Sukses

Macam-macam Browser, Fungsi dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet

Kehadiran browser memudahkan manusia untuk berselancar di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta Di era digital seperti saat ini, internet sudah bukan hal yang asing lagi. Kaum millenial seperti sudah diharuskan untuk melek internet sedini mungkin. Banyak hal yang bisa dilakukan saat anda semakin melek internet.

Anda bisa mendapatkan segala informasi yang diinginkan melalui internet melalui browser. Namun, jangan cepat lengah pada kecanggihan dari internet ini. Anda harus bisa memanfaatkan internet dengan bijak. Jangan sampai internet malah memperbudak diri anda.

Sebelum jauh membahas tentang internet, berikut akan dibahas satu per satu terlebih dahulu beberapa hal yang menyangkut tentang internet.

Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet.

Web browser sendiri adalah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada di dalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya.

Kini seiring dengan perkembangan teknologi kehadiran macam-macam browser semakin memudahkan manusia untuk berselancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fungsi Browser

Nah, di era millenial seperti ini, setiap harinya pengguna internet pasti tidak bisa terlepas dari penggunaan web browser, baik untuk membaca berita maupun menemukan informasi lainnya. Web browser sendiri memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti:

1. Membuka Laman Website

Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data, sementara itu jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan.

2. Memastikan Keamanan Suatu Web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan juga untuk memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi, misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer.

3. Mendukung Permintaan Data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item.

Hampir seluruh alamat web yang ada di internet bisa diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan (download) secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada di dalamnya sehingga laman web tersebut dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan video, foto dan audio pada suatu laman.

5. Mendukung Penggunaan Search Engine

Mesin pencari atau search engine secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.

3 dari 7 halaman

Manfaat Web Browser

Web browser mempermudah anda dalam mengakses informasi kepada media seperti situs, blog, gambar, video, dan lain-lain. Web browser bisa juga digunakan sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain-lain.

Selain untuk berselancar di dunia internet, web browser juga dapat menyimpan file yang anda cari saat menjelajah internet. Anda juga bisa mem-bookmark situs yang anda anggap penting.

Dapat juga digunakan untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa digunakan untuk mencari informasi. Serta masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah aktifitas berselancar di dunia maya.

Setelah mengetahui apa itu web browser, fungsi serta manfaat dari web browser, berikut Liputan6.com, rangkum macam-macam browser, Rabu (16/1/2019).

4 dari 7 halaman

Macam-macam Browser

1. Google Chrome

Hampir 60% pengguna internet di dunia menggunakan Chrome sebagai web browser mereka. Browser besutan Google hampir digunakan dis eluruh negara khususnya negara-negara yang ada di benua Asia, Amerika dan Eropa.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox juga merupakan salah satu dari macam-macam browser yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Sekitar kurang lebih 1/6 jumlah pengguna internet dunia dan Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Firefox terbanyak.

3. Safari

Pengguna Safari di dunia hampir mencapai 16%, sehingga browser ini menjadi salah satu yang paling populer. Aplikasi buatan Apple Inc ini dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan pada 2007 untuk perangkat mobilenya.

 

5 dari 7 halaman

Kehadiran Browser Lainnya

4. Opera

Opera juga merupakan salah satu dari macam macam browser yang popular. Saat ini yang digunakan sekitar 6% pengguna internet di seluruh dunia untuk perangkat komputernya dan 11% pengguna internet untuk perangkat mobilenya.

5. Internet Explorer

Pengguna Internet Explorer semakin sedikit, walaupun begitu, tetap saja Internet Explorer masih ada yang menggunakannya sebagai web browser. Browser ini pernah digunakan sampai 95% pengguna internet pada tahun 2002-2003.

6. Netscape Navigator

Sebelum Internet Explorer, Netscape Explorer merupakan web browser yang terkenal di era 90-an. Browser ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet.

 

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

7. Maxthon Browser

Browser Maxthon menggunakan IE sebagai dasar, namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan kamu berselancar di internet. Dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. Jadi fitur ini akan membuat kamu lebih mudah, karena Maxthon akan menyimpannya.Maxthon mempunyai beberapa tools yang bisa menerjemahkan halaman situs ke berbagai bahasa. Tampilannya juga terlihat lebih user friendly dan enak dilihat.

8. iCab

Aplikasi web browser iCab yang berlogo mobil ngebut ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan tepat bagi pengguna browser yang menginginkan kinerja lebih baik pada semua Mac OS.

9. Flock

Flock browser merupakan penjelajah web yang spesialisasinya kepada fitur penyedia jejaring sosial dan merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox. Dengan fitur-fitur yang menarik, bisa memberikan pengalaman berkomunitas sosial di internet sambil browsing.

Nah, itu tadi macam-macam browser yang dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya. Selain yang disebutkan di atas, ada macam-macam browser lainnya yang sering digunakan oleh orang-orang di dunia seperti Shenz Browser, Slim Browser, Swift, Amaya, Dillio, Epiphany, Hot Java Browser, Links, Lolifox, Palary Browser, dan Maxthon.

 

Reporter: Nisa Mutia sari

7 dari 7 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.