Google Duo Diunduh 1 Miliar Kali di Play Store

Oleh Iskandar pada 26 Des 2018, 10:42 WIB
Diperbarui 26 Des 2018, 10:42 WIB
Google Duo

Liputan6.com, Jakarta - Google Duo secara mengejutkan lebih populer dari pada yang kitaduga. Padahal, aplikasi di luar Skype, seperti BBM, WhatsApp, Messenger, LINE, dan lainnya menawarkan fitur panggilan video.

Menurut laporan Android Police yang dikutip dari Ubergizmo, Rabu (26/12/2018), Google Duo telah diunduh 1 miliar kali dari Play Store.

Sekitar enam bulan lalu, Google Duo tercatat telah diunduh 500 juta kali. Hal ini cukup mengesankan, mengingat aplikasi milik Google ini berhasil menggandakan jumlah unduhan dalam setengah tahun.

Bila digabungkan dengan unduhan pada perangkat iOS, mungkin jumlah unduhannya akan jauh lebih tinggi. Lalu mengapa Google Duo bisa begitu populer?

Meski banyak aplikasi pesan instan yang menyuguhkan fitur serupa, aplikasi ini menawarkan keunggulan dibandingkan kompetitor, di mana bisa menunjukkan kepada pengguna video langsung dari orang yang menelepon.

Tampilan dari Google Duo juga sederhana dan didesain sangat familiar terhadap pengalaman pengguna dalam menghubungi orang-orang terdekatnya.

2 dari 3 halaman

Meluncur pada 2016

Google Duo
Ilustrasi Google Duo (Sumber: XYZTimes.com)

Google Duo diluncurkan di konferensi developer Google I/O pada 2016 bersama dengan aplikasi perpesanan Allo.

Google Duo resmi menyambangi Indonesia pada 16 Agustus 2018. Kehadiran Google Duo di Indonesia tentu disertai alasan.

Seperti disampaikan pihak Google Indonesia kepada Tekno Liputan6.com, beberapa waktu lalu, berdasarkan data dari Google YouGov survey pada Juli 2016, 19 persen netizen yang berusia 18 tahun ke atas di Indonesia gemar melakukan video call dari smartphone setiap harinya.

Hanya saja, 81 persen di antaranya mengungkap bahwa koneksi internet tidak stabil, sementara 25 persen mengaku pengalaman video call belum maksimal saat dilakukan dari perangkat yang berbeda. 

3 dari 3 halaman

Keunggulan Google Duo

Allo dan Duo, Layanan Pesan Instan Cerdas dari Google
Dua layanan pesan instan ini diklaim cerdas dan bahkan disokong oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) milik Google.

Lalu, apa bedanya Google Duo dengan aplikasi video call yang sudah biasa digunakan? Pertama, Google Duo dirancang untuk memberikan kemudahan, hanya dengan mendaftarkan nomor telepon, kamu bisa menghubungi orang-orang di daftar kontak.

Jadi, kamu tak perlu membuat akun terpisah. Tinggal sign up, mulai telepon untuk membuka video call. Yang kedua, Duo diklaim memiliki koneksi yang cepat dan praktis meski berjalan dengan koneksi jaringan yang lambat.

"Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus. Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) tanpa memutus panggilan," tulis pihak Google Indonesia.

Tak sampai di situ, Duo hadir dengan desain yang 'ramah' dan begitu efisien. Kamu dapat memanfaatkan fitur 'KnockKnock' yang membuatmu melihat penelepon sebelum dapat menjawab panggilan.

Selain itu, Google merancang Duo dengan penekanan pada privasi dan keamanan, sehingga semua panggilan di aplikasi Duo dienkripsi dari awal hingga akhir (end-to-endencrypted).

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait