Sukses

Pascatsunami, XL Hadirkan Layanan Gratis untuk Warga Daerah Terdampak

XL Axiata menghadirkan layanan telekomunikasi gratis khusus bagi pelanggan dan warga di area terdampak tsunami Selat Sunda.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menghadirkan layanan telekomunikasi gratis khusus bagi pelanggan dan warga di area terdampak tsunami Selat Sunda.

Hal ini merupakan bagian dari upaya XL mendukung pemulihan kondisi pascatsunami Selat Sunda. Tak hanya layanan telekomunikasi gratis, XL juga memberikan bantuan darurat untuk para korban.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya menyatakan, selama ini XL menjadi bagian dari masyarakat Banten dan Lampung yang mengalami musibah tsunami.

Pihaknya, kata Yessie, juga turut merasakan penderitaan masyarakat dan mendukung semua upaya untuk pemulihan kondisi pascabencana.

"Tim kami di lokasi bencana telah mulai menyalurkan bantuan darurat dan akan terus mendata apa saja yang bisa kami bantu selanjutnya, termasuk secara khusus membebaskan (menggratiskan) layanan bagi pelanggan dan masyarakat di area terdampak bencana," kata Yessie dalam keterangan resmi XL, Rabu (26/12/2018).

Bantuan dalam bentuk layanan telekomunikasi secara khusus berupa penempatan fasilitas telepon umum gratis (TUG). XL juga menggratiskan pemakaian layanan percakapan telepon, SMS, dan data.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Layanan Gratis

Program ini berlaku untuk pelanggan nomor prabayar XL dan AXIS, dengan ketentuan gratis telepon 10 menit ditambah 100 SMS ke semua operator.

XL juga menggratiskan telepon dan SMS Unlimited ke semua nomor XL dan AXIS. Tidak hanya itu, XL juga menggratiskan kuota data 500 MB.

Sekadar informasi, program layanan khusus ini berlaku mulai 25 Desember 2018 pukul 00.00 WIB.

Pelanggan di lokasi bencana yang hendak memanfaatkan keringanan ini bisa mengaktifkannya dengan cara yang mudah, yaitu tekan *505# di nomor XL atau AXIS.

Perlu diperhatikan, layanan ini hanya berlaku di area Serang, Pandeglang, dan Bandar Lampung, selama 2 hari, yaitu tanggal 25 dan 26 Desember 2018.

Khusus untuk pelanggan prioritas, XL Axiata memberikan layanan khusus dalam rangka dukungan atas penanganan pascabencana ini.

Pelanggan akan mendapatkan layanan tanpa bayar untuk akses data hingga sebesar 1GB, menelepon selama 60 menit dan kirim pesan 60 SMS ke semua operator. Program khusus ini berlaku selama 30 hari ke depan.

"Kami berharap program khusus ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan, termasuk mungkin untuk mengirimkan kabar ke sanak famili, juga mendapatkan bantuan lebih lanjut," tutur Yessie.

Tidak hanya korban dan keluarganya, aparat penanganan bencana juga bisa memanfaatkannya untuk koordinasi dan keperluan lainnya.

"Kami akan terus memantau kondisi di lapangan, tidak menutup kemungkinan program ini bisa kami lanjutkan jika memang dibutuhkan," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Buka Donasi Pulsa

Masih dalam rangka mendukung pemulihan pascabencana tsunami Selat Sunda, XL Axiata juga menyediakan fasilitas bagi pelanggan yang ingin berbagi kepada para korban melalui program donasi pulsa "Xmart Donasi".

Caranya dengan kirim SMS ke 6116, ketik Donasi PEDULIBantenLampung nominal donasi.

Atau via umb: *123*6116# pilih PEDULIBantenLampung dan masukkan nominal donasi.

Nominal donasi antara Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Program berlaku untuk semua nomor XL dan AXIS. Berlaku hingga 31 Januari 2019. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan di www.xl.co.id/XLaluberbagi.

4 dari 4 halaman

Jaringan XL Normal

Sementara itu, tsunami tidak menyebabkan dampak yang serius pada infrastruktur jaringan XL Axiata di lokasi terlanda bencana.

Tidak ada BTS maupun sarana pendukung jaringan yang mengalami kerusakan, baik di wilayah Banten maupun Lampung.

Oleh karena itu, layanan XL Axiata juga tetap beroperasi secara penuh hingga saat ini.

Meskipun demikian, tim teknis di lapangan tetap melakukan pengecekan atas semua infrastruktur untuk memastikan kondisi jaringan.

Di wilayah Banten, terdapat sekitar 500 BTS yang berada di area terlanda bencana, tersebar di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Serang.

Sementara itu di sisi Lampung, terdapat sekitar 300 BTS, yang masuk area Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.