Sukses

Kekurangan dan Kelebihan iPhone 5c, Ponsel Apple dengan Harga Lebih Bersahabat

Sejak pertama hadir, ponsel ini langsung mencuri perhatian para penggguna gadget.

Liputan6.com, Jakarta iPhone 5C dirilis Apple pada September 2013 lalu. Sejak pertama hadir, ponsel ini langsung mencuri perhatian para penggguna gadget. Lewat iPhone 5C, Apple tampaknya ingin membidik kelas yang ada di bawah premium dengan harga yang lebih murah namun menginginkan gadget atas. Yup, kelebihan iPhone 5C adalah hadir dengan harga yang cukup bersahabat.

Sebagaimana sudah jamak diketahui, smartphone keluaran Apple hadir menyasar kelas premium dengan harga mahal. Kendati harga iPhone dikenal mahal, bahkan jauh di atas harga rata-rata gadget saingannya seakan tak menjadi masalah. Alasannya karena kualitas iPhone memang bisa diandalkan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007 silam, seri iPhone telah menggebrak pasar ponsel dunia dengan beragam inovasi yang kemudian menjadi trendsetter di industri smartphone. Misalnya desain, ukuran layar, hingga kamera.

Hadirnya iPhone 5c sendiri juga merupakan gebrakan unik dari Apple. iPhone 5C hadir dengan warna cerah yang tentunya ini jarang digunakan oleh Apple. Salah satu kelebihan iPhone 5C dari segi penampilan adalah tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu hijau, biru, kuning, pink dan putih.

Sementara kekurangan iPhone 5C adalah spesifikasi perangkatnya sama seperti iPhone 5 original. Baik dari kualitas layar, sektor dapur pacu bahkan kualitas kamera 8 MP juga sama. Padahal sebagai ponsel yang hadir sebagai seri lanjutan, harusnya iPhone 5C dibekali teknologi diatasnya.

Penasaran apa saja kekurangan dan kelebihan iPhone 5C lainnya? Berikut Liputan6.com ulas apa saja kekurangan dan kelebihan iPhone 5c.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari segi desain dan tampilan

Dengan desain yang simpel dan elegan Iphone berusaha merebut pasaran pecinta gadget yang mengharapkan desain gadget yang “fashionable” lewat iPhone 5C.

Kelebihan iPhone 5c ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 124.4 x 59.2 x 9 mm. Dengan ukuran sebesar itu menjadikan smartphone Apple ini sangat nyaman jika anda masukkan saku ataupun digenggam. Beratnya sendiri cukup ringan yaitu hanya 132 g. Untuk bodynya sendiri, Apple menggabungkan antara komponen plastik dengan kaca di bagian depannya.

iPhone 5C membawa layar berukuran 4 inci dengan resolusi 640 x 1136 piksel. Teknologi layar yang dipakai sudah LED backlit IPS LCD. Dengan layar tersebut handphone Apple ini dapat menghasilkan 16 juta warna dengan tingkat kedalaman yang cukup istimewa yaitu 326 ppi.

3 dari 7 halaman

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari sektor dapur pacu

Kelebihan iPhone 5C dari sektor dapur pacu adalah hadir dengan iOS 7 yang bisa diupdate ke iOS 10.3.3. Sementara chipset yang dibawa berjenis Apple 6 dengan CPU Dual Core dan GPU PowerVR SGC 543MP3. Konon, kombinasi ini akan menghasilkan kecepatan hingga 1.3 GHz. Apple sendiri memilih GPU PowerVR SGX 543MP3 untuk urusan pengolahan grafisnya sehingga handphone ini cukup menampilkan gambar yang baik saat anda melihat foto maupun untuk memainkan HD Gaming.

Kekurangan iPhone 5c terletak pada kapasitas RAMnya. Seperti halnya produk iPhone kebanyakan, iPhone 5C juga membawa kapasitas RAM yang kecil yaitu 1GB saja.

Sementara dari sektor kapasitas memori internalnya, iPhone 5c hadir dengan 3 pilihan yakni 8GB, 16GB, sampai 32GB. Kekurangan iPhone 5c adalah tidak memiliki ruang untuk microSD sehingga tidak bisa melakukan ekspansi menambah memori ponsel.

4 dari 7 halaman

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c pada segi kamera

Kelebihan iPhone 5C dari segi fotogradi adalah mengusung kamera belakang dengan resolusi yang sudah cukup besar yakni 8MP. Smartphone Apple ini dapat menghasilkan foto dengan ukuran 3264×2448 px yang tentunya dengan kualitas yang jernih dan layak untuk anda pandang. Selain itu Apple iPhone 5c juga dilengkapi fitur-fitur untuk membuat hasil fotonya lebih keren dengan adanya fitur autofocus , dual LED (dual tone), simultaneous HD video dan image recording , touch focus , geo-tagging , face detection , HDR Panorama , HDR photo. Sementara itu, kamera depannya hadir dengan reolusi 1,2 MP.

5 dari 7 halaman

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari sektor konektivitas

Kelebihan iPhone 5c membawa fitur koneksi yang lengkap dimulai dari teknologi LTE 4G, HSDPA yang dapat mencapai 42 Mbps, ataupun HSDPA yang memberikan kecepatan akses maksimal sebanyak 21 Mbps.

Smartphone Apple ini juga membawa fitur Wi-Fi dan Wi-Fi hotspot jika handphone anda ingin dijadikan sebagai sumber Wi-Fi. Selain itu spesifikasi iPhone 5c juga dilengkapi dengan Bluetooth versi terbaru yaitu versi 4 dan konektor USB versi 2.0.

6 dari 7 halaman

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari segi baterai

Kelebihan iPhone 5c ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1510 mAh dengan tipe Li-Po. Kapasitas baterai tersebut dapat membuat Apple iPhone 5c stand-by dalam waktu 250 jam. Sedangkan dalam waktu bicara ponsel Apple ini sanggung bertahan hingga 10 jam dan untuk memainkan musik selama 40 jam. Baterai yang disematkan bertipe Non-Removable

7 dari 7 halaman

Rangkuman kekurangan dan kelebihan iPhone 5c

Kelebihan iPhone 5c

Hadir dalam warna yang cerah dan fashionable

Layar 4 inci tipe LED dan multitouch

Layar sudah diproteksi menggunakan corning gorilla glass, oleophobic coating

Sistem iOS 7

Dual kamera 8 MP

Memori 16 GB dan 32 GB

Jaringan 2G, 3G, 4G

Berat ringan dan nyaman digenggam

 

Kekurangan iPhone 5c

RAM nya masih memakai kapasitas sebesar 1 GB

Baterai non-removable

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini