Sukses

Jadi Pria Terkaya di Dunia, Ini Cara Jeff Bezos Menghamburkan Harta Kekayaannya

Selain lihat mencetak uang, bagaimana cara Jeff Bezos menghabiskan harta kekayaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos, pendiri dan CEO raksasa e-Commerce Amazon adalah orang terkaya di dunia dan orang pertama dalam sejarah yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 100 miliar.

Menurut laporan dari Bloomberg, Jeff Bezos diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$ 137 miliar atau sekitar Rp 1.922 triliun. Selain Amazon, ia menjalankan bisnis real estate hingga perjalanan ke luar angkasa.

Amazon terus berkembang selama dua dekade terakhir, dan sekarang menjual berbagai macam produk konsumen, elektronik, dan media digital.

Jeff Bezos juga melakukan beberapa investasi di perusahaan lain, baik secara pribadi maupun melalui firma venture capital Bezos Expeditions.

Salah satu pembelian Bezos yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir adalah akuisisi The Washington Post sebesar US$ 250 juta pada 2013.

Selain lihat mencetak uang, bagaimana cara Jeff Bezos menghabiskan harta kekayaannya?

Mengutip laman Business Insider, Kamis (10/1/2019), Bezos adalah salah satu pemilik tanah terbesar di Amerika Serikat (AS). Ia dan keluarganya memiliki lima rumah mewah.

Ia mempunyai perkebunan dengan dua rumah di tanah seluas 5,3 hektar. Rumah tersebut berlokasi di Medina, tidak jauh dari markas Amazon di Seattle.

Dia juga memiliki rumah bergaya Spanyol di Beverly Hills, California. Ditambah sebuah peternakan di Van Horn, Texas, yang berfungsi sebagai basis untuk perusahaan eksplorasi ruang angkasa Blue Origin.

Jeff Bezos juga diketahui membeli townhouse di Washington, DC pada 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kendaraan dan Kuliner

Uniknya, Bezos tak muluk-muluk dalam memilih kendaraan untuk transportasi darat. Pada 2013, ia masih mengendarai Honda Accord, menurut buku "The Everything Store."

Pun demikian, pria kelahiran 12 Januari 1964 ini memiliki jet pribadi Gulfstream G650ER senilai US$ 65 juta.

Bezos terkadang memiliki selera makanan yang eksotis. Pendiri startup e-Commerce Woot menceritakan pengalaman sarapan bersama Bezos, tak lama setelah Amazon mengakuisisi perusahaan. Bezos memilih gurita untuk sarapan.

3 dari 6 halaman

Beramal

Bezos tidak banyak terlibat dalam filantropi publik seperti kebanyakan rekan sejawatnya, Warren Buffett dan Bill Gates, yang berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Pun demikian, Bezos, mendanai Mary's Place, sebuah organisasi di Seattle yang menyediakan pelatihan perlindungan dan ketenagakerjaan bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal.

Juga diketahui mendanai TheDream.US, mendukung orang-orang yang dibawa ke AS sebagai imigran tanpa dokumen ketika mereka masih anak-anak.

Menurut CNBC, Bezos juga telah menyumbangkan dana yang besar ke Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson Seattle, University of Washington Foundation, dan Princeton University.

 

4 dari 6 halaman

Umumkan Akan Bercerai

Orang terkaya di dunia sekaligus pendiri jaringan bisnis online Amazon Jeff Bezos, baru saja mengungkap pengumuman mengejutkan di akun Twitter-nya.

Jeff Bezos dan MacKenzie memutuskan bercerai setelah 25 tahun menikah dan memiliki 4 orang anak.

Menurut berbagai kabar yang dikutip E News, Kamis (10/1/2019), Bezos dikabarkan menjalin kedekatan dengan mantan pembawa acara Good Day LA, Lauren Sanchez. Ia diberitakan diam-diam bertemu dengan perempuan tersebut.

Kabar ini menyeruak hanya beberapa jam setelah Jeff Bezos dan MacKenzie mengumumkan perceraiannya.

Media lokal, Page Six, menuliskan bahwa Jeff Bezos dan Sanchez menjadi dekat karena suaminya, Patric Whitesell. Whitesell dia merupakan wakil CEO dari agensi Hollywood utama, WME.

Beberapa artis yang masuk di agensi tersebut antara lain adalah Matt Damon, Hugh Jackman, Christian Bale, Ryan Reynold, John Krasinski, hingga Michelle Williams.

Tidak hanya itu, media lainnya yakni The Hollywood Reporter juga mengonfirmasi, Whitesell sering terlihat di rumah Jeff Bezos di Seattle.

 

5 dari 6 halaman

Garap Proyek Video untuk Perusahaan Roket Bezos

Bahkan, pada 2016 Bezos, Whitesell, dan Sanchez berfoto bersama di sebuah pesta untuk film Manchester by the Sea.

Kabar yang sama juga menyebut, Whitesell dan Sanchez baru saja berpisah. Seorang sumber bahkan menyebut, pasangan tersebut berpisah resmi pada musim gugur lalu.

Sanchez dan mantan suaminya itu menikah pada 2005 dan memiliki dua anak. Wanita yang dikabarkan dekat dengan Jeff Bezos ini kini menjalankan perusahaannya sendiri yang bernama Black Ops Aviation, perusahaan pembuat film udara.

Sanchez diketahui bisa menerbangkan helikopter dan telah bekerja pada sejumlah film terkenal seperti Dunkirk dan Miss Bala.

Pebisnis berusia 49 tahun ini juga mengerjakan beberapa proyek video untuk perusahaan roket Jeff Bezos, Blue Origin.

6 dari 6 halaman

Umumkan Cerai Lewat Twitter

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari pasangan orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos dan MacKenzie.

Pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun ini mendadak mengumumkan perceraian melalui akun Twitter Bezos. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNN, Kamis (10/1/2019).

"Setelah periode yang eksplorasi cukup panjang dan mencoba berpisah, kami memutuskan untuk bercerai dan melanjutkan hidup sebagai teman," kata Jeff Bezos dan MacKenzie dalam pernyataan bersama.

Mereka melanjutkan, "Kami merasa sangat beruntung bisa saling menemukan satu sama lain dan bersyukur satu sama lain untuk tahun-tahun pernikahan kami."

Selanjutnya, baik Bezos maupun MacKenzie menyebut, "Meskipun kami tahu kami akan berpisah setelah 25 tahun menikah, kami akan tetap melakukannya."

Dari pernikahannya selama 25 tahun, keduanya dikaruniai empat orang anak.

Sekadar diketahui, Jeff Bezos kini berusia 54 tahun. Sementara MacKenzie berusia 48 tahun. Keduanya bertemu di kantor lamanya, sebelum Bezos mendirikan Amazon.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.