Kaleidoskop Tekno: Registrasi SIM Bikin Heboh Masyarakat Indonesia

Oleh Jeko I. R. pada 24 Des 2018, 08:00 WIB
[Bintang] Cara Registrasi Kartu Indosat, Telkomsel, XL, Smartfren dan Tri

Liputan6.com, Jakarta - Banyak peristiwa menarik yang terjadi di ranah teknologi 2018. Tekno Liputan6.com pun turut merekamnya dalam catatan setahun berdasarkan peristiwa besar yang terjadi di tiap bulannya. 

Yuk, intip rangkuman berita terpopuler kami dalam Kaleidoskop Tekno 2018 berikut ini.

Januari: Daftar 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Januari 2018, Xiaomi bakal memberikan update pada 40 model smartphone-nya ke MIUI 9. Hal ini diumumkan Xiaomi melalui akun Weibo MIUI milik Xiaomi.

Lantaran MiUI 9 dianggap sulit disesuaikan, umumnya butuh waktu lebih lama untuk menghadirkan pembaruan MiUI 9 di banyak perangkat.

Mengutip laman Android Authority, Jumat (19/1/2018), karena hal tersebut, MIUI berbasis pada Android 7.0 Nougat, OS Android yang dirilis 17 bulan lalu.

Sekadar diketahui, Xiaomi pertama kalinya mengumumkan pembaruan MIUI 9 pada Juli 2017. Kemudian di awal November 2017, ROM global untuk MiUI 9 pun hadir.

Februari: Cara Mengecek Nomor untuk Memastikan Sudah Registrasi Kartu SIM

Februari 2018 diwarnai dengan momen registrasi kartu SIM. Pasalnya, waktu itu, dalam hitungan hari, registrasi kartu SIM prabayar akan berakhir pada 28 Februari 2018.

Jika kamu belum mendaftarkan ulang nomormu, segera lakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan nomor KK dan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Khusus bagi kamu yang merasa sudah mendaftar ulang tetapi lupa apakah benar-benar sudah mendaftar atau belum, kamu bisa mengecek status registrasi kartu SIM di masing-masing operator.

Untuk diketahui, sejak Senin, 20 November 2017, pelanggan seluler sudah bisa mengecek nomor mereka yang teregistrasi lewat sebuah fitur atau fasilitas yang disediakan operator, baik via SMS, menu UMB, ataupun situs web.

Selain itu, fitur ini juga dapat mencegah penyalahgunaan nomor atau data kependudukan pelanggan oleh orang lain atau oknum tertentu.

Tekno Liputan6.com menghimpun cara melakukan pengecekan nomor yang sudah teregistrasi dari para operator seluler. Lewat cara ini, pelanggan hanya diminta kembali memasukkan nomor seluler, KTP, dan KK.

2 of 6

Selanjutnya

[Bintang] Cara Registrasi Kartu Indosat, Telkomsel, XL, Smartfren dan Tri
Sebelum terlambat, buruan daftarkan sim prabayar kamu. Begini cara registrasi kartu Indosat, Telkomsel, XL, Smartfren dan Tri. (Foto: The Guardian Nigeria)

Maret: Kartu SIM yang Kena Blokir Masih Bisa Aktif Lagi

Artikel terpopuler Maret 2018 masih berkutat pada isu registrasi kartu SIM. Kala itu, Kamis (1/3/2018), pemblokiran kartu SIM akan dilakukan secara bertahap jika pelanggan belum melakukan pendaftaran.

Namun, bukan berarti setelah pemblokiran tahap pertama, maka pengguna tidak bisa lagi melakukan registrasi kartu SIM.

Dijelaskan Direktur Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika Kemkominfo (Kemkominfo), Ahmad M Ramli, pelanggan masih bisa melakukan registrasi kartu SIM selama belum mencapai masa blokir total pada 1 Mei 2018.

Artinya, setelah periode registrasi tahap pertama pada 28 Februari, pelanggan masih bisa mendaftarkan nomor kartu SIM, sehingga dapat kembali menggunakan layanan telekomunikasi dengan normal.

April: Isu Orang Terdekat Bisa Mata-Matai Pengguna WhatsApp

Pada April 2018, sebuah aplikasi iOS bernama ChatWatch menjadi perbincangan sejak beberapa hari lalu.

Aplikasi ini menjadi sorotan karena fungsinya yang bisa digunakan untuk memata-matai berbagai aktivitas pengguna di WhatsApp.

Dilansir Metro, Senin (2/4/2/2018), ChatWatch memanfaatkan status online dan offline di WhatsApp untuk mengetahui aktivitas pengguna.

Berdasarkan keterangan pada aplikasi tersebut, layanan ini mengklaim membantu orang-orang untuk mengetahui aktivitas "pacar, keluarga dan karyawan", meski fungsi "last seen" telah disembunyikan.

Pengguna yang tertarik, harus membayar US$ 2 setiap pekan untuk memantau dua nomor telepon, kemudian aplikasi tersebut akan memberikan pemberitahuan ketika orang yang dipantau sedang online atau offline.

Pengguna juga bisa membayar lebih, jika ingin mengintai 10 orang secara bersamaan.

 

3 of 6

Selanjutnya

Osama bin Laden
Potret Osama bin Laden pada 1998 (AP Photo/Mazhar Ali Khan, File)

Mei: Isi Ponsel Osama bin Laden Bikin Heboh

Isi ponsel Osama bin Laden menjadi artikel paling hits pada Mei 2018. 

Benar. Osama bin Laden adalah teroris kejam yang bertanggung jawab atas berbagai tindakan terorisme di seluruh penjuru dunia. 

Pada 2 Mei 2011, Osama bin Laden tewas saat operasi khusus yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat ketika menyerang persembunyiannya di Pakistan. Yang mengejutkan, CIA menemukan ponsel dan beberapa dokumen lain. Isi ponselnya cukup "aneh".

Berdasarkan dari dokumen CIA soal Osama bin Laden yang dirilis pada 1 November 2017, terdapat 79.000 file audio dan gambar.

Secara total terdapat 470.000 file, yang terdiri dari file audio, gambar, pornografi, malware, file-file kosong, file-file rusak, file-file duplikat, serta file-file yang diproteksi hak cipta.

Berbagai foto yang ada di dalam ponsel tersebut cukup aneh. Mulai dari gambar sekelompok ayam, foto seember apel, foto kucing, foto hiasan kepala rusa, foto lanskap layaknya gambar background default komputer, poster gim X-Men vs Street Fighter, dan yang paling aneh, gambar wajah Bin Laden yang diedit di atas menara World Trade Center yang terbakar.

Ponsel ini sendiri ditemukan di kompleks Abbottabad, Pakistan, tempat di mana tentara AS menemukan dan menghabisinya.

Tak cuma itu, tentara AS juga menemukan berbagai film bajakan, seperti Antz, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, serta sebuah dokumenter CNN berjudul In the Footsteps of bin Laden.

Juni: Harga Asus ROG Phone

Setelah lama 'menutup mulut', Asus akhirnya secara resmi memperkenalkan smartphone gaming pertamanya bernama ROG Phone. Artikel ini, paling banyak dicari pembaca kanal Tekno Liputan6.com di pertengahan tahun, tepatnya Juni 2018.

Diumumkan bertepatan pada ajang Computex 2018 kemarin, Senin (5/6/2018), ROG Phone akan menjadi pesaing langsung smartphone gaming lain yang sudah lebih dulu meluncur di pasaran, yakni Razer Phone.

Dilansir TechRadar, Selasa (6/5/2018), ROG Phone akan menjadi smartphone pertama di dunia menggunakan sistem pendingin khusus, yang berfungsi menjaga suhu hardware tetap dingin saat bermain gim.

Meski menggunakan Qualcomm Snapdragon 845, ROG Phone miliki kecepatan prosesor hingga 2,96GHz. Sementara, kecepatan prosesor smartphone di pasaran saat ini hanya 2,8GHz.

Fitur unik lain yang Asus tawarkan di smartphone gaming pertamanya ini adalah layar AMOLED berukuran 6 inci (2,160x1,080 piksel), mendukung konten HDR, dan refresh rate 90Hz dengan response rate 1ms.

Meski tidak secepat milik Razer Phone--120Hz, ini merupakan layar AMOLED smartphone tercepat. Tak hanya itu, warna gamut dan rasio kontras di AMOLED juga lebih tinggi dibandingkan LCD.

 

4 of 6

Selanjutnya

Semangat Para Siswa Ikuti SBMPTN 2018 di Kampus UIN
Sejumlah peserta mengikuti SBMPTN 2018 di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Selasa (8/5). Sebanyak 74 ribu peserta calon mahasiswa ikut ujian SBMPTN di UIN. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Juli: Hasil Pengumuman SBMPTN Sedot Perhatian

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN resmi diumumkan pada Selasa (3/7/2018). Artikel ini, menariknya, malah menjadi artikel yang memuncaki daftar terpopuler pada Juli 2018.

Dikutip dari situs resmi SBMNPTN, Selasa, hasil seleksi dapat dilihat mulai pukul 17.00 WIB.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil pengumuman, dapat mengaksesnya di situs resmi SBMPTN atau langsung ke laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Panitia juga menyediakan kanal pengumuman lain yang dapat diakses laman mirror dari 12 perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut ini daftar lengkap untuk akses pengumuman SBMPTN 2018 yang dapat diakses lewat laman mirror.

1. http://sbmptn.ui.ac.id

2. http://sbmptn.undip.ac.id

3. http://sbmptn.ugm.ac.id

4. http://sbmptn.unair.ac.id

5. http://sbmptn.unsri.ac.id

6. http://sbmptn.untan.ac.id 

Agustus: Misteri Segitiga Bermuda yang Berhasil Dipecahkan

Agustus 2018 dibuat heboh oleh berita sains soal ilmuwan kelautan asal Inggris yang menyimpulkan apa yang menjadi penyebab hilangnya banyak pesawat dan kapal di Segitiga Bermuda.

Kawasan berbentuk segitiga yang membentang dari Florida, Puerto Rico, dan Bermuda itu selama lebih dari satu abad menjadi misteri karena sejumlah pesawat dan kapal sering lenyap tak berbekas ketika melintasi daerah itu.

Harian The New York Times mencatat ada 50 kapal, 20 pesawat, dan lebih dari seribu orang lenyap di Segitiga Bermuda dalam 500 tahun terakhir.

Dilansir dari laman Russia Today, Jumat (10/8/2018), kini para peneliti dari Universitas Southampton mengatakan kapal-kapal itu terhisap ke dalam lautan oleh gelombang dahsyat setinggi lebih dari 30 meter.

Penjelasan ini diungkap dalam sebuah tayangan dokumenter di Channel 5 tentang Misteri Segitiga Bermuda.

"Ada badai menuju Utara dan Selatan, yang kemudian bertemu. Kami mengukur ketinggian gelombang ombak bisa mencapai 30 meter. Makin besar kapal maka kerusakan akan makin parah," kata Dr Simon Boxall, ahli kelautan yang memimpin penyelidikan ini kepada The Sun.

5 of 6

Selanjutnya

Selain Nostradamus, Baba Vanga Ramal Obama Presiden AS Terakhir
Selain Nostradamus, peramal terkenal Baba Vanga juga meramalkan Obama akan menjadi presiden AS terakhir

September: Peramal Baba Vanga Prediksi 5 Peristiwa Alam Mengerikan

Beranjak ke September 2018, berita paling populer saat itu adalah 5 peristiwa alam mengerikan yang diramal oleh peramal Baba Vanga.

Masa depan memang merupakan sebuah misteri yang tak ada seorang pun yang tahu, apa tepatnya yang akan terjadi.

Namun, Beberapa orang di dunia ini mengaku memiliki kemampuan untuk melihat masa depan, mau percaya atau tidak itu kembali kepada diri kita masing-masing.

Akan tetapi, beberapa dari ramalan mereka itu ternyata tepat dan benar contohnya seperti Baba Vanga, peramal buta asal Bulgaria yang dengan tepat memprediksikan tragedi WTC pada 11 September 2001 lalu.

Oktober: Heboh Drama Oplas Ratna Sarumpaet yang Dijadikan Meme Kocak

Ratna Sarumpaet membuat heboh masyarakat Indonesia pada Oktober 2018. 

Selain ramai #WajahmuPlastik dan #KoalisiPlastik, meme soal drama operasi plastik (oplas) Ratna Sarumpaet juga bertebaran di media sosial.

Warganet menuangkan kekesalannya lewat meme setelah Ratna Sarumpaet memberikan klarifikasi kalau dirinya tidak dianiaya oleh siapa pun, melainkan wajahnya lebam karena oplas atau sedot lemak.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini beberapa meme drama oplas Ratna Sarumpaet yang bikin terbahak-bahak.

Kata "Tenggelamkan!" sudah menjadi jargon Menteri Susi Pudjiastuti, dan kerap dipakai warganet ketika membuat meme.

Meme Ratna Sarumpaet

Kini jargon Menteri Susi dikaitkan dengan drama oplas Ratna Sarumpaet yang bertuliskan "Itu yang operasi plastik bilangnya digebukin, Tenggelamkan!".

 

6 of 6

Selanjutnya

Bonceng
Dok: Bonceng

November: Ojek Online Bonceng Mengaspal di Ibu Kota

Aplikasi transportasi online bernama Bonceng resmi diperkenalkan, Sabtu (10/11/2018) di Jakarta. Aplikasi karya anak bangsa ini mengklaim siap meramaikan pencarian sarana transportasi melalui smartphone.

Dalam keterangan resminya, Bonceng menjelaskan beberapa hal yang membedakan layanannya dengan transportasi online lain (Go-Jek dan Grab). Salah satunya adalah Bonceng membebaskan segala potongan atau pun beban biaya transaksi kepada driver.

Driver cukup memenuhi persyaratan untuk bisa online agar dapat menerima order. Setiap order transaksi yang terjadi sepenuhnya (100 persen) menjadi milik driver.

Berapa pun transaksi yang diperoleh driver, Bonceng mengklaim tidak akan memotong satu rupiah pun.

Desember: Jaringan Internet Telkomsel di Sumatera Tumbang

Artikel terpopuler di penghujung 2018 justru berasal dari berita jaringan internet Telkomsel yang tumbang di Sumatera. 

Telkomsel juga sudah meminta maaf atas gangguan layanan data yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (6/12/2018), disebutkan gangguan layanan data terjadi di wilayah operasional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

"Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan internet yang dirasakan pelanggan," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera Hadi Sucipto.

Lebih lanjut, Hadi juga menyebutkan, Telkomsel tengah berupaya maksimal agar layanan bisa berfungsi normal, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan data Telkomsel.

"Secara berkesinambungan, Tim Telkomsel akan tetap berupaya dan memastikan agar layanan kepada pelanggan tetap terjaga," tuturnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓