Sukses

Telkomsel Rilis mBanking, Satu Aplikasi untuk Akses Berbagai Akun Perbankan

Aplikasi mBanking Telkomsel masih terbatas pada smartphone dengan OS Android, namun Telkomsel menjanjikan aplikasi ini bisa segera hadir di iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel merilis sebuah aplikasi digital mobile bernama mBanking Telkomsel. Aplikasi ini hadir untuk memberi kemudahan kepada pelanggan untuk mengakses rekening bank yang dimiliki melalui smartphone.

Aplikasi mBanking Telkomsel saat ini masih terbatas pada smartphone dengan OS Android, namun Telkomsel menjanjikan aplikasi ini bisa segera hadir di iOS, akhir Desember 2018.

Dibandingkan aplikasi perbankan lainnya yang hanya bisa digunakan oleh satu akun, mBanking Telkomsel memungkinkan pengguna untuk memasukkan beberapa akun perbankan yang dimilikinya. Aplikasi ini berbasis pada perintah SMS banking dan USSD, sehingga tak butuh koneksi internet untuk transaksi.

Setelah mengunduh, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan harus memiliki layanan SMS Banking dari bank yang bersangkutan.

Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel Harris Wijaya mengatakan seiring dengan penetrasi smartphone di Indonesia yang kian besar, Telkomsel juga mendorong terciptanya masyarakat yang makin digital.

"Hadirnya aplikasi ini mengubah layanan mobile banking (SMS banking) menjadi lebih kekinian sehingga memudahkan transaksi dan lebih nyaman dengan tampilan menarik, menggunakan aplikasi," katanya saat meluncurkan mBanking Telkomsel di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Dia mengatakan, aplikasi mBanking Telkomsel bisa berfungsi selama ada jaringan Telkomsel untuk melakukan SMS atau panggilan USSD. Aplikasi ini juga tak membutuhkan internet karena berbasis SMS, kecuali saat pertama kali mengunduh dari Google Play atau App Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaya Fitur

Sekadar informasi, aplikasi mBanking Telkomsel punya beberapa fitur, antara lain untuk transaksi perbankan, merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat.

Dengan aplikasi ini, transaksi perbankan menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel. Pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan diarahkan untuk bertransaksi.

Selan itu, pengguna juga bisa melakukan pembayaran dan pembelian pada merchant yang bekerja sama dengan bank. Misalnya saja untuk membeli pulsa, bayar listrik, dan lain-lain.

Pada aplikasi ini ada juga fitur sinkronisasi yang memungkinkan pencadangan dan pemulihan. Dengan begitu, saat pengguna berganti smartphone, data akan tersimpan seperti aplikasi mBanking di perangkat sebelumnya.

Karena meminta izin akses fitur GPS, aplikasi ini juga bisa juga bisa membaca lokasi pengguna dan ini juga berguna untuk memudahkan pencarian ATM terdekat dari lokasi si pengguna.

Harris mengatakan, pada tahap awal, jumlah bank yang bekerja sama sebanyak 80 bank. Namun karena belum semua bank punya SMS banking, baru 24 (untuk Android) yang terhubung dengan aplikasi ini.

 

3 dari 3 halaman

Target Telkomsel

Sekadar informasi, Telkomsel menargetkan 10 persen dari jumlah pengguna SMS Banking (10 juta active user) alias 1 juta pelanggan untuk mengunduh aplikasi ini hingga akhir 2019.

Pelanggan Telkomsel yang mengunduh dan melakukan transaksi akan langsung mendapatkan paket data Telkomsel sebesar 2GB untuk 100.000 orang pertama.

Seluruh pelanggan KartuHalo, simPATI, Kartu As, dan LOOP berkesempatan mendapatkan hadiah langsung ini selama periode 12 Desember 2018 sampai 31 Januari 2019.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.