Sambut Inovasi Digital, TNI AD Luncurkan Akun Resmi di BBM

Oleh Agustinus Mario Damar pada 02 Jan 2019, 17:23 WIB
Diperbarui 02 Jan 2019, 17:23 WIB
BBM

Liputan6.com, Jakarta - BBM bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) baru saja mengumumkan kemitraan untuk menghadirkan akun resmi di aplikasi chatting tersebut.

Kehadiran akun resmi ini menjadi sarana TNI AD untuk mendistribusikan informasi terkini dan teraktual.

Tidak hanya itu, akun resmi ini juga digunakan untuk melakukan klarifikasi berita palsu seputar TNI AD.

TNI AD sekaligus memanfaatkan akun resmi ini sebagai medium sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat. Selain kehadiran akun resmi, BBM juga turut meluncurkan paket stiker khas TNI AD.

Sekadar informasi, akun resmi atau official account merupakan salah satu fitur BBM yang ditujukan bagi perusahaan atau organisasi untuk berkomunikasi dengan publik.

"Sebagai aplikasi pesan dari dan untuk Indonesia, BBM terus mengembangkan berbagai konten yang relevan dalam masyarakat, salah satunya menyediakan informasi dunia militer langsung dari TNI AD," tutur VP Product BBM Hadikusuma Wahab.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com pada Rabu (2/1/2018), Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Candra Wijaya mengaku bangga dapat bekerja sama dengan BBM. Terlebih, aplikasi ini milik dan dikembangkan secara khusus untuk Indonesia.

"BBM merupakan aplikasi pesan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, TNI AD menggandeng BBM menjadi saluran komunikasi yang tepat untuk memberikan informasi di era digital," tuturnya.

Lebih lanjut, Candra menuturkan dengan akun resmi ini sekaligus dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap tugas dan kewajiban TNI AD di seluruh Indonesia.

"Derasnya arus informasi saat ini membuat TNI AD harus aktif memberikan informasi yang akua. Untuk itu, masyarakat dapat mencari informasi resmi TNI AD melalui akun resmi di BBM," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Makin Seru, BBM Kini Luncurkan Kuis Group War

BBM
BBM Rilis fitur baru Group War (kredit: BBM)

BBM kembali menghadirkan fitur baru untuk para penggunanya.

Lewat fitur bernama Group War, BBM menghadirkan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chatbot dan dompet digital dalam satu platform group chat.

Dengan integrasi tersebut, kuis dengan total hadiah ratusan juta dapat langsung dibagikan pada para pemenang melalui chat. Nantinya, hadiah langsung masuk dalam saldo dompet digital DANA di BBM.

Jadi, begitu satu sesi kuis berakhir, hadiah tersebut dapat langsung ditransfer langsung ke rekening bank atau langsung digunakan di berbagai merchant di seluruh Indonesia, seperti Bukalapak, Tix.id, hingga KFC.

"Tim produk dan teknologi BBM sangat bangga fitur ini dilahirkan asli dari kantor Jakarta dan terpacu untuk terus menciptakan fitur khas Indonesia dan mampu merekatkan hubungan antar teman atau keluarga," tutur VP Product BBM Hadikusuma Wahab dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (21/12/2018).

Group War sendiri hadir untuk menambah keseruan interaksi antara teman dan anggota keluarga.

Sebab, setiap grup BBM bersaing mengasah pengetahuan untuk memenangkan hadiah dengan menjawab secara bersama-sama pertanyaan yang diberi bot Group War.

Untuk menjajal fitur ini, pengguna BBM versi terbaru cukup mengundang bot Group War ke dalam group chat mereka. Lalu, setiap pukul 12.30 WIB (kecuali Jumat pukul 13.30 WIB) dan 18.30 WIB, bot akan memberikan pertanyaan untuk dijawab bersama.

Kerjasama antar anggota grup sangat penting untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Semakin tinggi poin grup BBM, peluang untuk mendapatkan hadiah akan semakin besar.

"BBM memiliki misi sebagai aplikasi sosial dari Indonesia yang membantu orang Indonesia lebih produktif dan terhubung. Kami percaya Group War dapat meningkatkan pengetahuan dan interaksi positif, sekaligus meningkatkan inklusi digital di masyarakat," tambah Hadikusuma.

Bagi kami yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dapat mengunjungi situs Groupwar.id. BBM sendiri saat ini sudah dapat diunduh di platform Android dan iOS.

3 dari 3 halaman

BBM Hadirkan Layanan Komik, Kerja Sama dengan CIAYO Comics

BBM Comics
BBM dan Ciayo Comics mengumumkan kerja sama dengan merilis layanan BBM Comics untuk pengguna Indonesia. (Foto: BBM)

Aplikasi BBM dan Ciayo Comics mengumumkan kerja sama dengan merilis layanan BBM Comics untuk pengguna Indonesia. Kini, telah tersedia 170 judul komik digital yang dibuat oleh ilustrator Indonesia.

Nantinya, akan terus meningkat hingga 300 judul komik digital hingga akhir tahun ini.

Dalam keterangan tertulis BBM yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (1/11/2018), pengguna bisa menemukan layanan Comics di dalam tab DANA.

Saat memasuki menu Beranda, pengguna BBM pun bisa langsung melihat beragam rekomendasi komik Pilihan Editor yang tersaji di sana.

Ada juga Rilisan Baru yang merupakan edisi terbaru komik, serta Segera Rilis untuk melihat jadwal komik yang akan tersedia di BBM Comics.

Dalam menu Komik ini, pengguna BBM dapat mencari komik favorit mereka. Total, ada delapan genre yang dapat dipilih, antara lain adalah romance, comedy, horror, slice of life, drama, action, dan special.

Menariknya, koleksi komik selalu diperbarui secara berkala, bahkan sebagian besar edisi komik diperbarui tiap minggu. Misalnya saja komik milik ilustrator terkenal seperti Muhammad "Mice" Misrad dan Faza Meonk.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓