Google Assistant Bisa Peringati Pengguna Jika Penerbangan Delay

Oleh Jeko I. R. pada 19 Des 2018, 09:30 WIB

Diperbarui 19 Des 2018, 18:14 WIB

[Bintang] 5 Fakta tentang Google Assistant

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual cerdas besutan Google, Google Assistant, baru saja kedatangan fitur baru yang memudahkan pengguna saat berpergian jauh dengan pesawat.

Dilansir Geek pada Rabu (19/12/2018), fitur baru ini berupa reminder yang dapat memperingati pengguna jika penerbangan maskapai yang hendak dinaiki berstatus delay alias ditunda.

Untuk memanfaatkan fitur unik ini, pengguna pun sebetulnya hanya perlu mengucapkan "OK Google" atau "Hey Google".

Contoh, pengguna bisa bertanya soal status jadwal penerbangan (apalah delay atau tidak) hanya dengan mengucapkan kalimat "Hey Google, status penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta ke Medan bagaimana?".

Atau, bisa juga dengan kalimat "Hey Google, apakah jadwal penerbanganku on time?".

Setelahnya, Google Assistant akan memberikan jawaban dan status terkini terkait penerbangan yang ditanyakan.

Belum bisa dipastikan fitur ini kapan akan bergulir ke pengguna Google Assistant Indonesia. Yang pasti, jika sudah resmi dirilis, fitur tersebut tentu akan memudahkan frequent flyer yang sering berpergian dengan pesawat.

2 of 3

Google Flight Mengudara di Indonesia

Google Flight Mengudara di Indonesia
Google Flight Mengudara di Indonesia

Google juga memiliki layanan pemesanan penerbangannya, Google Flight.

Google Flight sendiri mengudara di Indonesia pada 2016. Dengan memanfaatkan Google Flight, pengguna dapat menghemat waktu untuk mencari dan memesan penerbangan.

Masyarakat, di tengah kesibukan masa kini, terkadang tidak memiliki banyak waktu atau energi untuk membuka sejumlah situs penerbangan bahkan pergi mengunjungi agen perjalanan.

Misalnya, bila kamu berencana untuk terbang dari Jakarta ke Amsterdam atau dari Yogyakarta ke Jakarta, kamu dapat membuka www.google.co.id/flights untuk membandingkan dan memesan tiket penerbangan dengan mudah dan cepat.

 

3 of 3

Pilihan Penerbangan

Google flight
Google memprediksi pesawat delay dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (Sumber: The Next Web)

Langkah ini bisa kamu tempuh baik melalui ponsel, tablet, ataupun desktop. Google Flights menyediakan pilihan penerbangan terbaik.

Kamu juga bisa melihat kontennya dalam bahasa Indonesia dan informasi harga dalam mata uang Rupiah.

Setelah memilih tanggal berangkat dan kembali, kamu akan melihat daftar "Penerbangan terbaik" yang menampilkan kombinasi terbaik dari faktor kenyamanan dan harga.

Jika belum siap untuk memesan tiket, kamu dapat memilih untuk memantau harga supaya menerima pemberitahuan lewat email saat harga tiket diperkirakan akan berubah atau saat harganya memang telah berubah signifikan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓