Musim Ketiga Kompetisi Kasta Tertinggi Mobile Legends Indonesia Siap Digelar

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Jan 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 15 Jan 2019, 17:17 WIB
MPL Season 3

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi kasta tertinggi gim Mobile Legends di Indonesia kembali digelar. Dalam musim ketiga ini, MET sebagai penyelenggara menjanjikan acara yang lebih besar seru dan spektakuler.

Kehadiran musim ketiga Mobile Legends Professional League (MPL) ini, menurut Esports Manager Moonton Indonesia, Lius Andre, tidak lepas animo publik yang begitu besar dalam dua gelaran sebelumnya.

"Dengan animo sebesar itu, kami percaya Indonesia bisa menjadi negara dengan industri esports terbesar di Asia Tenggara," tuturnya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Seperti gelaran sebelumnya, MPL kali ini akan mencari tim terbaik di Indonesia. Untuk tahun ini, totak hadiah yang disiapkan mencapai US$ 120 ribu (sekitar Rp 1,7 miliar) dengan distribusi hadiah para pemenang dimulai dari US$ 1.000 hingga US$ 25.000.

Babak utama season ketiga ini akan diikuti oleh 12 tim terbaik di Indonesia. Adapun peserta babak utama berasal dari enam tim terbaik MPL Season 2 dan enam tim lain mengikuti fase kualifikasi lebih dulu.

Head of Marketing MET, Reza Ramadhan, menuturkan dalam season ketiga ini ada banyak hal baru yang ditawarkan. Selain itu, jumlah tim yang terdaftar juga lebih besar, hampir mencapai seribu tim.

"MET berkomitmen untuk menyajikan turnamen MPL Indonesia Season 3 yang menarik, profesional, dan menjunjung tinggi fair play," tuturnya. Salah satu hal baru yang ditawarkan dalam MPL tahun ini adalah proses produksi live streaming yang dilakukan di studio TV profesional.

 

2 of 2

Sistem Kualifikasi MPL Season 3

Konferensi pers MPL Season 3 di Indonesia. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Sekadar informasi, dalam MPL Season 3, babak kualifikasi terbagi dalam dua fase. Dalam fase pertama, seluruh tim akan bertanding dalam kualifikasi online dengan sistem bracket single elimination best of one.

Setelah itu, ada 32 tim yang berhasil lolos untuk babak selanjutnya. Dalam babak 32 besar, format pertandingan akan berubah menjadi best of three, tapi dengan sistem single elimination bracket.

Delapan tim terbaik dari kualifikasi online berhak maju ke fase final kualifikasi. Nantinya, delapan tim ini akan berhadapan dengan tim peringkat tujuh dan delapan dari MPL Season 2.

Selanjutnya, 10 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup untuk bertanding dalam format round robin best of three. Begitu enam tim terbaik terpilih, kompetisi regular season akan digelar mulai 16 Februari hingga 31 Maret 2019.

Sekadar informasi, enam tim terbaik dari MPL Season 2 yang bergabung dalam kompetisi musim ini adalah Evos, RRQ, Aerowolf, Louvre, Saints Indo, dan Onic.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Lanjutkan Membaca ↓