Mobile Legends Beri Kejutan di Tahun 2019, Banyak Hero Dirilis

Oleh Rizky Mandasari pada 07 Jan 2019, 13:27 WIB
Diperbarui 07 Jan 2019, 14:16 WIB
Mobile Legends

Liputan6.com, Jakarta Mobile Legends menjadi salah satu gim mobile paling terkenal dengan jumlah pemain yang mencapai jutaan di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, gim bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) ini sangatlah disukai khalayak, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. Di Indonesia bahkan ada organisasi e-Sports yang menggunakan Mobile Legends sebagai salah satu divisi gim yang dipertandingkan.

Nah, kalau kamu menggilai gim besutan Moontoon ini, pasti sering bertanya-tanya kenapa Mobile Legends bisa memiliki popularitas yang tinggi dan alias laris manis di kalangan gamer Indonesia. Mobile Legends bisa dibilang merupakan gim dengan size atau ukuran yang tidak terlalu besar, ketimbang gim bergenre MOBA lainnya.

Awalnya, Mobile Legends memiliki ukuran data mencapai 500MB. Namun, seiring update yang muncul tiap minggu, pada akhirnya ukuran data pada Mobile Legends juga ikut bertambah besar.

Meskipun begitu, gim ini pada faktanya bisa dimainkan dengan lancar di smartphone low-end sekali pun. Selain optimalisasi yang baik, suatu gim dikatakan bagus apabila memiliki mekanisme kontrol yang mudah.

Mekanisme mudah semacam itulah yang dinikmati oleh pemain Mobile Legends. Gim ini juga telah menjadi pencetus MOBA di smartphone dengan kontrol analog. Terbukti, nyatanya kontrol analog pada ML bisa dibilang merupakan yang terbaik dan paling mudah ketimbang gim MOBA lainnya.

Sebagai gim dengan fitur multiplayer online, Mobile Legends tentu saja menawarkan sesuatu yang menarik bagi para pemain, yaitu kesempatan untuk bisa bermain bersama teman. Alasan yang satu ini bisa dibilang merupakan alasan terkuat kenapa gim ini laku di Indonesia. ML bisa dimainkan bersama lima sampai sepuluh orang teman sekaligus.

Selain bisa melatih kerja sama tim, bermain Mobile Legends bersama teman juga menjadi salah satu cara menyalurkan hobi secara positif. Mobile Legends sendiri tidak menggunakan sistem Pay To Win, di mana hanya yang berduit yang bisa menang.

Meskipun beberapa skin pada Mobile Legends bisa dibeli dengan uang asli, hal seperti ini bukanlah keharusan. Terlebih lagi, Mobile Legends merupakan gim yang menitikberatkan kepada kepiawaian pemain, bukan aksesoris atau penampilan hero pemain.

Jadi, semahal apa pun skin yang dibeli apabila kemampuan belum menunjang, maka tak akan berefek terhadap permainan. Alasan kenapa Nintendo Switch bisa menjadi konsol handheld paling laris adalah tingkat portabilitasnya yang tinggi serta fleksibel.

Nah, hal semacam itu juga berlaku bagi Mobile Legends yang notabene gim mobile. Sifat gim yang fleksibel alias bisa dimainkan kapan pun dan di mana pun menjadi salah satu keunggulan Mobile Legends ketimbang gim MOBA lainnya seperti DOTA 2.

Maka tak heran, jika banyak pemain DOTA 2 yang memilih untuk beralih ke Mobile Legends. Itulah lima alasan mengapa Mobile Legends populer. Tentu semua gim memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hal itu pun bisa dikatakan untuk setiap hobi yang kamu miliki.

2 of 3

Mobile Legends Rilis Beberapa Hero di Tahun 2019

Mobile Legends benar-benar tengah gencar memberikan banyak Update pada gimnya. Bagaimana tidak, bulan ini saja sudah banyak sekali Update yang siap dirilis.

Setelah Mobile Legends banyak memberikan Update terbaru, mereka masih tetap memberikan kejutan. Ya kali ini adalah rilis hero bernama Khufra, hero dengan Role Tank yang dapat berubah menjadi sebuah bola orbs yang dapat menyerang musuh.

Hero ini sendiri sudah rilis pada Advanced server pada Jumat (4/1/2019) lalu dan bagi kalian yang mempunyai akun test server bisa mencobanya. Skill-skill Khufra ini sangat cocok digunakan sebagai Initiator dan crowd control karena skill-skillnya yang akan sangat efektif baik untuk mengejar ataupun kabur. Sampai saat ini belum ada kepastian kapan akan muncul pada Server Original.

Moonton juga akan memperkenalkan hero baru di Mobile Legends. Hero dengan nama Vale ini jenis mage dan belum rilis resmi namun sudah ada di Advance Server Mobile Legends.

Melansir dari metaco.gg, Vale memiliki kekuatan angin yang sangat unik. Dikarenakan memiliki ultimate, ia bisa memilih salah satu dari dua efek yang tersedia untuk skill-skill miliknya. Keunikan ini hadir dari skill pasif miliknya yang bernama Windtalk. Setiap kali Vale meningkatkan ultimate miliknya, dia bisa meningkatkan efek yang dimiliki setiap skillnya.

Sesuai dengan penjelasannya, Vale memiliki tiga skill utama. Tapi ketiga skill tersebut bisa memiliki efek yang berbeda-beda, tergantung dari apa yang dipilih Vale ketika memperoleh peningkatan ultimate.

Sebagai contoh, skill Wind Blade miliknya bisa ditingkatkan jarak jangkauannya ataupun damagenya ketika Vale mendapatkan ultimatenya.

Nah, Mobile Legends juga merilis hero baru. Dan yang lebih menarik hero baru ini berasal dari Malaysia dengan nama Badang yang berole Fighter. Kehadiran Badang di Advanced server pun lantas menjadi idola baru.

Dikisahkan, jawara dari sebuah desa nelayan kecil yang ada di sisi selatan Land of Dawn itu selalu membantu yang lemah. Sayang, kedamaian yang ada di desa tersebut terganggu oleh kehadiran monster jahat kerap menggangu warga di desanya.

Monster itu mengambil ikan hasil tangkapan rakyat serta menghancurkan kapal. Badang pun turun tangan untuk melawan monster tersebut. Lewat pertarungan sengit, dia berhasil mengalahkan monster tersebut namun kedua tangannya terluka parah. Usai mengalahkan monster, Badang melihat mutiara yang bersinar pada monster tersebut.

Setelah dilepas, monster tersebut berubah wujud menjadi water elf yang mengaku termakan kekuatan jahat. Sebagai rasa terima kasih telah menyelematkan dirinya, water elf tersebut memberikan kekuatan luar biasa pada kedua tangan Badang.

Sang hero pun jadi lebih kuat dengan kekuatan tinju sakti dari tangan barunya. Badang adalah hero yang sangat kuat dengan kekuatan tinju sakti.

3 of 3

Mobile Legends Resmi Bakal Tampil di SEA Games 2019

Setelah resmi menjadi cabang olahraga (cabor) yang bakal dipertandingkan di ajang SEA Games 2019, kabar terkini mengonfirmasi satu dari enam judul gim yang digelar pada ajang dua tahunan tersebut.

Seperti disebutkan sebelumnya, SEA Games 2019 bakal mempertandingkan enam judul gim esports yang terdiri dari PC, mobile, dan konsol. Dilansir ChannelNewsAsia, Kamis (29/11/2018), salah satu judul gim yang sudah terkonfimasi dipertandingkan di SEA Games 2019 adalah Mobile Legends: Bang-Bang.

Kabar Mobile Legends di SEA Games 2018 ini juga dikonfirmasi oleh sumber yang tak ingin disebutkan namanya.

Ia mengatakan, "Alasannya karena di Filipina banyak gamer yang main gim Mobile Legends."

Sebagai informasi, esports masuk ke dalam kategori tiga dari daftar acara olahraga untuk SEA Games yang diusulkan oleh Komite Penyelenggara SEA Games Filipina atau PHISGOC.

Esports bergabung dengan cabang olahraga lainnya, seperti arnis, floorball, jiu-jitsu, kickboxing, kurash, lawn bowling/petanque, netball, obstacle course, sambo/vovinam, underwater hockey, dan wakeboarding.

Resmi dipertandingkan sebagai cabor SEA Games 2019, tim esports yang menang di masing-masing kategori bakal mendapatkan medali.

"Iya, tim esports yang menang akan mendapat medali," ucap Ketua IeSPA, Eddy Lim, kepada Tekno Liputan6.com baru-baru ini.

"Kita tidak akan mengadakan proses qualifier dan tim pemenang mewakili Indonesia, tetapi kita akan tunjuk pemain-pemain terbaik agar bergabung bergabung dalam pelatnas," katanya.

Lalu kapan proses pelatnas tim esports Indonesia dimulai? "Begitu Komite SEA Games mengumumkannya pada 7 Desember 2018, kita akan mengumumkan pelatnas esports juga," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by