Sukses

Bendung Xiaomi, Samsung Bakal Rilis Smartphone Murah

Samsung berencana merilis smartphone murah untuk pasar India. Langkah ini diambil Samsung untuk tetap bersaing dengan vendor-vendor smartphone dari Tiongkok, salah satunya Xiaomi.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung berencana merilis smartphone murah untuk pasar India. Langkah ini diambil Samsung untuk tetap bersaing dengan vendor-vendor smartphone dari Tiongkok, salah satunya adalah dengan Xiaomi.

Pasalnya, sejauh ini pangsa pasar Samsung di India telah kalah dari Xiaomi di dua dari tiga wilayah di India. Demikian menurut peneliti teknologi Counterpoint di tahun 2018.

Mengutip laman Reuters, Senin (14/1/2019), smartphone murah Samsung yang bakal dirilis di India adalah seri M. Rencananya, Samsung akan menjual perangkat ini melalui toko online-nya dan Amazon.

Kepada Reuters, Samsung menyebut, operasi perusahaan di India akan membantu perusahaan menggandakan penjualan online.

"Seri M telah hadir untuk menyasar konsumen milenial di India," kata Head of Samsung Indian Mobile Business Asim Warsi.

Dia mengatakan, smartphone ini rencananya akan dirilis secara global, setelah lebih dahulu diperkenalkan di India, akhir Januari 2019.

Asim Warsi menolak menyebut spesifik tentang porsi keuntungan smartphone dari bisnis online-nya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Rp 2 Jutaan

Kendati begitu, penjualan smartphone Samsung di India menyentuh angka US$ 5,3 miliar dalam 12 bulan (sampai Maret 2018).

Warsi mengatakan, smartphone Galaxy seri M ini harganya kurang dari US$ 141,8 (Rp 2 jutaan).

Perangkat ini hadir dengan baterai yang besar dan dukungan pengisian daya cepat.

Samsung memang telah mempertajam bisnisnya di India. Di negara ini, terdapat satu miliar lebih pelanggan internet wireless, namun masih ada sekitar 350 juta orang yang masih belum memakai smartphone.

3 dari 3 halaman

Bisnis Samsung di India

Tahun lalu, Samsung membuka pabrik smartphone-nya yang terbesar di dunia di New Delhi.

Samsung juga membuka toko smartphone paling besar di dunia di negara tersebut, di Bangaluru, India.

"(Samsung) banyak (mendapatkan) insight, pusat riset dan pengembangan, dan untuk konsumen di India. Mereka dengan memiliki hubungan yang baik dengan banyak konsumen di berbagai belahan dunia lainnya," kata Warsi.

Sekadar informasi, bisnis Samsung di India menjual smartphone-nya melalui 250 ribu outlet ritel dan lebih dari 2.000 toko eksklusif, serta 2.000 service center.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.