Sukses

Kisah Engineer BBM Kembangkan Fitur Group War

Penasaran seperti apa kisah di balik pengembangan fitur Group War di BBM? Simak kisahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun lalu, BBM merilis fitur baru yang diberi nama Group War. Kehadiran Group War terbilang sangat istimewa, karena ini merupakan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chat bot dan dompet digital dalam satu platform grup chat.

Kehadiran fitur ini tidak lepas dari tim engineer BBM yang sudah mempersiapkannya selama lima bulan, mulai Juli 2018.

Awalnya, pengembangan fitur ini dilakukan oleh tiga orang engineer, yakni Michael Himawan (Lead Engineer), Agung Prasetyo, dan Dimas Angga Saputra.

"Tantangan waktu itu adalah bagaimana sebuah pesan dari bot dapat dikirimkan ke ribuan grup chat secara bersamaan dan menghitung ratusan ribu lebih jawaban dari pemain dan menyaring jawaban benar," tutur Michael dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (16/1/2019).

Setelah tiga bulan pengembangan, tim mulai melakukan internal testing pada akhir September. Internal testing dilakukan untuk mendapatkan feedback langsung dari pengguna.

Saat internal test dilakukan, tim menemukan kendala di kecepatan server dalam menerima jawaban dari pengguna dan proses kalkukasi poin jawaban benar. Tantangan lain adalah integrasi layanan DANA ke dalam Group War.

Padahal, hadiah peserta harus masuk dalam hitungan detik setelah pemenang diumumkan. Untuk itu, koordinasi dengan DANA dibutuhkan termasuk menambah jumlah engineer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambah Tim Kembangkan Group War

BBM pun menambah tim engineer Group War dengan bergabungnya Yosfik Alqadri dan Jovin Angelico sebagai developer. Lalu, ada Devi Aprianti, Lilik Suryanti, dan Reky Rolen Kencana sebagai test engineer.

Bertambahnya anggota, membuat tim engineer Group War melakukan investigasi berbagai bottleneck yang ditemukan selama internal test. Tim Group War juga melakukan koordinasi dengan tim lain seperti messaging dan GGB untuk menyelesaikan sejumlah hal.

"Kami terus melakukan tes performa untuk menemukan dan memperbaiki bug, dibantu tim Messaging dan GGB. Tim Messaging dan GGB membantu perbaikan dari sisi kecepatan transfer pesan dari device ke server Group War, sementara kami memperbaiki kecepatan perhitungan poin," tutur Agung.

Lewat investigasi secara end-to-end, tim engineer BBM dapat mempelajari banyak hal baru tentang arsitektur dan karakteristik teknologi (library dan framework) yang digunakan.

"Sehingga kita dapat membuat strategi optimalisasi baru yang diterapkan pada aplikasi dan server," tutur Devi.

Saat ini, Group War telah dapat dinikmati oleh jutaan pengguna BBM di Indonesia secara lancar. Namun tidak berhenti, tim dipastikan tengah mempersiapkan sejumlah peningkatan fitur untuk versi BBM terbaru yang rilis pada Januari 2019.

"Ini adalah sebuah konsep yang menarik dan baru untuk sebuah aplikasi chat. Untuk itu, kami terus mengembangkan Group War untuk meningkatkan pengalaman bermain Group War," tutur Dimas.

3 dari 3 halaman

Makin Seru, BBM Kini Luncurkan Kuis Group War

Lewat fitur bernama Group War, BBM menghadirkan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chatbot dan dompet digital dalam satu platform group chat.

Dengan integrasi tersebut, kuis dengan total hadiah ratusan juta dapat langsung dibagikan pada para pemenang melalui chat. Nantinya, hadiah langsung masuk dalam saldo dompet digital DANA di BBM.

Jadi, begitu satu sesi kuis berakhir, hadiah tersebut dapat langsung ditransfer langsung ke rekening bank atau langsung digunakan di berbagai merchant di seluruh Indonesia, seperti Bukalapak, Tix.id, hingga KFC.

"Tim produk dan teknologi BBM sangat bangga fitur ini dilahirkan asli dari kantor Jakarta dan terpacu untuk terus menciptakan fitur khas Indonesia dan mampu merekatkan hubungan antar teman atau keluarga," tutur VP Product BBM Hadikusuma Wahab dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (21/12/2018).

Group War sendiri hadir untuk menambah keseruan interaksi antara teman dan anggota keluarga.

Sebab, setiap grup BBM bersaing mengasah pengetahuan untuk memenangkan hadiah dengan menjawab secara bersama-sama pertanyaan yang diberi bot Group War.

Untuk menjajal fitur ini, pengguna BBM versi terbaru cukup mengundang bot Group War ke dalam group chat mereka. Lalu, setiap pukul 12.30 WIB (kecuali Jumat pukul 13.30 WIB) dan 18.30 WIB, bot akan memberikan pertanyaan untuk dijawab bersama.

Kerjasama antar anggota grup sangat penting untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Semakin tinggi poin grup BBM, peluang untuk mendapatkan hadiah akan semakin besar.

"BBM memiliki misi sebagai aplikasi sosial dari Indonesia yang membantu orang Indonesia lebih produktif dan terhubung. Kami percaya Group War dapat meningkatkan pengetahuan dan interaksi positif, sekaligus meningkatkan inklusi digital di masyarakat," tambah Hadikusuma.

Bagi kami yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dapat mengunjungi situs Groupwar.id. BBM sendiri saat ini sudah dapat diunduh di platform Android dan iOS.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.