Masih Jual iPhone di Tiongkok, Qualcomm Tuding Apple Langgar Putusan Pengadilan

Oleh Andina Librianty pada 14 Des 2018, 09:30 WIB
Snapdragon 855

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm menuding Apple telah melanggar keputusan pengadilan karena masih menjual iPhone di Tiongkok. Berdasarkan keputusan pengadilan yang mengabulkan tuntutan Qualcomm, penjualan hampir semua iPhone di negara tersebut harus dihentikan.

Dikutip dari CNBC, Jumat (14/12/2018), Qualcomm membawa bukti pelanggaran Apple tersebut ke pengadilan. Dalam bukti berbentuk video itu, tampak sejumlah iPhone tengah dibuka dari kotaknya dan dijual.

Sebuah pengadilan di Tiongkok pada awal pekan ini mengabulkan tuntutan Qualcomm untuk memblokir penjualan hampir semua iPhone di negara tersebut. Namun Apple berkilah dengan mengatakan, pemblokiran hanya berlaku pada perangkat yang menjalankan OS versi lama.

Belum ada keputusan baru atas dugaan pelanggaran hukum Apple ini. Pihak Apple sendiri enggan berkomentar.

Sebelumnya pada Senin (10/12/2018), pihak Apple mengatakan upaya Qualcomm untuk melarang penjualan produknya merupakan bentuk keputusasaan.

"Upaya Qualcomm melarang produk kami adalah langkah putus asa lainnya dari perusahaan yang praktik ilegalnya sedang diselidiki oleh regulator di seluruh dunia," ungkap pihak Apple.

Adapun keputusan pemblokiran penjualan iPhone terkait dengan dua paten Qualcomm. Paten pertama berkaitan penyesuaian dan melakukan format ulang foto. Paten kedua berkaitan dengan navigasi aplikasi.

Menurut catatan Phone Arena, pemblokiran ini mencakup iPhone 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, dan X. Apple mengklaim keputusan pengadilan merujuk pada jajaran produknya tersebut, tapi jika hanya menggunakan versi iOS lama yang berisi software Qualcomm.

Qualcomm dan Apple terlibat dalam sejumlah kasus hukum. Perselisihan keduanya pun membuat Apple menghentikan kerja sama dengan Qualcomm, dan beralih menggunakan chip modem Intel untuk iPhone terbaru pada tahun ini.

2 of 3

iPhone 2019 Diprediksi Tak Akan Tampil Beda

Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max
iPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Terlepas dari perselisihan dengan Qualcomm, berbagai bocoran tentang iPhone 2019 sudah beredar di ranah maya. Menurut analis Nomura, Anne Lee, generasi iPhone 2019 tidak akan terlalu berbeda dibandingkan yang ada sekarang. Artinya, varian baru iPhone X kemungkinan akan mirip dengan XS.

"Menurut kami, tiga varian iPhone semester II tahun fiskal 2019 kemungkinan akan mirip (ukuran bodi dan layar) dengan versi tahun ini--iPone XR, XS, dan XS Max--dengan penambahan fitur terkait Augmented Reality (AR)," ungkap analis tersebut.

Lee mengungkapkan, 2019 kemungkinan akan menjadi tahun terakhir Apple menggunakan arsitektur desain iPhone X. "Sebagai persiapan spesifikasi hardware awal untuk 5G dan AR, sebelum upgrade arsitektur yang lebih hebat pada tahun fiskal 2020 dan sistem AR lain yang lebih komprehensif," jelasnya.

Adapun Apple pada tahun depan diperkirakan akan merilis tiga varian iPhone baru, sama seperti tahun ini. Salah satunya akan memiliki layar berukuran 5,8 inci, kemudian ada varian Max, dan LCD berukuran 6,1 inci.

Kendati demikian, sejauh ini pihak Apple enggan mengomentari berbagai rumor tentang iPhone 2019. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu memang dikenal enggan berkomentar soal produk yang belum diumumkan.

3 of 3

iPhone Terbaru Hadir di Indonesia

Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max
Pengunjung mencoba iPhone XS Max saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Terlepas dari iPhone 2019, Apple melalui mitra distributornya di Indonesia, Erajaya Group, akhirnya memboyong iPhone 2018. iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max, akhirnya mendarat di Tanah Air.

iPhone XR yang dijual di Indonesia terdiri dari tiga opsi ruang penyimpanan, yakni 64GB, 128GB, dan 256GB. iPhone XR varian 64GB dijual seharga Rp 15 jutaan.

Sementara iPhone XR 128GB dibanderol Rp 16 jutaan. iPhone XR varian 256GB dijual sebesar Rp 18 jutaan.

iPhone XS bakal hadir dalam tiga varian warna yakni silver, spacey grey, dan gold. Masing-masing memiliki tiga opsi penyimpanan internal, 64GB, 256GB, dan 512GB.

Soal harga, iPhone XS paling murah adalah yang berkapasitas 64GB dengan harga Rp 20 jutaan. Sementara, iPhone XS varian 256GB dibanderol Rp 23 jutaan. iPhone XS varian 512GB dijual dengan harga Rp 27 jutaan.

Lebih lanjut, iPhone XS Max hadir dalam tiga varian warna yakni silver, space gray, dan gold.

Ketiga varian iPhone XS Max juga memiliki opsi memori internal serupa dengan iPhone XS. Untuk harga, iPhone XS Max 64GB dibanderol Rp 22 jutaan.

Kemudian iPhone XS Max 256GB dijual Rp 25 jutaan, dan varian 512GB seharga Rp 29 jutaan.

iPhone XR, XS, dan XS Max akan mulai dijual di Indonesia pada 14 Desember 2018.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by