Sukses

Perceraian Jeff Bezos Jadi yang Termahal di Dunia?

Perceraian Jeff Bezos dengan sang istri, MacKenzie, akan menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Jakarta - Perceraian CEO Amazon Jeff Bezos dengan sang istri, MacKenzie, akan menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Hal tersebut dikaitkan dengan value Amazon yang makin moncer dan jumlah kekayaan Jeff Bezos yang mencapai US$ 137 miliar atau sekitar Rp 1.922 triliun.

Negara bagian Washington, tempat keluarga Jeef Bezos tinggal, mengatur kekayaan apa pun yang dihasilkan selama pernikahan dapat dibagi secara adil antara keduanya.

Amazon sendiri dibentuk setahun setelah Bezos menikah. MacKenzie dapat berargumentasi bahwa ia berhak atas setengah dari seluruh kekayaan Jeff Bezos yang berbasis di Amazon.

Itu berarti dia bisa mendapatkan sekitar US$ 66 miliar atau sekitar Rp 926 triliun, berdasarkan nilai perusahaan saat ini.

Untuk mendanai harta gono gini tersebut, Bezos diperkirakan akan menjual atau menjaminkan saham. Hal ini tentu dapat melemahkan kepemilikan dan kendalinya terhadap perusahaan.

Diwartakan CNBC, Kamis (10/1/2019), Jeff Bezos memiliki kurang dari 80 juta saham Amazon, atau di bawah 16 persen dari nilai perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MacKenzie Ingin Kekayaan Keluarga Terus Tumbuh

Pun demikian, menurut seorang pengacara perceraian, kemungkinan besar MacKenzie ingin kekayaan keluarga terus tumbuh dan itu sebagian besar berkaitan dengan kendali Jeff Bezos terhadap perusahaan.

"Jadi dia tidak akan mungkin melakukan penyelesaian yang memaksa Jeff Bezos untuk menjual saham yang akan melemahkan kendali dan kepemilikannya di perusahaan," ujar Jeffrey Fisher, seorang pengacara perceraian di West Palm Beach, Florida.

Sejauh ini percaraian termahal di dunia diyakini adalah salah satu orang terkaya di Rusia, Vladimir Potanin yang bercerai dengan sang istri, Natalia Potanin.

Potanin harus rela kehilangan setengah kekayaannya karena Natalia menuntut setengah harta milik Vladimir sebagai ganti rugi sebesar US$ 7 miliar atau sekitar Rp 98 triliun.

3 dari 3 halaman

Umumkan Cerai Lewat Twitter

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari pasangan orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos dan MacKenzie.

Pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun ini mendadak mengumumkan perceraian melalui akun Twitter Bezos. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNN, Kamis (10/1/2019).

"Setelah periode yang eksplorasi cukup panjang dan mencoba berpisah, kami memutuskan untuk bercerai dan melanjutkan hidup sebagai teman," kata Jeff Bezos dan MacKenzie dalam pernyataan bersama.

Mereka melanjutkan, "Kami merasa sangat beruntung bisa saling menemukan satu sama lain dan bersyukur satu sama lain untuk tahun-tahun pernikahan kami."

Selanjutnya, baik Bezos maupun MacKenzie menyebut, "Meskipun kami tahu kami akan berpisah setelah 25 tahun menikah, kami akan tetap melakukannya."

Dari pernikahannya selama 25 tahun, keduanya dikaruniai empat orang anak.

Sekadar diketahui, Jeff Bezos kini berusia 54 tahun. Sementara MacKenzie berusia 48 tahun. Keduanya bertemu di kantor lamanya, sebelum Bezos mendirikan Amazon.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.