Sukses

Intip Megahnya Shanghai dalam Bidikan Foto 195 Gigapiksel

Adalah Jingkun Technology alias Bigpixel Studio, yang berhasil mengabadikan foto Shanghai dari kejauhan dalam resolusi 195 gigapiksel!

Liputan6.com, Shanghai - Foto dalam balutan resolusi super gigapiksel sepertinya memang belum banyak muncul di media sosial.

Maklum, membidiknya pun harus benar-benar telaten dan membutuhkan lensa dengan spesifikasi tinggi.

Namun belum lama ini, pemandangan panorama kota Shanghai, di Tiongkok, berhasil diabadikan dalam lensa gigapiksel.

Adalah Jingkun Technology alias Bigpixel Studio, yang berhasil mengabadikan foto Shanghai dari kejauhan dalam resolusi 195 gigapiksel!

Hasil dari foto ini pun sangat menakjubkan, super tajam dan objek masih dapat dilihat dengan jelas meski sudah di-zoom berkali-kali.

Dilansir Ubergizmo pada Kamis (27/12/2018), foto ini diambil dari puncak menara Oriental Pearl.

Membidik panorama Shanghai secara keseluruhan tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, tim fotografer harus membutuhkan waktu setidaknya dua bulan, untuk memproses semua gambar dan menyambungnya menjadi satu.

Oleh karenanya, wajar saja jika kamu menemukan ada sejumlah glitch seperti badan orang yang terpotong di tengah-tengah jalan.

Pun begitu, objek yang tampak benar-benar begitu detail meski sudah di-zoom beberapa kali.

Sayang, Bigpixel Studio tidak mengungkap jenis kamera dan lensa apa yang digunakan untuk memproses foto ini. Yang pasti, mereka tidak menggunakan kamera sembarangan.

Penasaran dengan hasil bidikan kamera tersebut? Kamu bisa lihat di tautan berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keren, Fotografer Ini Ciptakan Lensa Kamera dari Batu Es

Terlepas dari berita di atas, belum lama ini Mathieu Stern, seorang fotografer amatir yang berhasil menciptakan lensa kamera dari batu es.

Ia telah bermimpi selama dua tahun untuk menciptakan lensa kamera dari material dingin ini.

Mathieu mengutarakan, apabila kaca bisa memfokuskan cahaya. maka es pasti juga bisa melakukannya.

Dikutip Geek, Selasa (30/10/2018), ia mencetak lensa kamera dengan menggunakan printer 3D, yang berfungsi menahan es sebagai elemen lensa utamanya.  

Sementara itu, Mathieu juga memanfaatkan perangkat ice ball maker untuk merancang bagian optik.

Untuk mendapatkan lensa kamera berkualitas jernih, ia pun pergi pantai Jokulsarlon di Islandia dan mencari material batu es terbaik.

Selama proses merancang, Mathieu butuh waktu lima jam upaya untuk dapat mencetak lensa dengan kualitas wahid.

 

3 dari 3 halaman

Ajaib, Lensa Ini Bisa Sulap Kamera Smartphone Jadi Mikroskop

Banyaknya aksesori lensa yang hadir untuk kamera smartphone kini dapat membantu hasil foto mendapatkan efek unik.

Sebut saja lensa fish eye yang bisa memberikan efek cembung dan lensa wide yang dapat menyulap ruang foto menjadi lebar.

Nah, untuk lensa yang satu ini memiliki keunikan sendiri. Berbentuk seperti tape isolasi, lensa tersebut bisa menyulap kamera smartphone berfungsi menjadi sebuah mikroskop!

Lensa yang bermerek Blips ini memang dirancang untuk membuat lensa kamera smartphone mampu membidik objek mikroskopik.

Mengutip informasi laman Gizmodo, Rabu (18/5/2016), Blips tersedia dalam dua versi, lensa makro dengan kemampuan magnification (pembesaran) sebanyak 10 kali, dan lensa mikro yang mampu menangkap objek mikroskopik dari dekat.

Lensa Blips diklaim memiliki ukuran yang sangat tipis dan menggunakan kemampuan electrostatic agar dapat menempel pada lensa kamera smartphone kamu.

Cara kerjanya juga mudah, tempel lensa tersebut seperti kamu menempelkan tape isolasi, sedangkan cara melepasnya pun sangat praktis.

Hanya saja, kemampuan lensa ini tergantung dari kemampuan lensa dan sensor kamera kamu bekerja. Jika kamu penasaran dengan hasil jepretan lensa Blips, kamu bisa lihat foto-fotonya di bawah ini.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.