Sukses

Tokopedia Dapat Kucuran Dana Segar Rp 16 Triliun

Tokopedia mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar US$ 1,1 miliar atay berkisar Rp 16 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar US$ 1,1 miliar atau berkisar Rp 16 triliun.

Babak investasi baru ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Grup, dengan partisipasi SoftBank Ventures Korea, serta investor-investor terdahulu.

Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan teknologi dan infrastruktur di Indonesia. Hal ini bertujuan mendukung ekosistem perdagangan, logistik, fulfillment, pembayaran dan layanan keuangan Tokopedia.

"Dalam sembilan tahun pertama kami, [Tokopedia ]( 363009 "")fokus membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik dan diigital. Memasuki tahun ke sepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami, akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," ungkap CEO sekaligus co-founder Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan resminya, Rabu (12/12/2018).

Fokus baru ini dinilai akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistemnya.

Selain itu, juga akan mengakselerasi terwujudnya misi besar perusahaan untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan SoftBank

Senior Investor SoftBank Investment Adviser, Lydia Jett, mengatakan bahwa pihaknya sangat optimis dengan potensi pertumbuhan berkelanjutan Tokopedia.

Ia pun memuji sepak terjang Tokopedia yang sejak didirikan telah membantu jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara.

"Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan," kata Jett yang juga merupakan anggota dewan Tokopedia.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Alibaba Group

Senada dengan Jett, Head of Investment Asia Tenggara dan India Alibaba Group, Kenny Ho, pun turut memberikan pujian serupa untuk Tokopedia. Menurutnya, misi Alibaba Group sejalan dengan yang dilakukan Tokopedia sejauh ini.

"Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia," tuturnya.

Tokopedia mengklaim telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia di lebih dari 17.000 pulau. Pada tahun ini, gross merchandise value (GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat.

Saat ini Tokopedia juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25 persen transaksi yang terjadi di dalam platform.

Tokopedia berkomitmen untuk melayani Indonesia dan akan bekerja dengan para mitranya untuk membangun teknologi dan infrastruktur terbaik demi membuka potensi dan peluang bagi ratusan juta pengguna di masa depan.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.