy S10 dan ponsel lipat komersial pertama pada tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koh dalam sebuah pesan kepada para eksekutif, serta karyawan divisi komunikasi mobile dan teknologi informasi perusahaan, beberapa waktu lalu.

"Saya minta maaf atas status bisnis smartphone Samsung yang sedang berjuang, dan akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi krisis dengan Galaxy 10 dan ponsel lipat," ungkap Koh.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.