Sukses

Ilmuwan Ciptakan Hibrida Manusia dan Domba untuk Organ Transplantasi

Organ akan digunakan untuk trasnplantasi organ manusia yang membutuhkan. Jadi, ini merupakan sebuah tindakan bertujuan medis.

Liputan6.com, Jakarta - Konsep kloning dan hibrida antara manusia dan hewan, memang sudah sering dicoba oleh para ilmuwan.

Sementara hal ini masih belum pernah menuai hasil positif, eksperimen ini masih terus dilakukan.

Ambil contoh, penelitian yang 'tak terdokumentasi' pada Februari 2018 lalu, di mana para ilmuwan telah mengembahkan hibrida antar spesies yakni domba dan manusia.

Menurut informasi yang dilansir Mashable, para peneliti dari Stanford University telah berhasil mengembangkan embrio yang memiliki sifat "Chimaeric" yang berasal dari mitologi Chimera yang merupakan gabungan dari beberapa hewan.

Tujuannya, ilmuwan ingin menghasilkan organ yang tumbuh dari hewan yang tidak natural ini.

Organ akan digunakan untuk transplantasi organ manusia yang membutuhkan. Jadi, ini merupakan sebuah tindakan bertujuan medis.

Sang ilmuwan menyebut bahwa "makhluk" ini tak bisa dibayangkan seperti manusia berbulu domba atau gambaran absurd lainnya, karena sel manusianya sangat kecil.

"Kontribusi sel manusia sejauh ini sangat kecil. Jadi hal ini tak seperti babi dengan wajah manusia atau otak manusia," ungkap ahli biologi sel induk dari Stanford University, Hiro Nakauchi.

Ia menambahkan, di dalam 10.000 sel embrio domba, hanya terdapat satu sel manusia.

Eksperimen ini bukanlah yang pertama, di mana sebelumnya para ilmuwan yang sama berhasil mengembangkan sel manusia dalam embrio babi di laboratorium.

Sebetulnya, banyak makhluk yang bisa lahir. Namun setelah diuji coba dan dikembangkan, mereka dimusnahkan dalam waktu kurang dari 28 hari.

Alasannya, meski hewan ini memiliki DNA manusia, mereka masih sebagian besar hewan.

Menurutnya, DNA manusia hanya ada kurang dari satu persen ini masih belum cukup untuk menghasilkan organ manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stereotip Negatif

Tentu, hibrida manusia dan hewan masih sangat tabu di masyarakat, bahkan masih ditentang.

Namun, menurut ahli biologi reproduksi dari University of California, Pablo Ross, upaya para ilmuwan sangatlah penting untuk menyelamatkan hidup manusia di masa depan.

"Bahkan organ yang paling cocok, kecuali berasal dari kembar identik, tidak akan bertahan lama karena sistem kekebalan tubuh yang terus menyerang," ungkap Pablo.

Hal ini merujuk kepada pengembangan organ yang tepat dari hibrida manusia itu sendiri di dalam embrio hewan.

Memang, hal ini terbentur etika, meskipun transplantasi organ di AS adalah masalah besar. Sebab, dari data yang dikutip Mashable, ada pasien baru yang membutuhkan donor organ setiap 10 menit.

3 dari 3 halaman

Kontroversial

"Semua pendekatan ini kontroversial dan tak ada yang sempurna. Akan tetapi mereka menawarkan harapan pada orang-orang yang sekarat di tiap harinya," sebut sang ilmuwan.

Ilmuwan yang mengembangkan hibrida manusia domba tadi, Hiromitsu Nakauchi, juga sampai harus hijrah dari Jepang.

Sebab, perilaku hibrida hewan dan manusia masih kontroversial dan ilegal di negeri Sakura. Namun, AS justru mendanainya dengan kucuran uang yang melimpah.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.