Sukses

Google Assistant Bakal Bisa Diminta Check In Pesawat dan Booking Hotel

Google Assistant segera mengizinkan pengguna untuk mengecek penerbangan, menyimpan, dan mengambil boarding pass mereka menggunakan Assistant di Android dan iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Google Assistant hadir dengan kemampuan yang makin mumpuni yang membantu penggunanya melakukan berbagai hal, salah satunya saat pengguna hendak bepergian atau liburan.

Google Assistant saat ini sudah mengizinkan pengguna untuk mencari penerbangan yang akan datang, melacak status penerbangan, dan mengetahui harga tiket.

Kini, kemampuan Google Assistant bakal ditambahkan. Yang akan datang, Google Assistant segera mengizinkan pengguna untuk mengecek penerbangan, menyimpan, dan mengambil boarding pass mereka menggunakan Assistant di Android dan iOS.

Mengutip Ubergizmo, Minggu (13/1/2018), salah satu kasusnya adalah pengguna bepergian dengan penerbangan domestik United Airlines dengan konfirmasi penerbangan mereka di Gmail, secara otomatis akan mendapatkan notifikasi dari Google Assistant di smartphone mereka.

Kemudian, Assistant juga akan memberikan opsi untuk check-in. Para pengguna pun bisa memerintah Google Assistant untuk di-check in-kan dengan perintah, "Hai Google, check-in to my flight".

Google Assistant pun akan membantu pengguna untuk check-in di penerbangan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Hotel Pakai Google Assistant

Selanjutnya setelah check in, boarding pass atau tiket perjalanan bisa terlihat di Google Play.

Pengguna hanya perlu mengatakan, "Hi Google, show me my boarding pass."

Sekadar informasi, fitur ini akan diluncurkan pertama kali di penerbangan rute domestik milik United Airlines dan akan diperluas ke lebih banyak maskapai dan penerbangan lainnya.

Tidak hanya itu, Google Assistant akan mempermudah membantu pengguna untuk memesan kamar hotel dengan perintah suara.

3 dari 3 halaman

Pesan Hotel

"Hi Google, I'd like to book the Roosevelt Hotel in New York on January 12th," begitu bunyi perintah untuk memesan hotel lewat Google Assistant.

Layar smartphone kemudian akan memperlihatkan ketersediaan kamar hotel, harta, serta mengizinkan pengguna memilih kamar. Sementara untuk pembayaran, bisa dilakukan dengan Google Pay.

Saat ini, Google bermitra dengan sejumlah jaringan hotel dunia seperti InterContinental Hotels Group dan agen travel seperti Priceline dan Expedia.

Sayangnya, fitur ini baru ada di smartphone Android dan iOS di Amerika Serikat. Belum diketahui juga, kapan fitur ini akan ada di negara lain, termasuk di Indonesia.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.