Sukses

Analis: PS5 dan Xbox Scarlett Bakal Rilis pada 2021

Salah satu analis gadget mengungkap, kedua konsol tersebut bakal meluncur di pasaran tiga tahun mendatang, yakni 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum kalau Microsoft dan Sony telah mempersiapkan konsol terbaru mereka, yakni Scarlett (kode nama Xbox terbaru) dan PS5.

Namun, informasi tentang bagaimana bentuknya, kapan dirilis, dan fitur apa yang diusung kedua konsol tersebut masih menjadi rahasia.

Simpang siur dan perdebatan kapan kedua konsol tersebut meluncur di pasaran pun ramai di internet.

Beberapa berpendapat kalau PS5 dan Xbox terbaru itu bakal meluncur pada 2019 atau 2020.

Namun, salah satu analis gadget menungkap kedua konsol tersebut bakal meluncur di pasaran tiga tahun mendatang, yakni 2021.

Terlepas banyak dugaan atau prediksi saat ini, Lewis Ward, selaku analis IDC mengatakan kedua konsol itu tidak akan meluncur pada 2019 atau 2020, tetapi pada 2021.

"Saya tidak yakin," kata Ward ketika ditanya apakah dia yakin Microsoft akan merilis Xbox Scarlett lebih awal ketimbang PS5.

"Saat ini saya memproyeksikan kedua konsol akan debut pada 2021, setahun lebih lambat dari perkiraan banyak analis," tambahnya seperti dilansir GamingBolt, Kamis (27/12/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PS5 Belum Perlu Dirilis?

Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Berkaca dari bagaimana masing-masing perusahaan pembuat konsol (Sony, Microsoft, dan Nintendo) yang berlomba-lomba untuk lebih unggul dari pesaingnya.

Saat ini, Sony tampaknya belum memiliki alasan untuk meluncurkan konsol terbarunya di pasaran.

Bagaimanapun juga, PS4 merupakan salah satu konsol gim paling sukses saat ini.

Selain itu, PS4 juga memiliki beberapa judul gim eksklusif yang bakal meluncur dalam waktu dekat ini, termasuk Death Stranding buatan Hideo Kojima, dan The Last of Us: Part 2.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi PS5 Bocor?

Mock up konsol PlayStation 5. (Doc: V3)

Sebelumnya diwartakan, PS5 bakal mengusung prosesor dan GPU (kartu grafis) yang dirancang secara khusus oleh AMD, yakni Zen dan Navi.

Sony memilih menggunakan prosesor dan kartu grafis baru besutan AMD untuk konsol generasi berikutnya tersebut.

Ini merupakan kedua kalinya Sony dikabarkan bakal menggunakan teknologi hardware terbaru milik AMD.

Kolaborasi Sony dengan AMD untuk GPU Navi memang sudah lama beredar di internet, atau lebih tepatnya semenjak Raja Koduri menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group.

Laporan juga tidak menyebutkan secara detail apakah AMD akan merakit system-on-chip (SoC) khusus berbasis chipset Zen atau Sony akan menggunakan komponen lain untuk 'otak' konsol PS5 itu.

Hingga saat ini, masih belum juga diketahui apakah GPU yang terpasang di konsol PS5 akan terintegrasi atau terpisah.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.