Modem Qualcomm Bakal Tenagai 30 Smartphone 5G Tahun Ini

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 08 Jan 2019, 17:30 WIB
Qualcomm

Liputan6.com, Jakarta - Meski belum diterapkan secara komersial untuk pengguna, dunia tengah bersiap menyambut jaringan internet generasi kelima, 5G.

Selain dengan sejumlah uji coba yang berkelanjutan, perusahaan teknologi mulai mempersiapkan perangkat-perangkat yang mendukung adopsi jaringan 5G.

Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai vendor yang sebelumnya memang menyebut tengah mempersiapkan perangkat 5G-nya.

Misalnya Samsung, LG, HTC, OnePlus, hingga Xiaomi yang mengonfirmasi, setidaknya akan ada satu perangkat mereka yang ditenagai modem 5G milik Qualcomm.

Terbaru dipaparkan di ajang pameran teknologi terbesar di dunia Consumer Electronic Show (CES) 2019, Qualcomm menyebut sudah ada beberapa perangkat 5G yang digarap vendor smartphone menggunakan modem mereka.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Selasa (8/1/2019), Qualcomm menyebut ada 30 smartphone berjaringan 5G yang akan memakai chip modem mereka. Ke-30 smartphone 5G itu akan dirilis hingga akhir 2019.

2 of 3

Smartphone 5G

Samsung Galaxy S10
Penampakan desain Samsung Galaxy S10. (Doc: Do Van Hai, Facebook)

Beberapa di antara perangkat tersebut berjenis hotspot seluler seperti yang tengah dikembangkan oleh HTC untuk Sprint.

Namun, perusahaan chip asal AS itu menyatakan, mayoritas perangkat yang menggunakan modemnya merupakan smartphone.

Dengan kata lain, konsumen bisa menanti kehadiran sejumlah smartphone flagship yang ditenagai chipset Snapdragon 855 dan Snapdragon X50.

 

3 of 3

Perangkat Apa Saja?

Snapdragon 855
Qualcomm Snapdragon 855. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Belum ada informasi jelas, tipe smartphone apa saja yang akan didukung jaringan 5G dari modem Qualcomm.

Namun demikian, sejumlah bocoran menyebut smartphone yang dimaksud antara lain adalah perangkat 5G flagship dari OnePlus, LG G8 ThinQ, hingga Galaxy S10 dari Samsung.

Tak hanya itu, perangkat flagship HTC juga akan menggunakan modem 5G milik Qualcomm.

Kemungkinan, smartphone yang sudah didukung 5G akan dirilis pada paruh kedua 2019.

Tidak hanya itu, debut pertama perangkat 5G kemungkinan adalah smartphone yang mengusung layar dengan ukuran seluas 6,7 inci.

Selain itu, perangkat juga akan mengusung setting-an empat kamera di bodi belakangnya, serta dua sensor kamera di layar depan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓