Sukses

Deretan Pesohor Ini Setop Pakai Facebook

Berikut deretan orang terkenal, termasuk bos perusahaan teknologi yang menghapus akun Facebook miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2018 menjadi tahun yang cukup berat untuk Facebook. Ya, di tahun ini jejaring sosial yang dipakai oleh lebih dari dua miliar orang di dunia ini dilanda skandal penyalahgunaan data.

Tidak tanggung-tanggung, begitu berita ini mencuat, Facebook mendapat perhatian di seluruh dunia.

Pemerintah hingga parlemen di banyak negara memanggil pihak Facebook dan meminta klarifikasi lantaran data-data pribadi pengguna ditengarai telah disalahgunakan untuk kepentingan politik, pada Pilpres AS 2016.

Gara-gara kasus penyalahgunaan data oleh firma konsultan politik Cambridge Analytica ini pula Facebook banyak cercaan, termasuk kampanye #DeleteFacebook dari publik.

Kampanye ini adalah bentuk seruan ke pengguna Facebook karena jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg cs gagal menjaga privasi penggunanya.

Imbasnya, pengguna Facebook pun mulai menghapus akunnya, tak terkecuali para pesohor alias orang-orang terkenal di dunia.

Siapa saja, berikut adalah deretan orang terkenal yang menghapus akun Facebook mereka, seperti dikutip dari Business Insider Singapore, Kamis (27/12/2018).

1. Cher

Melalui akun Twitternya, penyanyi senior Cher menyebutkan dirinya tak lagi menggunakan akun Facebook.

Cher berkata, dirinya menghapus akun Facebook pada Maret lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Elon Musk

2. Elon Musk

CEO Tesla, SpaceX, dan The Boring Company Elon Musk diketahui sangat aktif di Twitter. Musk juga tak malu mengungkapkan berbagai opininya serta berinteraksi dengan para pengikut tentang kasus Facebook.

Gara-gara itu, pengikut Musk di Twitter sempat memberitahukan ke Elon Musk kalau Tesla dan SpaceX memiliki akun resmi di Facebook.

Elon Musk pun langsung menghapus akun resmi Tesla dan SpaceX di Facebook.

3 dari 5 halaman

Pendiri WhatsApp

3. Brian Acton

Salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, juga menghapus akun Facebook-nya. Padahal, WhatsApp yang dibesutnya telah jadi bagian dari Facebook sejak 2014.

Acton bahkan mencuitkan tagar #DeleteFacebook setelah berita tentang skandal Cambridge Analytica menyeruak.

Sebenarnya, Acton telah mengundurkan diri dari Facebook pada 2017. Bahkan dia sempat menyebut tentang hubungan dinginnya dengan sang CEO Mark Zuckerberg dalam wawancara dengan Forbes.

4 dari 5 halaman

Pendiri Apple

4. Steve Wozniak

Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, juga menghapus akun Facebook-nya. Lagi-lagi, penghapusan akun Facebook ini dilakukan sehubungan dengan kasus penyalahgunaan data pengguna.

"Pengguna mengunggah berbagai informasi pribadi mereka ke Facebook. Namun Facebook justru mendapatkan banyak uang gara-gara ini," tutur pendiri Facebook dalam emailnya kepada USA Today.

"Keuntungan yang didapatkan Facebook berasal dari data pengguna, namun pengguna tak mendapatkan keuntungan apapun," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Aktor Terkenal

5. Jim Carrey

Aktor terkemuka Jim Carrey juga mengumumkan rencananya untuk menghapus akun Facebook pada Februari lalu.

Langkah ini juga bagian dari kampanye #DeleteFacebook yang mulai jadi trending topic di bulan Maret. Ia pun menggunakan tagar #UnfriendFacebook setelah itu.

Carrey yang juga pemilik saham di Facebook ini menyebut, dirinya tak lagi memiliki saham di perusahaan berbasis di Menlo Park itu.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.